September 28, 2016

Info Backpacker Wisata Pantai Sawarna Lebak Banten - Transportasi & Biaya

Berwisata ke Pantai Sawarna, Pantai Indah Tersembunyi di Selatan Banten


Berwisata Murah ke Pantai Sawarna Lebak Banten ~ Pantai adalah salah satu destinasi wisata yang populer selain gunung. Banyak orang megunjungi pantai untuk melepaskan penak setelah melakukan pekerjaan yang rutin, tugas sekolah yang rumit dan skripsi yang menjenuhkan. Pantai menjadi objek wisata favorite masyarakat saat liburan. Banyak pantai di Indonesia yang populer, seperti pantai kuta di bali, Pantai pangandaran di Jawa Barat, Pantai Parangtritis di Yogyakarta, dan lain-lain nya. Kali ini janganlupabahagia.com, akan membahas salah satu pantai terbaik di Indonesia yaitu Pantai Sawarna yang berada desa sawarna, kecamatan Lebak, Banten.

Pantai Sawarna adalah salah satu pantai di Banten, yang mempunyai pemandangan yang bagus, ombak yang besar, serta batu karang yang indah. Pantai sawarna berada sekitar 30 kilometer dari kota sukabumi, atau sekitar 1 jam dari pantai pelabuhan ratu. Pada bulan januari 2015 lalu, kami dari Tim BM Janganlupabahagia.com melakukan perjalan wisata menuju Pantai Sawarna menggunakan sepeda motor. Kami melakukan rombongan menggunakan 4 motor dan di isi masing-masing 2 orang per sepeda motor. Berikut review berwisata murah di pantai sawarna ala backpacker janganlupabahagia.com
Jalur Perjalanan dan Waktu Tempuh ke Pantai Sawarna
Doc: bentoidnesia
Perjalanan di mulai sekitar jam 6 sore dari Meruya, Jakarta Barat. Perjalanan kami melewati Ciputat – Parung – Bogor – Selanjutnya setelah sampai di Ciawi Bogor, perjalanan di lanjutkan ke arah Sukabumi. Waktu tempuh dari Jakarta menuju Ciawi Bogor adalah 2,5 jam menggunakan sepeda motor. Setelah sampai di perbatasan Bogor dan Sukabumi (Sekitar 5 km dari perbatasan), kami merencanakan melewati jalur Cikijang karena lebih irit waktu sekitar 30 menit dari pada melewati jalur Jalan raya Cibadak. Namun, harus diperhatikan karena jalanan terbilang sepi saat malam hari serta jalan yang agak licin meskipun aspal bagus. Setelah anda berada di ujung Jalan alternatif Cikijang, anda langsung sampai di kota sukabumi. Anda akan menempuh sekitar 1,5 jam dari pertigaan jalan perbatasan.

Baca: Backpacker ke Pangandaran

Setelah sampai di kota sukabumi, anda tinggal mengikuti jalan ke arah lebak banten, jalanan menanjak dan sedikit rusak namun tidak parah, anda harus tetap hati-hati saat sudah ada di perbatasan Jawa Barat – Banten. Sekitar 11km dari kota sukabumi, anda harus memperhatikan setiap petunjuk arah karena jalur menuju pantai sawarna berbeda dengan arah ke lebak atau pandeglang. Akan ada tulisan petunjuk arah berwarna hijau untuk menuju ke pantai Sawarna.

Jalur tersebut cukup sempit meskipun bagus, namun harus berhati-hati karena jalanan banyak tikungan dan curam. Singkat cerita, 30 menit perjalanan jalur terakhir desa sawarna maka akan sampai di jembatan khusus sepeda motor untuk menuju desa sawarna. Pintu jembatan kecil ada di persis dekat minimarket indomaret. Rombongan touring kami sampai di desa sawarna sekitar jam 1 dini hari, atau memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan. (Sudah termasuk istirahat, makan, dengan kecepatan hanya 60km/jam)
Doc Pribadi
HTM, Penginapan dan Biaya Makan (Estimasi Biaya Wisata Sawarna)
Setelah sampai di pintu masuk desa sawarna, anda kami di kenakan biaya sebesar Rp. 5000,- per orang (motor tidak di hitung). Kami disuguhkan penginapan-penginapan murah yang ada di dekat pintu masuk desa sawarna. Harga penginapan sendiri berkisar 80.000 – 150.000 per orang tergantung fasilitas. Tapi, karena menurut kami yang berombongan terlalu mahal, kami lebih memilih saung-saung yang berada persis di pesisir pantai yang hanya berharga 150.000,- saja per 24 Jam. Saat itu juga kami langsung memilih dan membayar nya.

Untuk Biaya makan sendiri terbilang murah. Kami memutuskan kepada pemilik warung makanan untuk mencatat semua nya, dan kami akan membayar saat kami meninggalkan saung. Kami menghabiskan waktu 2 hari 1 malam. Setiap orang hanya membayar 60 ribu saja untuk 7 kali makan. Makanan yang di sajikan meliputi nasi goring, mie, ayam goring dll.
Wisata Yang di Tawarkan di Pantai Sawarna
Doc: fathurrhmn17

Ada banyak wisata murah di pantai desa sawarna yang dapat di kunjungi. Sayangnya, kami tidak melakukan perjalan kesemua tempat wisata. Menurut Warga, ada sekita 4 tempat wisata di Pantai sawarna meliputi:
  • Pantai Pasir Putih Sawarna
  • Batu Karang Dua
  • Gua Lalay
  • Outbound

Di wisata pasir putih nya saja kami sudah terpuaskan oleh ombak yang besar, pantai yang bersih serta pemandangan laut lepas dan bukit yang indah. Jika anda menginap di saung yang kami rekomendasikan, anda akan secara langsung di suguhkan pemandangan laut lepas.
Estimasi Biaya Wisata di Pantai Sawarna
Kami akan memebahas mengenai estimasi biaya kami saat berwisata di Pantai Sawarna:

1. Bensin (Motor) : Rp. 50.000,-/Motor
2. Penginapan : Rp. 150.000,- (Saung) (Biaya Kelompok)
3. Makan : +- Rp. 10.000,-/ sekali makan/Orang (Untuk 2 hari menghabiskan sekitar 60 ribu)
4. Kopi : Rp. 3.000,-/gelas/orang
4. HTM Desa Sawarna: Rp. 5.000,-/orang
5. Rokok : Rp. 16.000,- / Bungkus
Jadi total wisata di desa sawarna untuk 1 orang dalam waktu 2 hari 1 malam adalah: Rp. 284.000 per orang. Dengan catatan jika anda merokok dan minum kopi. Tentu saja akan lebih murah jika anda melakukan perjalanan dengan keluarga atau teman anda.
Tips Berwisata di Pantai Sawarna (Wajib Baca):
Berikut tips berwisata murah di pantai sawarna:
1. Bawa pakaian secukupnya.
2. Jika melakukan perjalan menggunakan Mobil, lebih baik melalui Jalan raya Cibadak. Jika anda menggunakan motor melalui jalur alternative Cikijang, pastikan anda melakukan perjalanan berombongan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan karena perjalanan sangat sepi.
3. Bawa obat-obatan karena jarak dengan apotik sangat jauh.
4. Pastikan tidak meninggalkan barang berharga termasuk Handphone saat melakukan wisata. Bawa tas kecil untuk di bawa saat mengunjungi pantai.

Akhirnya setelah puas berwisata murah meriah di Pantai Sawarna, Lebak banten. Kami pun pulang kembali ke Jakarta dengan ke adaan selamat. Itu dia cerita dari Tim BM JanganLupaBahagia.com mengenai perjalanan wisata pantau yang menarik dan bagus di Jawa. Semoga bermanfaat!