Backpacker ke Kawah Putih, Bandung Utara - Info Transportasi dan Biaya

Advertisement

Wisata Populer Jawa Barat: Kawah Putih

Bicara tentang liburan, Indonesia memiliki banyak sekali tempat yang bisa di jadikan pilihan untuk kita kunjungi. Mulai dari tempat yang menyajikan keindahan alam, keindahan kebudayaan, sampai beraneka ragam jenis kuliner. Bandung, kota yang akrab dengan sebutan kota kembang itu merupakan salah satu Kota yang menjadi tempat favourite untuk para pelancong baik dalam ataupun luar Negeri.  

Selain kaya akan keindahan alamnya, serta makanan- makanan khasnya yang sangat unik, Bandung juga menjadi pusat mode untuk para pecinta fashion. Jika anda berkeinginan untuk menjelajah setiap sudut kota Bandung, maka saya rasa tidaklah cukup hanya dengan waktu satu atau dua hari saja karena mengingat begitu banyaknya tempat wisata yang ada di Bandung. Jika kemarin saya membahas pengalaman saya mendaki puncak gunung Cikuray, maka kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya saat mengunjungi salah satu tempat wisata yang sudah tak asing lagi namanya, yaitu Kawah Putih, Ciwidey, Bandung - Jawa Barat

Info Wisata Populer Kawah Putih Ciwidey Bandung
Kawah Putih Ciwidey
Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.
Perjalanan Menuju Kawah Putih - Ciwidey
Perjalanan  menuju Kawah Putih dimulai pada hari Jumat sekitar pukul 8 pagi dengan menggunkan sepeda motor sewaan. Karena saat itu saya sedag berada di kota bandung, saya lebih memilih menyewa motor karena lebih efisien dengan jalanan kota bandung yang mulai macet saat liburan. Harga sewa sepeda motor di bandung adalah sekitar Rp. 100.000/ hari

Perjalanan di mulai dari Kota Bandung, yang pertama anda hanya perlu menuju ke Jl. Kopo,  maka anda hanya perlu lurus melewati Jl. Soreang. Setelah anda melewati Jl. Soreang, sekitar menempuh waktu 1 jam anda akan langsung sampai di gerbang wisata kecamatan ciwidey. Jika sudah samapi di pasar wisata ciwidey, anda ambil ke arah kiri menuju ke arah situ patenggang. Perjalanan dari Bandung Kota menuju Kawasan Wisata Kawah Putih adalah sekitar 1,5 jam menggunakan sepeda motor atau 2,5 jam menggunakan mobil. Namun tak perlu khawatir akan merasa bosan selama perjalanan menuju kawah, karena kita akan di manjakan dengan pemandangan pegunungan yang menyejukan mata. Setibanya di Kawah Putih, saya harus mengantri di pintu masuk sekaligus tempat pembelian tiket karena hari itu cukup ramai. 
Info Tiket Masuk Kawah Putih
Info harga tiket Masuk (HTM) Kawah Putih - Ciwidey Bandung akan saya jelaskan sebagai berikut:

Untuk pengendara motor, akan di berikan dua tiket, yaitu tiket untuk memasuki area kawah (di hitung perorangan) sebesar Rp. 18.000,-/orang dan untuk Masuk ke kawasan kawah anda harus menggunakan kendaraan yang bernama ontang-anting. Tarif ontang - anting sendiri adalah Rp 15.000,-/orang. Dan untuk parkir motor adalah Rp. 3.000/motor. jadi Total Harga Tiket Masu Kawasan Kawah Putih Ciwidey adalah Rp. 32.000,-/orang di tambahah sepeda motor Rp. 3000,-
Estimasi Biaya Keseluruhan
Akomodasi: 
  • Sewa Motor : Rp. 100.000,-
  • Bensin : Rp. 30.000,-
  • Total : Rp. 130.000
Biaya Perorang:
  • Tiket Masuk+ Parkir Motor : Rp. 35.000,-/orang
  • Masker : Rp. 2.000,-
  • Makan : Rp. 15.000,-/orang
  • Total: Rp. 52.000,-/orang
Dana yang di rekomendasikan JanganLupaBahagia.com untuk berwisata ke Kawah Putih Bandung adalah Rp. 182.000,- jika anda berwisata sendiri.
Tips Berwisata ke Kawah Putih Ciwidey
Tempat wisata Bandung, Ciwidey
TIM BM JanganLupaBahagia.com
 Tips Berwisata ke Kawah Putih Ciwidey yang harus anda perhatikan:
  1. Bawalah Jaket, karena udara cukup dingin.
  2. Bawalah masker karena bau belerang sangat menyengat
  3. Jangan lebih dari 15 menit saat berada di kawah, untuk menghindari anda dari sesak nafas karena belerang.
  4. jangan gunakan Dress atau pakaian Pesta lainnya, hindari penggunaan wedges dan High heels.
Demikianlah sedikit cerita pengalaman saya saat mengunjungi tempat wisata kawah putih, Ciwidey Bandung. Semoga artikel salah satu Tempat Wisata di Bandung ini bermanfat, terutama untuk anda yang memiliki rencana mengunjungi Kawah Putih. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment jika anda berada di tempat wisata ini. Bagi anda yang mungkin lupa membawa kamera ataupun tidak memungkinkan untuk mengambil gambar sendiri, tak perlu khawatir, karena di area kawah terdapat banyak tukang foto keliling. Setelah puas menikmati pemandangan, untuk anda yang ingin membeli oleh- oleh, maka anda dapat membelinya di kios- kios yang menjual beraneka ragam oleh- oleh yang terdapat di area pintu masuk, dekat dengan parkiran kendaraan. 

Advertisement

Penulis : Hafid Maulana
Judul : Backpacker ke Kawah Putih, Bandung Utara - Info Transportasi dan Biaya
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments