5 Tempat Wisata Terpopuler di Dieng Plateau Wonosobo - Jawa Tengah

Advertisement

5 Tempat Wisata Populer di Kawasan Dieng Plateau Wonosobo - Jawa Tengah

Telaga warna dieng
Doc evidwisoekarno
Kawasan Dieng Plateau Wonosobo adalah salah satu tempat wisata populer di pulau jawa, Setiap libur panjang dan weekend dieng selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Setelah sebelumnya TIM BM jangalupabahagia.com menulis Persiapan Sebelum Anda Wisata Ke Kawasan Dieng Wonosobo - Jawa Tengah kali ini kami akan menulis tempat-tempat wisata yang ada di kawasan dieng plateau.

Dieng Plateau adalah kawasan wisata alam terlengkap, di antaranya ada gunung prau, bukit sikunir, danau telaga warna, candi arjuna dan lainnya. Berikut akan kami kupas dengan lengkap wisata yang ada di kawasan dieng wonosobo. 
1. Telaga Warna
Telaga Warna Dieng
View Telaga Warna (Doc: Tim BM)
Telaga Warna adalah sebuah kawasan wisata di dieng yang berupa danau alami. Dinamakan danau telaga warna memang karena sekilas memiliki 2 warna berbeda. Telaga Warna Dieng bersebelahan dengan telaga Pengilon. sebuah telaga yang meski bersebelahan dengan telaga warna yg airnya kedap kandungan belerang, namun telaga pengilon seperti tak terpengaruh sama sekali, airnya justru jernih bening bagai cermin. 

Selain Telaga Warna dan Pengilon, dilokasi wisata yang satu ini kamu juga bisa melihat jajaran Goa-Goa alam disepanjang tepian telaga, ada juga bukit kecil dengan dua batu besar dipuncaknya yang biasa digunakan wisatawan untuk melihat panorama kedua telaga dari atas yakni Batu Ratapan Angin. Jarak dari kota dieng ke telaga warna adalah 20 menit dengan mengendarai sepeda motor.

Tiket Masuk : Rp. 25.000,-
2. Bukit Puncak Sikunir
Puncak Sikunir Dieng
Puncak Sikunir (Doc: Hafid)
Puncak Sikunir - Dieng adalah sebuah puncak perbukitan yang berada di kawasan Dieng Plateau - Jawa Tengah. Disana, kita bisa menikmati indahnya matahari terbit atau sunrise yang sangat indah. Anda hanya perlu mendaki sekitar 30 menit saja dari area parkir.
Dari puncak ini, anda dapat melihat beberapa gunung seperti, Slamet, gunung sindoro, merapi, sumbing dan merbabu. Dari kota dieng ke kawasan ini sekitar 1 jam.

Saran kami anda mengunjungi tempat ini sebelum waktu subuh agar anda bisa menikmati sunrise dengan cahaya aurora yang sangat indah. Baca Selengkapnya: Info Wisata dan Biaya menuju Puncak Sikunir Dieng.

Tiket Masuk Sikunir : Rp. 15.000,- (Termasuk Parkir Sepeda Motor)
3. Gunung Prau
Gunung Prau adalah sebuah gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah, merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo. Ketinggian Gunung Prau ini sendiri adalah 2.565mdpl. Walaupun tergolong gunung pendek dan tidak memiliki kawah, Gunung Prau ini mempunyai keindahan alam yang sangat indah. 
Puncak Gunung Prau
Gunung Prau (Doc: Adi Satrio)
Puncak Gunung Prau merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita jumpai di puncak dan di Gunung Prau ini tidak ada sumber air jadi disarankan untuk membawa air yang cukup selama pendakian. Lama mendaki adalah kisaran 4 jam untuk mencapai puncak gunung prau.
Biaya Simaksi : Rp. 10.000,-/orang
4. Candi Arjuna
Komplek Candi Hindu yang berada di pusat kawasan Wisata Dieng ini terdiri dari lima Candi yaitu Candi Arjuna, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Semar. Sebagaimana Candi-candi di Dieng lainnya, masing-masing Candi di Komplek Candi Arjuna memiliki nama yang diambil dari kisah-kisah pewayangan Mahabharata. 
Tiket masuk diengCandi Arjuna Dieng
Candi Arjuna (Doc: Edwin)
Untuk menuju ke kawasan candi arjuna, dari kota kecil dieng anda ambil arah ke kanan. Arah ini berbeda jika anda menuju ke puncak sikunir dan telaga warna. Untuk masuk kawasan Candi arjuna anda perlu membayar biaya tiket masuk Candi Arjuna sebesar Rp. 10.000,-/orang.
5. Telaga Menjer
Telaga Menjer Dieng
Telaga Menjer, adalah sebuah danau atau telaga yang wajib anda kunjungi jika menuju ke dieng. Dalam perjalanan menuju Dieng mampirlah ke telaga satu ini. Telaga Menjer yang berada di Desa Maron, Garung, Wonosobo merupakan telaga alami yang terbentuk dari letusan gunung Vulkanik Pakuwaja. Anda bisa menyewa perahu untuk menikmati indah dan sejuknya udara di perairan Telaga Menjer. 

Selain menikmati suasana Damainya pemandangan alam telaga, disini kamu juga bisa mengelilingi telaga seluas 7 Ha ini dengan menaiki perahu yang memang diperuntukan untuk disewakan.

Tiket Masuk Telaga Menjer : Rp. 10.000,-
TIPS BACKPACKER UNTUK MENUJU KE DIENG
Jika anda ingin dan berencana untuk piknik ke dieng plateau, kami janganlupabahagia.com akan memberikan tips persiapan untuk ke dieng. Silahkan baca artikel mengenai Persiapan Backpacker ke dieng plateau.

Itu dia info 5 Tempat Wisata Populer di Kawasan Dieng Plateau Wonosobo - Jawa Tengah, semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog ini. Kemanapun anda bepergian, tetap ingat jangan ingat mantan jaga keselamatan dan patuh terhadap peraturan alam. JanganLupaBahagia dan JanganLupaBersyukur.

Baca Juga:
Persiapan Mendaki Gunung untuk Pemula - Perlengkapan dan Peralatan yang harus dibawa
5 Pantai Selatan di Pulau Jawa yang Menarik dan Wajib untuk di Kunjungi

Advertisement

Penulis : Hafid Maulana
Judul : 5 Tempat Wisata Terpopuler di Dieng Plateau Wonosobo - Jawa Tengah
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments