Camping Di Pulau Perak - Wisata Backpacker Kepulauan Seribu Jakarta

Advertisement

Info Wara-Wiri Wisata Pulau Perak - Kepulauan Seribu Jakarta (Info Backpacker)

Setelah sebelumnya kami menceritakan Pendakian kami ke Gunung Merbabu, kali ini kami akan menceritakan perjalanan backpacker ke pulau perak. Kami mendirikan tenda camping di sekitar pulau perak - kepulauan seribu.


Pulau Perak (Doc: Hadi setiawan)

Pulau perak adalah salah satu pulau kecil dan tak berpenghuni yang ada di kawasan wisata kepulauan seribu, DKI jakarta. Pulau dengan hutan ini berdeketan pulau dolphin dan pulau bira. Pulau yang tidak terlalu ramai dikunjungi ini wajib anda kunjungi saat liburan ke pulau seribu.

Tim BM Janganlupabahagia.com memulai perjalanan dari tangerang dengan membawa peralatan dan perlengkapan layaknya backpacker. Kami akan menceritakan perjalanan kami mulai dari perjalanan dari Tangerang, Muara Angke untuk menuju ke Pulau perak.

Perjalanan dari Tangerang ke Muara angke

Petualangan kami ke pulau perak dimulai dari Perumnas 2 karawaci tangerang, di mulai pada pukul 02:00 kami Tim BM menyewa angkutan umum untuk mengantar kami menuju muara angke dengan kesepakatan nego Rp,200.000, kami tiba di muara angke pada pukul 03:00. sesampai nya di muara angke kami menyempatkan diri untuk beristirahat dan menyeruput kopi sambil menikmati semilir angin laut.


Muara angke (Pelabuhan Kali Adem) ke Pulau harapan

Setelah istirahat dan pagi pun datang, kami langsung mengantri tiket untuk menyebrang ke pulau harapan, nah ! disini kami ingin memberi informasi sedikit tentang kapal penyeberangan, ada 2 kategori kapal penyeberangan untuk menuju ke pulau yang akan anda tuju. yang pertama kapal mini ferry tujuan pulau harapan dengan biaya Rp.55.000 tidak termasuk dengan tiket masuk ke pulau harapan. Sedangkan kapal speedboat milik dishub dengan tujuan pulau harapan hanya dengan mengeluarkan biaya Rp.54.000 sudah termasuk tiket masuk ke pulau harapan. kami lebih memilih menggunakan jasa transportasi kapal yang di sediakan oleh dishub, dengan alasan lebih murah dan lebih cepat 1 jam di bandingkan dengan kapal mini ferry.

Keberangkatan kapal mini ferry paling cepat jam 07:00 dan paling lambat pada pukul 07:30. Sedangkan Kapal speedboat keberangkatan sama rata pada pukul 08:00

Pulau Harapan ke Pulau Perak

Setibanya di Pulau Harapan untuk mempersingkat waktu kami langsung melacak keberadaan tukang ojek kapal untuk megantar kami ke tujuan awal yaitu Pulau Perak. Dan akhirnya kami mendapat kesepakatan dengan tukang ojek kapal untuk mengantar kami dengan kesepakatan nego Rp.400.000 menuju pulau perak.


Sebelum melakukan perjalan ke pulau perak kami juga mencari tempat penyewaan alat snorkling di pulau harapan. kami mendapatkan tempat penyewaan alat snorkling dengan biaya yang standar nasional yaitu Rp.35.000 lengkap dengan kaki katak.

Penyeberang pun di mulai pada pukul 11:00, selama penyeberangan menuju pulau perak kami juga menyempatkan diri untuk siggah di beberapa pulau yang berdekatan dengan pulau perak. Kami sempat singgah di pulau dolphin, pulau bira, dan yang terakhir pulau gosong. Setelah puas menikmati keindahan pulau-pulau tersebut kami melanjutkan perjalanan ke pulau perak.

Masuk Kawasan Pulau Perak Dan Izin Pendirian Tenda
Camping di Pulau Perak (Doc: Hadi Setiawan)

Setibanya di pulau perak kami langsung mengurus izin untuk mendirikan tenda camping. Untuk mendirikan tenda di pulau perak para pelancong di kenakan biaya keamanan yang memang di patok biaya langsung oleh Pemerintah DKI jakarta sebesar Rp.25.000/orang/malam. Kami pun keberatan dengan harga tersebut, karena budget kami minim dan kuota Tim BM yang banyak yaitu 7 orang, akhirnya kami melakukan negosiasi harga. Setelah negosiasi yang alot akhirnya kami menemukan jalan tengah untuk mencapai kata deal dengan harga Rp.250.000 selama 3 hari 2 malam.

Menikmati Pesona Keindahan Bawah Laut Pulau Perak

Setelah kami selesai mendirikan tenda, kami pun bersiap untuk melakukan snorkling di antara perairan pulau perak dan pulau putri. Tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata Pesona keindahan bawah laut yang terdapat di kepulauan seribu ini

Baca: Info Backpacker ke Pantai Sawarna

Saat snorkling kalian bisa menikmati keindahan bawah laut perairan pulau perak ini. Anda akan melihat keindahan hewan laut dan karang-karang yang ada di perairan ini. Kami menyarakan anda membawa kamera seperti gopro atau kamera lainnya yang bisa digunakan untuk berfoto di dalam air.

Snorkeling di Pulau Perak (Doc: Hadi setiawan)

Karena kami melakukan perjalanan backpacker, jadi kami membawa logistik dan peralatan masak sendiri. Pada malam harinya kami menikmati sejuknya riuh nya angin pantai dan tak lupa dengan menyajikan barbeque sambil di irngi dengan alunan musik gitar ukulele yang kami bawa.

Estimasi Biaya Di Pulau Perak - Kepulauan Seribu
Untuk biaya per orang, kami merincikan sebagai berikut :

-Izin mendirikan tenda = Rp.25.000/orang/malam (negosiasi bisa lebih murah)
-Ojek kapal dari pulau harapan ke pulau tujuan = Rp.400.000/Tim
-Penyeberangan angke - harapan - angke = Rp.54.000/orang (sebaliknya juga segitu)
-Penyewaan alat snorkling = Rp.35.000/orang
-Logistik Tim = Rp.50.000/orang
Karena kami ada 7 orang, kami pun merincikan biaya per orangan nya Rp.400.000,-

Hal Yang Harus diperhatikan Jika Anda Camping di Pulau Perak

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin bermalam di Pulau Perak:
-Bawa Logistik yang mencukupi
-Beli air sebelum menyeberang ke pulau perak, di pulau harapan menyediakan air galon seharga Rp.25.000/galon
-obat-obatan bagi yang mempunyai penyakit pribadi
-pintar-pintar ngeloby harga

Untuk para pendaki yang ingin mendaki gunung bersama pria-pria tampan di Tim BM JanganLupaBahagia.com Klik link Info Open Trip dan Bahagia Bersama @ Gunung Papandayan.

Selesai sudah cerita perjalanan kami di pulau perak dan semoga tips-tips yang kami berikan bermanfaat untuk kalian-kalian yang akan melakukan liburan ke pulau perak. Oh iyaa ! tetap jaga kebersihan, jangan di kotorin yah tempat nya buat anak cucu kita nanti bisa nikmatin juga. kalau tidak bisa memperbaiki setidaknya kita hanya perlu menjaga.

Baca Juga:

Camping di Pantai Menganti - kebumen Jawa Tengah
3 Aplikasi Untuk bantu Liburan anda
Advertisement

Penulis : hadi setiawan
Judul : Camping Di Pulau Perak - Wisata Backpacker Kepulauan Seribu Jakarta
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments