September 4, 2016

Pendakian Gunung Merbabu Via Jalur Cuntel Kopeng - Magelang (Transportasi dan Biaya)

Info Mendaki Gunung Merbabu 3142 Mdpl - Magelang Jawa Tengah (Transportasi - Biaya)


Mt. Merbabu

Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

Kami Tim BM Janganlupabahagia.com memulai pendakian Gunung merbabu Pada tanggal 22 januari 2016 via cuntel lintas wekas. Kami mencoba untuk menceritakan pendakian kami bersama 8 orang rekan kami. Kami melakukan perjalanan backpacker bersama dari Jakarta menuju merbabu.

Perjalanan Jakarta - Semarang
Persiapan perjalanan kami mulai dari stasiun pasar senen jakarta pusat pada hari kamis tanggal 21 Januari 2016 pada pukul 23:00. kami berangkat menuju semarang stasiun poncol menggunakan transportasi kereta api Tawang jaya dengan harga tiket Rp,65.000,- setelah berapa jam perjalanan pada pukul 06:00 kami TIM BM tiba di stasiun poncol semarang.

Perjalaan Semarang - Magelang (Basecamp Cuntel)
Setiba nya di semarang kami memutuskan untuk istirahat sejenak dan melakukan pengecekan ulang barang-barang bawaan kami. pada pukul 07:00 kami mulai mencari angkutan umum untuk menuju basecamp cuntel kopeng, magelang salatiga. karena ketidakadaan angkutan umum yang langsung menuju cuntel kopeng, pada akhirnya kami berserta Tim memutuskan untuk menyewa angkutan dengan kesepakatan nego Rp 330.000. atau kisaran Rp,40.000/orang. pada pukul 10:30 setibanya kami sampai di basecamp pendaki cuntel.
Puncak Gunung Merbabu (Doc: Hadi Setiawan)

Karena bertepatan pada hari jumat dan waktu sudah menunjukan untuk ibadah solat jumat, kami memustukan untuk istirahat dan menjalakan ibadah solat jumat bagi yang menjalankan.

Pendaftaran simaksi dan biaya kebersihan basecamp

Seperti biasa sebelum mulai pendakian anda di wajibkan untuk mengurus/membayar administrasi berupa simaksi. ketua regu di utuskan untuk mengumpul seluruh identitas tim dan membayar tiket atau biaya simaksi serta biaya kebersihan basecamp sebesar Rp. 15.000,-/pendaki

Memulai pendakian gunung merbabu Via Kopeng - Cuntel
BASECAMP - POS Bayangan 1 ( Dalan tengah 1858 MDPL)

Pada pukul 13:00 setelah istirahat dan solat, kami mulai melakukan pendakian. sebelum memasuki wilayah taman nasional gunung merbabu, kami melintasi jalur pemukiman warga terkahir yang berada di desa kopeng. sekitar 10 menit kemudian kami mulai memasuki kawasan hutan untuk menuju pos bayagan 1 (dalan tengah). dengan trek yg lumayan terjal membutuhkan kehati-hatian dan stamina yang cukup untuk melakukan pendakian ke pos 1 bayangan. Setelah 1 jam pendakian akhirnya kami pun tiba di pos 1 bayangan.

POS Bayangan 1 - POS Bayagan 2 (Gumuk 2063 MDPL)




Di pos bayangan 1 kami langsung melanjutkan pendakian menuju pos bayangan 2, dengan trek yang lumayan menajak sekiranya membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di pos bayangan 2. sesampai nya di pos bayagan 2 kami beserta Tim BM beristirahat sejenak, untuk mengisi stamina dan bercanda ria untuk meghilangkan rasa lelah selama pendakian menuju pos bayangan 2.

Karena di pos bayangan 2 ini tersedia sumber air dan merupakan sumber air yang terakhir selama pendakian menuju puncak menara. Kami pun melakukan pengisian ulang air yang sudah terpakai sebagian di perjalanan. Alhamdulillah :)

POS Bayangan 2 - POS 1 (Watu putut 2145) - POS 2 (Kedokan 2300 MDPL) - POS 3 (Kergo pasar 2458 MDPL)

Setelah beristirahat dan bercanda ria, kami melanjutkan pendakian kembali. jalur yang kami lewati tidak banyak perubahan, jalur yang selalu menanjak dan lumayan terjal kembali kami temui utuk menuju pos 1, sekiranya membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke pos 1. setelah sampai di pos 1 kami terus melanjutkan pendakian agar tidak memakan banyak waktu.
Karena sudah terlalu banyak waktu yang terbuang di perjalanan sebelumnya kami bergegas melanjutkan pendakian menuju pos 2, dengan beban bawaan yang lumayan berat seperti beban hidup. langkah yang kami tempuh sedikit melambat karena lagi-lagi trek yang kami jalani tidak kunjung berubah atau tidak mendapatkan bonus trek yang landai. Membutuhkan waktu sekitar 1 1/5 jam dari pos 1 ke pos 2.

Pos 4 - Gunung Merbabu (Doc: Hadi Setiawan)

Sadar akan waktu yang sudah mulai gelap, kami memutuskan untuk langsung melakukan pendakian ke pos 3 untuk mencari tempat agar bisa mendirikan tenda di malam hari, membutuhkan waktu sekitar 1 jam agar bisa sampai di pos 3. setelah sampai di pos 3 kami mengusulkan untuk mendirikan tenda di pos 3, karena di pos 3 adalah pos favorit bagi para pendaki yang hendak beristirahat sekaligus mendirikan tenda karena lahan yang cukup luas dan datar.

Setelah tenda sudah berdiri, Tim yang ada mulai melaksanakan kegiatan masak memasak untuk keperluan perut yang sudah mulai tidak bersahabat alias lapar, dengan suasana yang sangat ceria kami pun menghabiskan waktu malam yang dingin di tenda dengan bercanda tawa bersama seluruh Tim yang ada.

POS 3 - POS 4 (Puncak menara/Pemancar 2883 MDPL)

Tak terasa gelapun jatuh dan waktu sudah menunjukan pukul 06:00. setelah mempersiapkan segalanya dan merapihkan kembali tenda, kami pun bergegas untuk melanjutkan pendakian menuju pos 4 atau puncak menara, nah ! disini baru kalian akan mersakan nikmatnya naik gunung karena trek atau jalur menuju pos 4 sangat dan sangat istimewa.
Meuju pos 4 bukan perkarah mudah, karena terjal nya trek dan berliku membuat waktu yang di butuhkan untuk menuju pos 4 cukup lama. tapi semua rasa lelah yang anda rasakan seperti akan terbayar sudah dengan keindahan alam yang sangat bisa menenangkan hati dan pikiran atau pertunjukan alam yang akan anda lihat selama pendakian menuju pos 4. disana anda akan di perlihatkan bagaimana indah nya gunung-gunung yang ada di sekeliling gunung merbabu, seperti gunung sindoro, gunung sumbing dan masih banyak yang lain nya. Tak terasa sudah 1 1/5 jam kami lewati untuk menuju pos 4.

POS 4 - Puncak kenteng songo 3142 MDPL


Di pos 4 kami beristirahat sejenak atau sekedar menyeruput kopi sambil menikmati pesona alam gunung merbabu. setelah sekitar 30 menit kami beristirahat, kami melanjutkan kembali pendakian menuju puncak merbabu, Oh iyaa ! di tengah perjalanan menuju puncak kenteng songo kami menemukan sumber air di sekitar kawah kukusan di ketinggian 2928 MDPL. untuk bisa mengambil air kalian harus bisa membedakan, karena air bersih dan air blerang berada di tempat yang sama namun hanya terpisah saluran air nya saja dan juga harus turun beberapa meter untuk menuju kawah kukusan tersebut.

Tidak sabar untuk sampai ke puncak, kami bergegas dengan cepat untuk melakukan kembali pendakian menuju puncak kenteng songo. sekiranya butuh waktu 1 1/5 jam untuk sampai finis atau puncak kenteng songo yang merupakan puncak tertinggi di gunung merbabu.
Puncang Kenteng Songo - Gn. Merbabu 3142 mdpl

Setelah melakukan pendakian gunung merbabu selama 7 jam termasuk istirahat akhirnya kami sampai di puncak kenteng songo gunug merbabu. Di puncak Kenteng Songo, kami akhirnya merasakan indahnya berada di gunung terinndah di Jawa Tengah. Dengan keindahan gumpalan awan dan sunset dan sunrise yang sangat memanjakan mata.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Merbabu

Seperti biasanya, kami akan memberikan info mengenai estimasi biaya yang kami habiskan untuk pendakian Gunung Merbabu. Biaya adalah relatif, tergatung berapa banyak anggota regu anda dan dari mana anda berangkat.
- Kereta PP Jakarta - Semarang = Rp. 130.000,-/orang
- Sewa Angkutan Umum = Rp. 330.000,-/tim atau Rp. 40.000,-/orang ( PP = Rp. 80.000,-)
- Logistik = Rp. 50.000,-/pendaki (Tergantung tim)
- Simaksi = Rp. 15.000,-/orang
- Uang "koncian" = Rp. 100.000,-/orang

Jadi total biaya relatif yang dikeluarkan oleh tiap pendaki adalah Rp. 375.000,- (Akurat 2016)

Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Naik Gunung Merbabu
Berikut hal yang harus diperhatikaan saat mendaki gunung merbabu:

- Suhu udara Gunung Merbabu berkisar 5 derajat celsius
- Harus pintar menawar ongkos transportasi
- Membawa peralatan pribadi sesiap mungkin
- Membawa makanan secukup mungkin
- Bawa minimal 2 Tas Carrier ukuran 60+ untuk kelompok.
- Jangan mendirikan tenda di Puncak karena puncak kenteng songo sering terjadi badai
VIDEO PENDAKIAN MERBABU:
Itu dia catatan perjalan dan Info pendakian Gunung Merbabu via Cuntel lintas wekas. Jawa Tengah. Semoga bermanfaat untuk para pecinta alam. Cintai alam, dan jangan lupa bersyukur. #JanganLupaBahagia

Baca Juga:
Info Jalur Pendakian Gunung Ciremai - Jawa Barat Via Palutungan
Info Backpacker ke Kalibiru Kulon Progo - Yogyakarta (Transportasi dan Biaya)