Backpacker ke Puncak Sikunir, Dieng - Wonosobo (Transportasi dan Biaya)

Editor: Tim BM

February 8, 2016

Wisata Dieng - Berburu Sunrise di Puncak Sikunir - Dieng Jawa Tengah

Dieng adalah sebuah kawasan wisata alam yang berada di tengah pula jawa tepatnya di Provinsi Jawa Tengah. Menurut info wisata dieng plateau terbagi oleh 2 kabupaten yaitu banjarnegara dan wonosobo. Saat kami nenanyakan kepada warga setempat, ternyata memang benar. 

Setelah sebelumnya kami menulis artikel mengenai Persiapan Mendaki Gunung untuk Pemula - Perlengkapan dan Peralatan yang harus dibawa, kali ini kami akan menulis info wisata puncak sikunir dieng.

Puncak Sikunir
adalah sebuah puncak perbukitan yang berada di kawasan Dieng Plateau - Jawa Tengah. Disana, kita bisa menikmati indahnya matahari terbit atau sunrise yang sangat indah. Anda hanya perlu mendaki sekitar 30 menit saja dari area parkir. Dari puncak ini, anda dapat melihat beberapa gunung seperti, Slamet, gunung sindoro, merapi, sumbing dan merbabu.

Berikut akan kami jelaskan untuk bagaimana cara untuk mencapai Puncak Sikunir - Dieng Plateau.
Perjalanan Dari Jakarta - Puncak Sikunir Dieng

Perjalanan Jakarta - Wonosobo


Persiapan dimulai dari terminal Lebak Bulus, Jakarta. Kami menaiki bus Sinar Jaya seat 2-3 ekonomi jurusan Lebak Bulus - Wonosobo (Terminal Mendolo) dengan tarif Rp. 80.000,-/orang. Kami berangkat dari Lb.Bulus jam 06.00 dan sampai 18.00, sudah 12 jam perjalanan Jakarta - Wonosobo.

Wonosobo - Dieng

Dari terminal mendolo, anda langsung naik angkot wanra kuning ke kota wonosobo, lalu setelah itu naik micro bus jurusan dieng dengan biaya Rp. 20.000,-/orang. Anda akan diantarkan ke jantung kecamatan dieng. Kami sendiri saat itu lebih memilih menyewa mobil dengan kisaran harga Rp. 350.000,- (nego + Supir) karna untuk fleksibilitas waktu.

Karena pada awalnya tujuan kami adalah berburu sunrise puncak sikunir, maka saat itu kami menetap disebuah penginapan murah disekitaran dieng. Anda juga bisa mendirikan tenda kemah di dekat puncak sikunir dengan harga sewa Rp. 100.000,-/per tenda (kapasitas 6 orang)

Info Penginapan Dieng
Untuk penginapan kamar sendiri, didieng terbilang murah. Banyak wisma yang disewakan bukan perorang, tapi perkamar. Kisaran Harganya sekitar Rp. 200.000,- sampai Rp. 400.000,- perhari/ kamar. Anda juga bisa mendirikan tenda kemah di dekat puncak sikunir dengan harga sewa RP. 100.000,-/per tenda (kapasitas 6 orang)

Sunrise Puncak Sikunir (Doc: Hafid Maulana)

Perjalanan Menuju Pendakian Puncak Sikunir (Info Tiket Sikunir)

Kami memulai perjalanan dari penginapan jam 4 pagi, cuaca saat itu sangat ekstrim dengan suhu -4 derajat celcius. Dari penginapan kami, sekitar 30 menit untuk menuju ke Area Pendakian Puncak Sikunir. Untuk kearea tersebut, anda harus membayar tiker masuk sikunir - dieng dengan harga Rp. 10.000,- perorang. Dan parkir Rp. 5.000,/ per kendaraan.

Untuk pendakian sikunir sendiri hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja (300 meter pendakian). Jika anda adalah orang lanjut usia, anda bisa menggunakan sewa gendong yang ada diarea parkir puncak sikunir.

Estimasi Biaya: Jakarta - Puncak Sikunir

Seperti biasa, Blog TIM BM Janganlupabahagia.com akan coba memperkirakan biaya perorangan untuk menuju wisata puncak sikunir dieng. Ini adalah biaya relatif yang kami gunakan.

Perorangan :
  • Bus Jakarta - Wonosobo : Rp. 80.000,-/orang (Bus Sinar Jaya) 
  • Angkot Terminal Mendolo - Kota : Rp. 3.000,-/orang 
  • Micro bus kota - dieng : Rp. 15.000,-/orang 
  • Makan 3X : Rp. 50.000,-/orang 
  • Tiket Masuk Sikunir : Rp. 10.000,- 

Kelompok :


  • Sewa mobil : RP. 350.000,- / mobil - Motor : Rp. 50.000,- / motor 
  • Penginapan (Wisma) : Rp. 250.000,-/malam 
  • Jika Tenda : Rp. 100.000,-/tenda 
  • Parkir : Rp. 5.000,- 


Kesimpulan dan Saran:
Menurut kami yang biasa melakukan perjalanan backpacker, ini termasuk biaya yang cukup mahal jika anda hanya melakukan perjalanan sendiri atau dengan kelompok yang kurang dari 5 orang. 

Untuk mensiasatinya, disarankan anda membawa tenda camping, peralatan masak gunung, dan logistik sendiri dari rumah. Anda bisa mendirikan tenda camping disekitar area danau dikawasan parkir puncak sikunir.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menuju kawasan Dieng:
  • Dieng adalah kawasan wisata terkenal di jawa tengah, untuk menghindari macet. Anda disarankan untuk tidak ke dieng saat hari liburan seperti Tahun Baru, Lebaran atau Natal. 
  • Wisata Dieng adalah salah satu area pegunungan dengan suhu mencapai minus 15 derajat. Jadi bawalah jaket gunung atau jaket tebal yang aman. 
  • Untuk anda backpacker, disarankan membawa perbekalan secukupnya. Karena makan disana relatif mahal. 
Itu dia artikel kami yang membawas info wisata dieng - Puncak sikunir. Kemana pun anda jalan-jalan tetap jaga keselamatan mantan anda dan jangan buang kenangan sampah sembarangan! Terimakasih, semoga bermanfaat.


Baca Juga: Info Pendakian Gunung Prau - Dieng

Reaksi: