Pendakian Gunung Guntur Kota Garut Via Citiis, Transport dan Biaya

Editor: Tim BM

April 16, 2017

Info Lengkap Pendakian Gunung Guntur Kota Garut Via Citiis beserta Transportasi dan Biaya ke Guntur



Puncak 1 Guntur (Doc: Tim BM) 

Gunung Guntur adalah sebuah gunung yang terdapat di wilayah kota Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.249 meter dpl. Gunung Guntur merupakan salah satu gunung berapi paling aktif pada dekade 1800-an. Tapi sejak itu aktivitasnya kembali menurun.

Erupsi Gunung Guntur pada umumnya disertai dengan lelehan lava, lapili dan objek material lainnya. Kami Tim BM Janganlupabahagia.com memulai pendakian Gunung Guntur tanggal 25 maret 2016. Kami melakukan perjalanan backpacker bersama dari Jakarta menuju gunung guntur dengan membawa crew 6 orang.

Perjalanan Jakarta - Garut (Gunung Guntur)

Persiapan kami mulai dari terminal kampung rambutan pada hari jumat tanggal 25 maret 2016 pukul 05.00 Wib. Dengan menaiki mobil bus Karunia Bhakti jurusan Kp Rambutan - Garut Via tol cipularang dengan ongkos bus Rp.50.000.

Setelah beberapa jam perjalanan kami pun turun di pom bensin tanjung sekitar pukul 09.00 WIB, dimana semua pendaki tujuan gunung guntur bertitik temu disitu.

Setelah turun dari bus TIM BM pun beristirahat sekalian membeli perlengkapan yang belum ada. pukul 12.00 Wib perjalanan di lanjutkan dari pom bensin tanjung menaiki mobil pick up.

Masing masing pendaki dimintai ongkos Rp.15.000 perorang. Dengan memakan waktu sekitar 20 menit menaiki mobil pick up TIM BM sampai di Pos Pintu masuk Gunung Guntur Via Citiis.
Pengurusan Simaksi dan Biaya

Di base camp Bu tati TIM BM mengecek kembali barang bawaan dan mendaftarkan nama dan jumlah pendaki pada ranger. Untuk keamanan kami diminta untuk menitipkan satu KTP.

 Setelah selesai registrasi kami pun memulai perjalanan sekitar 500 meter dari base camp bu tati, kami melapor ke petugas yang mengelola simaksi dan biaya kebersihan base camp untuk satu orang pendaki kami dimintai Rp. 12.500 untuk satu malam.

Memulai pendakian gunung guntur via citiis

Pendakian Pos 1 - Pos 3

Pada pukul 13.30 Wib kami berenam memulai langkah kecil dengan penuh semangat, dengan track tanah bercampur batu kerikil, sepanjang jalan mata kita akan disugihi pemandangan berupa bukit batu dan jangan kaget kalau dijalan berpapasan dengan mobil pengangkut pasir atau batu karena track yang dilewati adalah jalur penambang pasir dan batu.

Jangan takut kehabisan air sepanjang track pendakian gunung guntur karena teman-teman bisa mengambil air. Banyak tersedia sumber air di gunung guntur hingga pos ke 3.

Pukul 15.30 Wib kami pun tiba di Pos 1, untuk menyegarkan badan dan membangkitkan semangat kembali. Teman-teman bisa bermain air atau bersantai santai ria pasalnya di pos 1 ini kita menyebrangi jembatan yang terbuat dari dua batang sepanjang 4 meter.

Selepas melewati pos 1 kami di kagetkan track yang lumayan curam karena kita harus menaiki track tebing dan bebatuan yang lumayan curam. Perlu menghabiskan sekitar 1 jam untuk sampai di Pos 2.

Pada pukul 16.20 Wib bertepatan dengan turunnya hujan yang menambah seru perjalanan, untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat kami pun memakai jas hujan track dari pos 2 menuju pos 3 setelah melewati tebing dari kejauhan terlihat tenda tenda yang berwarna warni.

Langkah yang berat sedikit hilang karena tinggal sedikit lagi sampai.

Pukul 17.00 Wib, kami sampai di pos 3 melaporkan diri ke pos untuk pendataan ulang dan demi keamanan kami pun diminta lagi untuk menitipkan salah satu KTP di Pos 3.

Kamu juga bisa mengisi ulang air di sini, karena di pos 3 inilah sumber air terakhir yang akan kamu temui.
pos 3 view background kota Garut (Doc: Tim BM)

Sempat melihat lihat untuk mencari tempat yang nyaman mendirikan tenda akhirnya kami menemukan tempat yang pas walaupun konstruksi tanah tidak rata. Di bawah guyuran hujan dan bunyi petir yang mengagetkan kami membangun tenda di tengah basah kuyupnya baju.

Jam 17.30 Wib kami semua selesai mendirikan tenda. Kami semua beristirahat dan menikmati kerlap kerlip lampu rumah di atas pos 3 kami bisa melihat kota garut dari ketinggian.

Perjalanan Menuju Puncak Guntur

Keesokan harinya hari sabtu pagi kita pun bangun diawali memasak air untuk menikmati secangkir kopi dan teh manis panas serta banyolan yang tercuat dari mulut mulut TIM BM, pukul 09.00 kami pun segera membereskan tenda dan mempacking untuk perjalanan menuju puncak, sekaligus sarapan pastinya.

Kami beralasan tidak menunda barang ditenda karena ada isu bahwa Gunung Guntur rawan kejahatan.

Puncak 1 Gunung Guntur (Doc: Tim BM)


Tepat 11.30 langkah langkah kecil penuh semangat kembali melanjutkan perjalanan ke puncak 1. Perlu diketahui bahwa ada total 5 puncak yang tersedia di Gunung Guntur ini.

Kami tidak mau berekspetasi untuk sampai ke puncak 5. Dari Pos 3 kami mulai mendaki dengan lagi-lagi membawa peralatan di dalam tas carrier penuh sesak yang sangat berat.

Jalur yang dilalui untuk sampai ke puncak bayangan benar-benar berat. Jalur pasir dan kemiringan tanah yang sekitar 70 derajat membuat langkah kaki lebih terasa berat.

Butuh sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak bayangan. Setelah di puncak bayangan, kami menunda tas kami di puncak bayangan dan melanjutkan perjalanan ke puncak 1 dengan waktu sekitar 15 menit saja.

Namun sayang, karena saat itu persediaan air kami habis dan tidak ada sumber air lagi, kami memutuskan untuk turun dan tidak melajutkan ke puncak selanjutnya.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Guntur
Seperti biasanya, kami akan memberikan info mengenai estimasi biaya yang kami habiskan untuk pendakian Gunung Guntur. Biaya adalah relatif, tergantung berapa banyak anggota regu anda dan dari mana anda berangkat.
  • Bus PP Jakarta-Garut = Rp.100.000,-/orang
  • Bayar Pick Up atau Ojek= Rp.15.000,-/orang
  • Bayar Pickup dari Base Camp ke Terminal Guntur = Rp.25.000,-/orang
  • simaksi = Rp.12.500,-/orang
  • logistik = Rp.50.000,-/orang
  • uang jajan = Rp.100.000,-/orang
Jadi total biaya relatif yang dikeluarkan oleh tiap pendaki adalah Rp.302,500.,-

Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Naik Gunung Guntur

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat teman-teman ingin mendaki gunung guntur 2294 mdpl:

Baca artikel ini untuk selengkapnya: Hal Yang Harus Diperhatikan sebelum naik gunung guntur

Itu dia catatan perjalan dan Info lengkap pendakian Gunung Guntur Via Citiis, Jawa Barat. Semoga bermanfaat untuk para pencinta alam, cintai alam, bawa turun sampah dan jangan lupa bersyukur atas Ciptaan Tuhan Semesta Alam.

Baca Juga:
Info Wisata Kawasan Gunung Bromo Malang - Jawa Timur (Transportasi dan Biaya)
Camping Di Pulau Perak - Wisata Backpacker Kepulauan Seribu Jakarta

Reaksi: