Inilah 5 Gunung di Jawa Rekomendasi Untuk Pendaki Pemula

Advertisement

Inilah 3 Gunung di Pulau Jawa Untuk Pendaki Pemula

Gunung sudah menjadi hobi baru bagi para traveller di Indonesia. Sejak munculnya film 5 CM, tidak dipungkiri bahwa film tersebut berdampak pada semakin banyaknya pendaki gunung yang bermunculan. Tapi, mendaki gunung tidak sesimple yang dibayangkan. Perlu persiapan yang matang, khususnya persiapan fisik dan mental. (Baca: Persiapan mendaki gunung)

Nah buat kalian yang ingin mendaki gunung, atau sedang belajar mendaki, inilah 3 gunung di pulau jawa yang bisa kamu daki. mendaki gunung-gunung ini tidak terlalu membutuhkan waktu banyak, selain itu treknya pun terbilang cocok untuk pemula.

Berikut ini JanganLupaBahagia.com akan merangkum 5 Gunung di Pulau Jawa Untuk Pendaki Pemula:

1. Gunung Prau, Wonosobo

Gunung Prau (Doc: Adi Satrio)

Gunung Prau merupakan salah satu destinasi yang cocok bagi para pedaki yang ingin mulai mendaki gunung. Gunung dengan ketinggian 2565 mdpl punya trek yang tidak terlalu curam, sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai hobi mendaki.

Cukup mendaki kurang dari 4 jam, kamu bisa sampai puncak dan mendirikan tenda di area perkemahan di gunung yang berada di kawasan Dieng, Wonosobo ini. Selain itu, gunung ini juga merupakan salah satu gunung dengan pemandangan yang super keren.

Baca: Info Pendakian Gunung Prau - Wonosobo (Transportasi Jakarta dan Biaya)

2. Gunung Papandayan, Garut

Gn Papandayan (Doc: Hafid Maulana)

Gunung Papandayan menjadi salah satu gunung di jawa barat ini jadi favorite bagi para pendaki dan guide open trip mendaki. Gunung dengan ketinggian 2665 mdpl berada di kabupaten garut, Jawa Barat dan menjadi salah satu gunung favorite bagi para pemula. Di gunung ini, kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan indah, hutan mati, juga padang bunga edelweis di Tegal alun.

Cukup mendaki selama kurang lebih 3 jam dari basecamp, kamu bisa mencapai perkemahan Pondok Salada dan mendirikan tenda. Serta sekitar kurang dari 1 jam dari pondok salada untuk sampai tegal alun. Baca: Catatan Pendakian Gn Papandayan

3. Gunung Andong, Magelang

Gn Andong (Doc: JalanPendaki.com)

Dari ketiga rekomendasi gunung untuk pendaki pemula, Gunung Andong menjadi gunung yang paling direkomendasikan untuk pemula. Pasalnya, gunung ini terbilang tidak terlalu tinggi, hanya berkisar 1.726 mdpl.

Mendaki gunung Andong, kamu hanya perlu mendaki selama kurang dari 3 jam untuk sampai ke puncak. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan indah kota magelang dari puncak gunung bertipe perisai ini.

4. Gunung Manglayang, Bandung

Gunung Manglayang

Gunung manglayang merupakan sebuah gunung yang berada di derah bandung dan sumedang, Jawa Barat. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang berada di daerah bandung, da merupakan gunung terendah di kabupaten bandung dan sekitarnya.
Gunung dengan ketinggian 1818 mdpl ini menjadi salah satu gunung favorite untuk pendakian awal (pemula).

Cukup dengan waktu 3 - 4 jam, kamu bisa mendaki gunung ini secara tik tok ataupun mendirikan tenda. Gunung ini menawarkan berbagai spot bagus untuk berfoto dan mendirikan hammock.
5. Gunung Burangrang, Cimahi

Doc: pribadi

Gunung Burangrang merupakan sebuah gunung api mati yang terdapat di bandung, Indonesia. Gunung Burangrang mempunyai ketinggian setinggi 2.050 meter diatas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah-satu sisa dari hasil letusan besar Gunung Sunda di Zaman Prasejarah. Gunung Burangrang bersebelahan dengan Gunung Sunda. Gunung ini terletak antara perbatasan bandung, cimahi dan purwakarta, serta juga berseberangan dengan gunung tangkuban perahu.

Gunung ini bisa di daki 4 - 5 jam, dan menawarkan keindahan yang cukup bagus. Di puncak, kamu bisa menikmati bukit-bukit indah dan juga pemandangan danau. BAca: Pendakian Gunung Burangrang

Itu dia info mengenai 5 gunung di pulau jawa yang bisa kamu tuju untuk pendakian pertama kamu. Meskipun terbilang landai dan tidak terlalu curam, kamu tetap harus memperhatikan persiapannya secara matang., Karena Alam Tidak Bisa Diprediksi!


Baca Juga:
Info Wisata, Akses Transportasi dan Estimasi Biaya ke Gunung Bromo Jawa Timur
Camping di Pantai Menganti Kebumen - Pantai Indah Tersembunyi di Selatan Jawa
Advertisement

Penulis : Hafid Maulana
Judul : Inilah 5 Gunung di Jawa Rekomendasi Untuk Pendaki Pemula
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments