Pendakian Gunung Manglayang via Batu Kuda, Transportasi dan Biaya

Editor: Tim BM

August 24, 2016

Info Lengkap Biaya + Transportasi Pendakian Gunung Manglayang, Bandung via Batu Kuda


Gunung Manglayang merupakan sebuah gunung yang berada di derah bandung dan sumedang, Jawa Barat. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang berada di daerah bandung, da merupakan gunung terendah di kabupaten bandung dan sekitarnya. Gunung dengan ketinggian 1818 mdpl ini menjadi salah satu gunung favorite untuk pendakian awal (pemula).


City Light dari Manglayang

Tepat tanggal 20 agustus 2016, Tim BM JanganLupaBahagia.com mencoba merasakan trek gunung yang katanya cukup ekstrim ini. Meskipun lama pendakian Gunung Manglayang hanya sekitar 3 - 4 jam, tapi trek yang dilalui cukup curam dan berbatu.

Tim BM dan KambingGunung.com mencoba untuk mendaki gunung ini melalui jalur bumi perkemahan situs batu kuda yang aksesnya lumayan sulit kendaraan umum. Untuk itu, kami memutuskan menggunakan sepeda motor dari Jakarta pada tanggal 19 agustus.

Perjalanan Jakarta - Gunung Manglayang

Transportasi menuju gunung manglayang terbilang sulit, untuk itu kami memutuskan berangkat menggunakan sepeda motor untuk menghemat biaya. Perjalanan dimulai dari Jakarta dengan menggunakan jalur Bekasi - Cikampek - Purwakarta - Cimahi - Bandung - Cileunyi - Jl. Vila Bandung Indah - Wisata Batu Kuda.

Dari Jakarta menuju basecamp pendaki (batu kuda) memakan waktu kurang 5 - 6 jam dengan menggunakan sepeda motor.

Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, silahkan cari bisa di Primajasa jurusan Cileunyi dengan kisaran harga Rp. 40.000,- (Informasi teman pendaki). Lalu turun di pintu keluar tol Cileunyi. Setelah itu, cari angkot menuju cagk cileunyi atau pertigaan menuju Jl. Vila bandung Indah.

Dari sana, kamu bisa menggunakan jasa ojek menuju situs batu kuda dengan harga sekitar Rp. 35.000,- sampai Rp. 50.000,- karena memang trek menanjak, meskipun hanya berkisar 7 km.

Simaksi/HTM Pendakian Gunung Manglayang
Untuk mendaki gunung manglayang, setiap pendaki diwajibkan membayar uang tiket di bagian pendaftaran dengan HTM Rp. 10.000,-/pendaki untuk camping. Harga yang sangat murah untuk mendaki gunung sebagus Manglayang. Untuk yang membawa kendaraan, motor dikenakan biaya Rp. 2.000,- dan Rp. 10.000,- untuk mobil.

Memulai Pendakian Gunung Manglayang via Batu Kuda
Trek terjal sepanjang jalur (Doc: Tim BM)

Kami mendaki gunung manglayang dengan menggunakan jalur wisata batu kuda. Pendakian di mulai dari bumi perkemahan situs batu kuda yang dipenuhi pohon pinus yang indah. Kamu bisa mengikat hammock yang kamu bawa di pepohonan tersebut.

Tepat pukul 08.00 WIB, kami mulai mendaki gunung dengan ketinggian 1818 mdpl tersebut. Awal trek pendakian kita disuguhkan dengan trek yang dipisahkan oleh ilalang, kemiringannya sampai 60 derajat. Setelah 15 menit, kamu akan masuk jalur hutan pinus yang indah.

Sampai akhirnya setelah 1 jam pendakian, sampailah kepada titik trek terberat sepanjang jalur pendakian tersebut. Dengan kemiringan hampir 75 derajat, trek ini terbilang cukup sulit. Selain itu jalurnyapun cukup sempit dan hanya ada beberapa akar pohon kecil yang membantu untuk naik.

Mulai dari hutan pinus terakhir sampai puncak, Tim BM selalu menemukan tanjakan yang curam dan hampir tidak ada track bonus. Sebagai informasi, di sepanjang jalur gunung ini tidak ditemukan secara jelas nama-nama posnya, namun ada beberapa tempat landai yang biasa dijadikan periistirahatan.

Tim BM di Puncak Manglayang (Doc: Tim BM)
Setelah selama kurang dari 3 jam, akhirnya kami sampai di puncak gunung manglayang. Puncak gunung tersebut dipenuhi pohon-pohon berlumut. Kamu bisa mendirikan tenda di puncak ini, arenya tidak terlalu luas, hanya cukup untuk sekitar 10 tenda kecil.

Pesona Alam Yang Bisa Dinikmati

Hammock ceria (Doc: Tim BM)

Pemandangan di puncak gunung ini, hampir tidak bisa dinikmati karena lebatnya pepohonan. Namun di malam hari, kamu bisa menikmati city light kota bandung di puncak bayangan gunung manglayang.

Selain itu, di situs wisata batu kuda juga indah. Di mana banyak terdapat pohon pinus yang bagus untuk berfoto ria. Kamu bisa mengikat hammock diantara pepohonan tersebut.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Manglayang
Kami akan estimasikan biaya perjalanan kami menuju ke gunung manglayang, dengan pilihan transportasi sepeda motor.

  • Bensin Sepeda Motor (Pertamax) = Rp. 60.000,- (PP)/Motor
  • Parkir sepeda motor = Rp. 5.000,-/motor
  • Simaksi / HTM = Rp. 10.000,-/pendaki
  • Logistik pendakian = Rp. 50.000,-/orang
  • Uang jajan = Rp. 50.000,-
Jadi total biaya mendaki gunung manglayang jika menggunakan sepeda motor adalah Rp. 175.000,-/ pendaki. Jika berboncengan tinggal dibagi biaya untuk bensinnya saja. Untuk yang menggunakan transportasi umum mungkin akan sedikit berbeda (lebih mahal).

Hal Yang Harus di Perhatikan Ketika Mendaki Gunung Manglayang
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan buat pendaki yang ingin hiking di gunung Manglayang via Batu Kuda ini. Berikut kami jelaskan:

  • - Dari jalan cagak cileunyi menuju batu kuda, tidak ada kendaraan seperti angkot. Hanya ada mobil pick up dan ojek motor.
  • - Sepanjang jalur pendakian Gunung Manglayang via Batu Kuda, tidak ada sumber air. Sumber air terakhir ada di wisata perkemahan batu kuda.
  • - Trek yang terjal membuat agak susah untuk mendaki. Disarankan tidak mendaki di saat turun hujan, karena jalannya yang licin dan berbatu.
  • - Untuk menikmati city light kota bandung, kamu harus turun ke puncak bayangan terlebih dahulu.
  • - Bawalah peralatan dan perlengkapan sesuai standar pendakian. Meskipun hanya memakan waktu 3 jam, tadi trek gunung ini terbilang sulit. Trek hampir sama dengan gunung cikuray.

Nah, itu dia catatan perjalan dan pendakian gunung manglayang, bandung. Semoga bermanfaat bagi semua pendaki yang ingin mencoba trek ekstrim gunung terendah di Bandung ini. Tetap jaga keselamatan, karena puncak hanyalah bonus.

Baca Juga:
5 Akun Instagram Pendaki Berhijab, Cantiknya Bikin Adem!
5 Kota di Pulau Jawa Dengan Pilihan Wisata Paling Menarik

Reaksi: