August 7, 2016

Info Wisata Ranto Canyon - Wisata Alam Tersembunyi di Brebes, Jawa Tengah

Info Wisata Ranto Canyon - Wisata Alam Tersembunyi di Brebes, Jawa Tengah


Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Ratusan wisata alam di Indonesia membuat banyak orang di dunia berbondong-bondong datang untuk berliburan di Indonesia. Saking banyaknya wisata yang ada, banyak wisata indonesia yang belum terekspose. Salah satunya adalah wisata alam yang berada di ujung barat jawa tengah, yaitu kabupaten brebes.

Wisata Ranto Canyon - Brebes (Doc: Ngadem.com)

Kabupaten brebes memang tidak terlalu dikenal secara luas. Kabupaten berada dihimpitan pebukitan yang membuatnya tidak terlalu dikenal. Tapi, jangan salah dengan kabupaten brebes, banyak wisata yang belum terlalu diekspose di kabupaten kecil ini.

Di daerah bernama Salem, Brebes, terdapat sebuah wisata bernama Ranto Canyon, yang menawarkan pesona alam tersembunyi yang indah. Ranto canyon hampir mirip dengan Grand Canyon yang berada di Pangandaran. Tempat ini masih asing, bahkan bagi orang-orang yang berada di daerah sekitar. Tapi pengelolaan wisata yang terbilang baru ini sudah bagus, dikelola oleh warga salem sendiri.
Perjalanan Menuju Ranto Canyon - Salem, Brebes
Karena letaknya di area pegunungan, Ranto Canyon memang cukup sulit dijangkau bagi wisatawan dari luar area. Jika kamu hendak mengunjungi tempat ini, Tim BM JanganLupaBahagia.com akan menjelaskan literary perjalanan menuju Ranto Canyon, Brebes. Sebagai patokan kami, kami akan memperkirakan perjalanan menuju Ranto Canyon dari Jakarta.
Perjalanan Jakarta - Ranto Canyon, Brebes via Pantura
Jika perjalanan menggunakan bus, silahkan naik bus malam jurusan purwokerto via pantura. Tapi, kamu harus turun di terminal Bumiayu. Butuh waktu sekitar 8-9 jam untuk menuju Bumiayu dari jakarta. Setelah sampai di terminal bumiayu, silahkan cari bis kecil jurusan ke Salem dengan ongkos sekitar Rp. 20.000,-. Setelah sampai, silahkan naik ojek menuju Ranto Canyon, tapi harus pinta-pintar nego harga karena jarak yang lumayan jauh.
Perjalanan Jakarta - Brebes via Selatan
Jika perjalanan menggunakan bus via jalur selatan, gunakan bus Sinar Jaya jurusan Cilacap/Wangon/ atau karang pucung dengan harga Rp. 80.000,-. Silahkan turun di desa Cilopadang (1 km dari kota Majenang). Jika sudah sampai di Cilopadang, naik ojek adalah pilihan tepat dengan biaya sekitar Rp. 50.000,- sampai Rp. 70.000,- karena memang jaraknya yang cukup jauh, sekitar 1 jam. Atau naik losbak/pick up dengan biaya sekitar Rp. 20.000,-/orang. Turun di pertigaan Salem.
Harga Tiket
Untuk masuk ke area ini, backpacker hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 0,- saja alias gratis!. Namun, untuk menikmati arum jeram atau rafting di Ranto Canyon, kamu hanya cukup mengeluarkan Rp. 30.000,-/orang, biaya tersebut sudah termasuk dengan peralatan safety dan pemandu.
Wisata Yang Ditawarkan
Wisata Ranto Canyon (Doc: YukTravelling.com)

Di Ranto Canyon, pengelola menawarkan wisata rafting atau raum jeram dengan harga yang cukup terjangkau bagi backpacker, hanya Rp.30.000,- saja. Wisatawan juga tidak dikenakan biaya tiket masuk Ranto Canyon. Kamu bisa menikmati pesona alam indah ala Grand Canyon Pangandaran di tempat tersembuyi ini.

Selain ada Ranto Canyon, di daerah Salem - Brebes menawarkan banyak wisata alam lainnya. Diantaranya adalah Waduk Malahayu, Hutan Pinus Gunung Lio, Ground Camping Lio, Terasering Pesawahan, dan lain-lain.

Nah, itu dia Info Wisata tersembunyi di Jawa Tengah. Ranto Canyon merupakan pilihan tepat bagi kamu kamu yang ingin merasakan wisata alam yang belum ramai dikunjungi ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini, #JanganLupaBahagia.