Seven Summits Jawa, 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Advertisement

7 Summits Jawa, 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa Yang Siap Kamu Daki

Pendakian sudah menjadi salah satu olahraga mainstream saat ini. Yap! Mendaki gunung sedang menjadi tren di kalangan pemuda pemudi saat ini. Bukan hanya pecinta alam, saat ini siapapun bisa menikmati indahnya berdiri di atas awan. Apalagi peralatan mendaki semakin canggih dan mudah didapat, tidak seperti zaman dahulu yang nyatanya pendakian hanya dilakukan oleh orang yang "nekat" saja.

Nah, buat para pemuda yang sering naik gunung pasti pernah dengar istilah seven summits kan? Yap, istilah seven summits atau tujuh puncak ini untuk menjelaskan gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia.

Tidak hanya menjelaskan 7 puncak tertinggi di dunia, di indonesia juga ada istilah seven summits of indonesia atau 7 puncak tertinggi di Indonesia, di mana gunung-gunung tersebut diambil satu per satu dari beberapa kepulauan di Indonesia.

Tapi, kali ini JanganLupaBahagia.com tidak akan menjabarkan 7 gunung tertinggi di Indonesia, melainkan seven summits of java atau 7 puncak atau gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung apa saja? Berikut daftar lengkapnya:

1. Gunung Semeru, 3676 MDPL


Mahameru dari Kalimati (inst: Ghulamsp)

Gunung Semeru merupakan gunung api aktif yang merupakan gunung dengan ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut, yang menjadikan puncaknya yang disebut mahameru menjadi puncak atau tanah tertinggi di pulau jawa. Gunung ini punya pesona keindahan yang sangat luar biasa. Di atas ketinggian gunung ini, terdapat danau yang dinamakan ranukumbolo, yang menjadi salah satu tempat paling romantis di gunung yang berada di Malang, Jawa Timur ini. Setiap tahunnya, pendaki gunung semeru terus bertambah, tidak hanya dari pendaki indonesia, pendaki mancanegara pun banyak yang ingin menaklukan gunung tertinggi di pulau jawa ini.


2. Gunung Slamet, 3428MDPL


Puncak Mt. Slamet (Doc: JanganLupaBahagia.com)

Gunung Slamet adalah gunung api aktif yang berada di area kabupaten banyumas, purbalingga, tegal dan pemalang. Gunung ini mempunyai ketinggian 3428 mdpl dan merupakan gunung tertinggi kedua di pulau jawa. Para pendaki bisa menuju puncak gunung ini melalui beberapa jalur, diantaranya jalur bambangan, jalur guci, tegal, kaliwadas, bumiayu, dan lainnya. Baca Info Pendakian Gunung Slamet.
3. Gunung Sumbing, 3372 MDPL



Kecantikan Gn. Sumbing dari Gn. Sindoro (Inst: ahmad_dailami01)

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Tegak setinggi 3.371 meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Bersama-sama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai "Kledung Pass".

4. Gunung Arjuno, 3339 MDPL


Doc: Wisata gunung

Gunung Arjuno (terkadang dieja Gunung Arjuna) adalah sebuah gunung berapi kerucut (istirahat) di Jawa Timur, Indonesia dengan ketinggian 3.339 m dpl. Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu
5. Gunung Raung, 3332 MDPL


Puncak sejati, Mt Raung (Inst: wafix__)

Gunung berapi kerucut ini terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung ini merupakan salah satu destinasi pendakian, karena jalur treknya yang dianggap menantang. Gunung raung mempunyai sebuah puncak yang sangat terkenal, yang disebut dengan puncak sejati. Gunung ini merupakan salah satu dari seven summits java.
6. Gunung Lawu, 3265 MDPL


Pendakian Mt Lawu (Inst Thoriq.ard)

Tepat di perbatasan Jawa Tengah (Kabupaten Wonogiri) dan Jawa Timur (Kabupaten Magetan), berdiri tegar Gunung Lawu. Gunung ini memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumling dan Puncak Hargo Dumilah. Di antara ketiga puncak tersebut, Puncak Hargo Dumilah merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3,265 mdpl. Jalur menuju puncak Gunung Lawu sebagian besar telah tertata dengan baik, membuat gunung ini menjadi salah satu gunung favorit oleh para pendaki pemula karena relatif tidak sulit mencapai puncak tertingginya. Untuk mencapai puncak Gunung Lawu, ada tiga jalur yang dapat digunakan. Jalur Selatan melalui Cemoro Sewu, jalur Barat melalui Cemoro Kandang, dan jalur Srambang yang jarang dilalui orang yang tidak mengenal baik jalur ini.

Uniknya gunung in, ada sebuah warung yang sangat dikenal oleh para pendaki gunung lawu, yaitu warung mbok yem.

7. Gunung Welirang, 3156 MDPL


Arjuno-Welirang, si kembar (Inst: zeirsya)

Gunung terakhir yang tingginya 3.156 mdpl ini, meski tingginya tidak sama, letaknya yang berdekatan dengan Gunung Arjuna membuat Gunung Welirang mendapatkan julukan sebagai saudara kembar Gunung Arjuna. Dalam bahasa Jawa, "Welirang" berarti belerang. Ini dapat dilihat pada puncak Welirang yang diselimuti asap putih dari kawahnya yang menyemburkan belerang.


Nah, itu dia daftar lengkap seven summits of java atau 7 puncak tertinggi di pulau jawa. Ada yang sudah menaklukan 7 puncak gunung tetringgi di pulau jawa ini?

Biar Nggak setres! Baca juga:

Pendaki Cantik, Resti Pramandani

Farah Tasya Novana, Bidadari Lapangan Futsal dan Pecandu Ketinggian [Traveler Profile]
Advertisement

Penulis : Hafid Maulana
Judul : Seven Summits Jawa, 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments