December 7, 2016

4 Aplikasi Smartphone yang Bisa Bantu Kamu saat Mendaki Gunung

Kamu berencana Mendaki Gunung? Install Aplikasi ini di Smartphone Kamu. Semoga Membantu!

Zaman semakin berubah, peralatan semakin canggih yang tentunya bisa membantu kamu menyampaikan hobi. Kalau zaman dulu, kata orang mendaki itu cukup sulit karena akses dan juga peralatan yang tidak secanggih saat ini. Tapi, saat ini semuanya berubah dengan alat dan penunjang yang semakin berkembang. Menyampaikan hobi semakin gampang, termasuk kegiatan survival yang hampir semua orang bisa melakukan kalau memang merasa mampu, termasuk mendaki gunung.



Setelah sebelumnya, JanganLupaBahagia.com memberikan tips mengenai aplikasi wajib untuk traveling, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi smartphone yang bisa membantu kamu menunjang hobi mendaki gunung atau kegiatan di alam bebas lainnya. Setidaknya ada 4 aplikasi yang kami sarankan untuk menunjang aktivitas atau hobi kamu naik gunung. Berikut aplikasi-aplikasi smartphone android & iOS tersebut.

1. Freemeteo


Freemeteo App

Aplikasi Freemeteo ini mungkin bisa membantu kamu dalam mengetahui prakiraan cuaca ataupun suhu di gunung yang kamu rencanakan untuk didaki. Aplikasi gratisan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui suhu udara hari ini maupun beberapa hari ke depan.

Freemeteo disarankan karena mengulas informasi yang cukup lengkap, meskipun kita mencari info suhu gunung terkini. Tinggal cari nama gunungnya, kamu akan mendapatkan informasi suhu gunung terbaru dari Freemeteo. Freemeteo juga bisa kamu akses melalui mobile browser.

Baca: Profil Pendaki Cantik

2. BackCountry Navigator


BackCountry Navigator Pro Apk

Mungkin belum banyak yang tahu tentang aplikasi smartphone yang menurut kami sangat membantu ini. Aplikasi ini memang hampir mirip dengan Google Maps, namun kelebihannya adalah terletak pada fitur offline mode dan detail ketinggian tanah tempat kamu berdiri.

Jadi sebelum kamu mendaki gunung, kamu disarankan untuk mendownload area gunung di aplikasi tersebut, sehingga bisa kamu gunakan saat mendaki yang notabene tidak bisa menemukan signal internet. Back Country Navigator ini juga ada fitur kompasnya. Aplikasi ini juga sempat saya gunakan saat mendaki gunung burangrang, dan berjalan dengan baik.

3. Muncak (Karya Anak Bangsa)

 
Aplikasi Muncak, Karya Anak Bangsa!

Nah ini dia aplikasi karya anak bangsa, yang memang diperuntukan untuk para pendaki gunung indonesia. Namanya Muncak App. Dengan aplikasi ini, para pendaki bisa berbagi pengalaman mendaki di profil penggunanya masing-masing. Selain itu, buat kamu yang ingin cari teman mendaki (cari barengan) juga bisa.

Aplikasi karya anak bangsa ini sudah bisa didownload secara gratis dalam versi alpha di Play Store kamu. Meskipun kami masih menemukan beberapa kelemahan ataupun bugs dalam aplikasi ini, tapi aplikasi ini patut kamu coba.


4. MeetUp



Ist. MeetUp Android App

Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi Muncak. Pengguna bisa membuat sebuah trit/thread di aplikasi ini untuk mencari teman traveling ataupun mendaki. Aplikasi ini juga cukup populer dikalangan traveler yang ingin mengadakan open trip.


Itu dia 4 rekomendasi aplikasi android dan iOS yang sekiranya bisa membantu kamu dalam kegiatan ekspedisi naik gunung. Walaupun tidak menjamin keselamatan kamu, tapi setidaknya bisa dicoba mumpung gratis :D. Mungkin ada tambahan dari para pendaki? Yuk kasih tahu kami di kolom komentar. Semoga bermanfaat :)

Baca juga:



5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Papandayan
5 Wisata Curug Terpopuler di Kabupaten Bogor