December 13, 2016

Foto Terbaik Nat Geo di Tahun 2016, Salah Satunya di Indonesia

Foto-Foto Alam dan Lingkungan Hidup Terbaik National Geographic di Tahun 2016, Ada yang Berlokasi di Indonesia lho!

Beruang Alaska
Salah satu foto terbaik 2016, Beruang Alaska/Natgeo - AARON HUEY
National Geographic akhirnya merilis foto-foto terbaik karya photographers mereka selama tahun 2016 desember, pada beberapa hari kemarin. Foto yang terkumpul lebih dadri 2 juta selama tahun 2016, dikurasi menjadi 91 foto terbaik dan 107 tema foto. Yang menarik, salah satu foto terbaiknya ada yang berlokasi di Indonesia lho!, adalah foto karya Tim Laman yang memang sudah bertahun-tahun mengamati Orang Utan di Borneo.

Berikut foto-foto terbaik selama tahun 2016, yang dikutip JanganLupaBahagia.com dari laman resmi website National Geographic.
1. The Rooftopers, Rusia - Desember 2016
Foto Terbaik tahun 2016
The Rooftopers/Nat Geo- GERD LUDWIG
Foto ini diambil di rooftop sebuah gedung di rusia oleh photographer bernama Gerd Ludwig. Foto tersebut menampilkan seorang pemuda dan photographer bernama Kirill Vselensky yang merupakan 'pemburu' foto di rooftop.
2. Wood River -Agustus 2016
Foto terbaik national geographic 2016
Wood River/Nat Geo - RANDY OLSON
Randy Olson berhasil memasukan salah satu fotonya ke dalam foto terbaik tahun 2016 versi nat geo. Foto tersebut memperlihatkan ribuan burung bangau di sebuah sungai, dengan berlatar sebuah petir di petang hari. 
3. Human and Shark, Juni 2016
Shark - Foto Terbaik tahun 2016 national geographic
Shark / Nat Geo - BRIAN SKERRY
Seorang diver sangat dekat dengan seekor Hiu, dan  terlihat tidak ada rasa khawatir sedikitpun. Foto ini diambil oleh Brian Skerry pada bulan Juni.
4. Panda - Agustus 2016
Panda China - National Geographic
The Panda/ Nat Geo - AMI VITALE
Foto Panda bernama Ye Ye yang berusia 16 tahun ini adalah karya luar biasa dari photographer Nat Geo bernama Ami Vitale, dan berhasil masuk foto terbaik tahun 2016 bertema animals.
5. Eye-care workers - September 2016
Indian Nat Geo 2016
Nat Geo - BRENT STIRTON
Foto yang menampilkan 2 orang pekerja kesehatan mata dan 2 orang pasien asal india ini juga masuk dalam foto terbaik versi national geographic tahun ini. Karya: Brent Stirton.

Artikel menarik: [Foto] Bukti Bahwa Gunung Tempat Terbaik Melihat Jutaan Bintang
6. Orang Utan - Desember 2016
Foto orang utan kalimantan borneo
Orang Utan/Nat Geo - TIM LAMAN
Tim Laman adalah seorang photographer nat geo yang sudah bertahun-tahun memotret orang utan di kalimantan dan sumatera. Foto di atas dinobatkan sebagai salah satu foto terbaik tahun ini versi National Geographic. Di mana memperlihatkan orang utan yang menaiki sebuah pohon tinggi di hutan tropis borneo.
7. Yoina Mameria Nontsotega - Juni 2016
Natgeo Pictures of the year
Yoina Mameria Nontsotega/Nat Geo-CHARLIE H.J
Yonia adalah seorang gadis asal peru. DIa menjadi gadis iconic yang tinggal di daerah kawasan Yomibato River. Foto potrait ini diambil oleh seorang fotografer bernama Charlie Hamilton.
8. Kura-Kura - Februari 2016
Pics Nat Geo 2016
Kura-Kura/ Nat Geo-THOMAS PESCHAK
Foto karya Thomas Peschak ini memperlihatkan beberapa ekor kura-kura yang berlindung di bawah tanaman dari panas matahari yang bisa membakar kulit tempurung mereka.
9. Atraksi - Oktober 2016
Fliping/Nat Geo - COREY ARNOLD
Corey Arnold berhasil mengabadikan atraksi flipping seorang bernama Steven Donovan saat di Glacier National Park. Keren kan!
10. Pemburu Liar Badak - Oktober 2016
Perburuan Liar Badak/Nat Geo-BRENT STIRTON
Perburuan liar di afrika selatan masih saja terjadi. Brent Stirton menemukan seekor badak tewas oleh perburuan liar dan mengambil culahnya. Diperkirakan hanya tersisa 5.000 ekor saja sampai saat ini.

Sebenarnya masih banyak lagi foto-foto terbaik yang sudah dikurasi di NationalGeographic.com, yang kira-kira masih ada 60 foto lagi. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi website resminya.

Source: http://www.nationalgeographic.com/photography/best-photos-2016

Baca juga: