Cara Packing Tas Carrier Beserta Urutannya

Editor: Tim BM

January 18, 2017

Biar Engga Salah, Ini Cara Packing Tas Carrier Untuk Kenyamanan Mendaki Gunung Lengkap dengan Urutannya

Kenyamanan saat mendaki gunung adalah yang nomer satu, apalagi kita membawa tas gunung yang kapasitasnya bisa mencapai 100 liter. Kalau nggak nyaman membawa tas carrier atau tas gunung yang kita bawa, resiko capek berlebih, repot saat mengeluarkan barang dan bahkan cidera bisa saja terjadi.

Tips Packing (Doc: Tim BM)

Melakukan packing dengan rapih dan sesiap mungkin sangat penting dilakukan sebelum mendaki. Bahkan beberapa pendaki seperti Tim BM janganlupabahagia.com, selalu melakukan packing ulang saat di basecamp pendakian. Kali ini, kami akan memberikan tips dan trik khusus untuk pendaki pemula secara singkat dalam melakukan packing tas gunung agar kamu tidak salah packing:

Umumnya, jika kamu melakukan pendakian bersama kelompok, setidaknya ada 1 orang yang membawa tas gunung kapastitas bedar (tas carrier). Hal ini dikarenakan tas tersebut digunakan untuk membawa sebagian besar perlengkapan dan peralatan mendaki seperti tenda, air, logistik, dan lain-lain. Maka dari itu, jika packing tidak dilakukan dengan benar, resiko tas rusak atau pun repot saat mengeluarkan barang bawaan.
1. Lapisi Bagian Dalam Carrier dengan Trashbag
Melapisi bagian dalam tas carrier dengan menggunakan trashbag ukuran besar berguna agar tas bagian dalam tidak basah saat basah karena hujan. Sehingga menurunkan resiko barang bawaan anda dalam tas menjadi basah saat hujan.
2. Gunakan Matras Sebagai "Penyangga"
Menggunakan matras sebagai penyangga harus dilakukan. Satu matras pun sudah cukup agar carrier bisa berdiri kokoh dan nyaman saat digunakan. Caranya adalah dengan mengubah matras menjadi bulat, dan memasukannya ke dalam tas carrier yang masih kosong. Jadi, matras tersebut akan menjadi pelapis bagian dalam tas gunung anda.
3. Penempatan barang yang pas
Umunya tas carrier berukurang besar terbagi dalam 2 sampai 3 bagian. Untuk yang mempunyai 3 bagian, bagian paling bawah digunakan untuk menyimpan tenda camping. Kami akan mencontohkan yang biasa kami lakukan.

Jika kamu membawa beberapa peralatan mendaki seperti Tenda, Sleeping Bag, Peralatan Masak, Logistik, baju dan jaket, serta perlengkapan lainnya. Maka tarulah barang yang sekiranya tidak dipakai dari bagian paling bawah tas.

Contohnya: (Lihat gambar)
Doc: Tim BM (original bag: Avtech)

Note: Air atau matras tambahan bisa kamu taruh di tas bagian samping. Yang penting tas tetap seimbang.
4. Usahakan Tas Tetap Seimbang
Maksudnya seimbang adalah, tas tidak berat ke kanan atau pun ke bagian kiri. Hal ini sangat penting agar pundak atau bahu anda tidak sakit saat menggunakan tas. Tipsnya sederhana, jangan berikan ruang kosong di bagian dalam tas. Dan bendar yang ditaruh di dalam harus seimbang bertanya kiri dan kanan. Jika ada air bagian kiri tas, maka di bagian kananpun harus diisi oelh benda yang sama beratnya. Paham?
5. Tutup Bagian Luar Tas dengan Cover Bag
Selalu bawa penutup tas bagian luar atau cover bag. Untuk menghindari kotor dan atau basah. Dan lebih baik gunakan cover bag yang agak tebal dan kedap air.

Nah, itu dia tips khusus pemula dalam mem-packing tas carrier atau tas gunung secara efektif dan benar. Semoga bermanfaat :)

Baca juga:
Sisi Romantis Sebuah Gunung, Yakin Nggak Mau Naik Gunung Bareng Doi? [Foto]
5 Pendaki Gunung Indonesia yang Unik dan Inspiratif

Reaksi: