Inilah 6 Gunung Jawa Paling Ramai Pendaki saat Libur Panjang

Advertisement

6 Gunung di Jawa Ini banyak Dikunjungi Pendaki Saat Libur Panjang, Sampe Mendirikan Tenda pun Susah!

Gunung Prau Foto
Doc: rizanfzy
Pulau jawa merupakan pulau dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Tak heran kalau banyak sekali kota-kota besar yang ada di pulau yang juga dihuni oleh ibukota negara ini. Tapi jangan salah, pulau jawa juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik dan masih asri untuk dikunjungi, meskipun sudah dihuni jutaan orang. 

Salah satunya adalah wisata gunung indonesia. Yap! Gunung-gunung indonesia, khususnya di pulau jawa sudah mulai ramah dikunjungi para pendaki. Bahkan saat musim libur tiba, sebagian gunung-gunung di pulau jawa padat dikunjungi. Setidaknya ada 5 gunung yang menurut Tim BM janganlupabahagia.com sangat ramai didaki apabila musim libur panjang. Berikut ulasannya:
1. Gunung Prau, Jawa Tengah
Gunung Prau ramai pendaki
Doc: karpalawanabaja.files.wordpress.com
Gunung Prau, wonosobo merupakan salah satu gunung di pulau jawa yang menjadi destinasi favorite pendakian. Bukan hanya di musim libur panjang, di hari-hari biasapun selalu ramai di kunjungi oleh para pendaki. Bahkan jika musim liburan, mendirikan tenda di camp area prau pun agak susah karena banyaknya tenda yang berdiri. Wajar memang, mengingat view yang ditawarkan gunung dieng ini memang mempesona. Dari puncaknya, wisatawan bisa melihat gunung sindoro, gunung sumbing, gunung slamet, merbabu hingga merapi
2. Gunung Papandayan, Jawa Barat
Pondok Saladah
Pondok Salada (doc: beritabuana.co)
Gunung yang ada di kabuaten garut, jawa barat ini juga menjadi salah satu gunung favorite pendaki di area jawa. Gunung papandayan yang memiliki ketinggian 2665mdpl ini memang terkenal akan pesona edelweis tegal alunnya. Mulai dari yang sudah profesional hingga pendaki pemula sering mengunjungi tempat ini.  Menurut data pariwisata garut, setiap tahunnya wisatawan gunung papandayan selalu meningkat. Baca; Pendakian Papandayan 2017
3. Gunung Semeru, Jawa Timur
Camping Ranukumbolo
Ranukumbolo, Semeru (Doc: Detik Travel)
Entah apa yang terjadi dengan gunung tertinggi di pulau jawa ini, gunung semeru. Gunung yang notabene cukup lelah untuk didaki ini justru banyak dikunjungi pendaki, baik pemula maupun profesional. Pesona ranukumbolo dan puncak mahameru-nya lah yang mungkin jadi alasan kenapa gunung ini selalu penuh sesak dikunjungi saat musim libur. Hmmm, efek film 5cm luar biasa yah? :)
4. Gunung Guntur, Garut - Jawa Barat
Garut Guntur
Ist Youtube/HafidMaulana
Gunung guntur dianggap sebagai litle Rinjani. Gunung yang ada di Kabupaten Garut ini memang tidak terlalu tinggi, tapi punya trek yang lumayan melelahkan untuk sampai puncak. Pengalaman Tim BM JanganLupaBahagia.com saat mendaki gunung guntur pada musim liburan ternyata diluar dugaan, banyak sekali tenda berdiri di gunung yang memiliki 5 puncak ini. Padahal area camping yang berada di Pos 3 ini tanahnya tidak rata.
5. Gunung Merbabu, Jawa Tengah
Gunung Merbabu
Doc: Ahmad Pajali Banzah
Punya sabana yang luas dan pemandangan yang super ciamik, membuat gunung merbabu menjadi salah satu gunung yang selalu ramai dikunjungi para pendaki gunung Indonesia. Yap! gunung ini menjadi salah satu dari gunung favorite pendakian, termasuk favorite mimin :D.
6. Gunung Gede, Jawa Barat
Surya Kencana
Ist Youtube/Mad Sandy
Jaraknya yang dekat dengan kota Jakarta memuat taman nasional gunung gede - pangrango selalu ramai didaki oleh para pendaki, baik dari jabodetabek maupun daerah lainnya. Bukan hanya saat libur panjang, tapi juga di weekend biasa, untuknya surya kencana cukup luas dan mampu menampung banyak tenda. Gunung ini juga sering dijadikan tempat pelatihan bagi peserta mapala di setiap kampus, jadi wajar kalau selalu ramai didaki. Tapi pihak taman nasional membatasi jumlah pendaki setiap harinya.

Baca Juga:
Advertisement

Penulis : Hafid Maulana
Judul : Inilah 6 Gunung Jawa Paling Ramai Pendaki saat Libur Panjang
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments