Camping di Pulau Kotok – Wisata Backpacker Kepulauan Seribu (Transportasi & Biaya)

Advertisement

Camping di Pulau Kotok – Kepulauan Seribu, Cerita Perjalanan Backpacker (Transportasi & Biaya)


JanganLupaBahagia.com – Pulau kotok merupakan salah satu pulau eksotis yang ada di kepulauan seribu, Jakarta. Pulau ini memang terbilang masih asing dan memang belum banyak diketahui para pejalan. Pulau tak berpenghuni ini kuranh dikelola dengan baik, meskipun terlihat memang ada beberapa penginapan di pulau tersebut, tapi sudah tidak disewakan dan lapuk.


Pulau Kotok (Doc: Hafid Maulana)

Pada tanggal 6 mei 2017 yang lalu, kami dari Tim BM JanganLupaBahagia.com bersama Kemangteer Jakarta melakukan perjalanan menuju Pulau Kotok. Bukan hanya untuk berlibur saja, acara ini juga diselenggarakan dengan tujuan penanaman pohon bakau mangrove di pulau tersebut. Kami memulai perjalanan dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke dengan jumlah peserta sekitar 15 orang.

Transportasi ke Kali Adem

Stasiun terdekat untuk menuju Kali Adem adalah stasiun Kota, dari stasiun kota kamu bisa menaiki bus Kopami 02 jurusan Senen – Muara karang dan bias turun di dekat muara angke. Setelah itu bisa menaiki kendaraan yang menuju kali adem.
Terminal bus terdekat adalah terminal grogol, di mana orang dari luar daerah bisa turun di terminal grogol. Dari terminal grogol, kamu bisa menaiki angkot menuju pluit lalu dilanjutkan menaiki angkot ke muara angke.

Memulai Perjalanan ke Pulau Kotok

Untuk menuju ke pulau kotok – kepulauan seribu, pejalan harus menaiki kapal dari pelabuhan kali adem yang menuju ke Pulau Pramuka terlebih dahulu. Untuk biaya, dikenakan tarif Rp. 47.000,-/orang termasuk asuransi jasa raharja. Dari pelabuhan Kali Adem Muara angke menuju ke Pulau Pramuka memakan waktu sekitar 1,5 sampai 3 jam. Sebagai informasi, kapal menuju ke Pulau Pramuka tersedia dari jam 6 sampai jam 7.30 saja.
Setelah sampai di pulau Pramuka, kami sudah di jemput oleh kapal kecil yang sudah kami sewa sebelumnya. Kapal tersebut bisa memuat hingga 25 orang lebih, dan tentu aman untuk dinaiki. Biaya untuk sampai ke Pulau Kotok adalah sekitar Rp. 30.000,- sampai Rp.50.000,- per orang (Tergantung negosiasi dan banyaknya perserta dalam kelompok). Butuh sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke Pulau Kotok ini.

Biaya Camping
Pulau kotok tidak dihuni oleh banyak orang, hanya ada 3 sampai 5 orang yang memang mengelola pulau tersebut. Karena kami memang berniat untuk mendirikan tenda camping, kami harus dikenakan tarif Rp. 25.000,-/orang di sana. Namun sudah tersedia air bersih untuk mandi, meskipun memang sedikit asin.

Eksotisme Pulau Kotok


Keindahan dan eksotisme Pulau Kotok memang sesuai dengan ekspetasi Tim Bm. Pulau nya memang masih sangat bersih, dan air laut juga masih sangat jernih. Terdapat sebuah area yang mirip seperti laguna, dan airnya sangat jernih. Terdapat beberapa spot yang memang sangat asyik untuk dijadikan tempat snorkeling.

Di pulau ini juga terdapat sebuah saung untuk bersantai dan untuk menikmati indahnya pulau tersebut. Air bersih di sini diambil langsung oleh pengelola, meskipun airnya memang sedikit asin. Ketersediaan listrik juga dibatasi mulai dari jam 7 malam sampai jam 12 malam saja.

Keindahan Bawah Laut Area Pulau Kotok

Dalam kesempatan liburan ini, Tim BM juga berkesempatan untuk melihat keindahan laut Indonesia dengan cara Snorkeling. Dengan menggunakan kapal dan alat snorkeling yang sudah kami sewa, kami kembali berlayar dan mencari spot snorkeling di sekitar pulau kotok.

Setelah sekitar 200 meteran dari Pulau Kotok, kami langsung menyipkan alat snorkeling dan menikmati keindahan laut pulau kotok.

Hal Yang Harus Diperhatikan
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Pulau kotok tidak ada berdirinya warung, jadi kita harus mempersiapkan logistik secukupnya untuk kebutuhan camping di pulau kotok
- Tidak ada sumber air bersih untuk minum, harap beli air galon di pulau pramuka, Rp. 25.000,-/gallon
- Bawa obat-obatan yang diperlukan
- Perhatikan saat sedang bermain air di pulau kotok, terdapat banyak bulu babi


Estimasi Biaya

Kami coba rincikan biaya relatif yang kami keluarkan, biaya ini tergantung dari berapa banyak orang yang anda bawa ke pulau kotok. Karena semakin sedikit orang yang dibawa, makan biaya ojek kapal akan semakin mahal.

- Kapal Kaliadem – Pulau Pramuka : Rp. 47.000,-/orang
- Kapal Pulau Pramuka – Pulau Kotok: Rp. 30.000,-/orang jika banyak orang, atau Rp. 450.000,- ribuan untuk pejalan yang sedikit.
- Kapal Pulau Pramuka – Kaliadem (Pulang): Rp. 45.000,-/orang
- Biaya Camping: Rp. 30.000,- / orang
- Logistik: Rp. 50.000,-/orang
- Alat Snorkeling: Rp. 25.000,-/orang
- Biaya Tak Terduga: Rp. 100.000,-/orang

Note: Biaya ini realtif, semakin banyak membawa orang maka akan semakin murah.

Selesai sudah cerita perjalanan kami camping di pulau kotok dan semoga tips-tips yang kami berikan bermanfaat untuk kalian-kalian yang akan melakukan liburan ke pulau kotok. Oh iyaa ! tetap jaga kebersihan, jangan di kotorin yah tempat nya buat anak cucu kita nanti bisa nikmatin juga. kalau tidak bisa memperbaiki setidaknya kita hanya perlu menjaga.

Baca Juga:
  Camping Pulau Perak
5 Wisata Pantai Terpopuler di Banten
Advertisement

Penulis : Hafid Maulana
Judul : Camping di Pulau Kotok – Wisata Backpacker Kepulauan Seribu (Transportasi & Biaya)
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments