August 31, 2017

Catatan Info Pendakian Gunung Gede Pangrango - Cianjur Jalur Gunung Putri


Gallery - Geser Untuk lihat lainnya

Ads

Info Jalur Pendakian, Transpotasi Jakarta dan Biaya Gunung Gede Pangrango - Bogor, Jawa Barat

Gunung Gede - Pangrango terletak di antara daerah Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Gunung dengan ketinggian 2985 mdpl ini menjadi gunung populer untuk pendaki dari Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Gunung tertinggi kedua setelah gunung ciremai di Jawa Barat ini kami mendaki pada September November 2014 yang lalu. Tim BM janganlupabahagia.com berangkat dari Jakarta.


Untuk mendaki Gunung Gede - Pangrango di berlakukan sistem booking online. Pemesanan booking antara 3 sampai 30 hari sebelum pendakian. Jumlah pendakii untuk gunung ini dibatasi, hanya 600 per malam dengan rincian: 300 melalui jalur Cibodas, 200 jalur Gunung Putri, dan 100 jalur Selabintana. Info lebih lengkap silahkan lihat website taman nasioal gede pangrango.
Sekilas Mengenai Keberangkatan Dari Jakarta
Jika anda ingin menggunakan bis dari jakarta, anda naik dari terminal kampung rambutan dengan menggunakan bus arah ke Cianjur. Biayanya adalah sekitar Rp. 40.000,- . Anda turun di Pasar Cipanas setelah itu naik angkutan umum ke Taman Nasional Cibodas dengan harga Rp. 25.000/orang.
Karena jaraknya yang dekat dari jakarta, kami sendiri memutuskan untuk meggunakan sepeda motor. Kami berangkat pagi buta sekitar pukul 04.00 untuk menghindari kemacetan. Untuk yang membawa sepeda motor, anda bisa parkir di area pedagang dekat taman nasional dengan biaya parkir Rp. 10.000,-/motor
Simaksi dan Persiapan Pendakian
Untuk simaksi, seperti dijelaskan di atas anda harus booking dan mengurus simaksi 3 sampai 30 hari sebelum mendaki. Lebih cepat lebih baik karena pendaki dibatasi setiap harinya. Anda perlu membayar tiket atau biaya simaksi gunung gede sebesar Rp. 50.000,- per pendaki untuk pendaftaran online. Atau on the spot sekitar Rp. 75.000,-/pendaki.
Persiapan sebelum mendaki, anda akan berada di basecamp pendaki dulu dan mengurus semua formulir dan copy KTP yang dititipkan kepada polisi hutan dan petugas taman nasional Gede Pangrango.
Mulai Pendakian Jalur Gunung Putri
Pendakian awal gunung gede berupa jalan setapak yang melintasi kebun warga. Jalur akan semakin menanjak dan melintasi akar-akar pepohonan setelah beberapa jam pendakian. Suasana hutan semakin lebat , setelah berjalan sekitar 1,5 jam akan sampai di Pos Legok Lenca diketinggian 2.150 mdpl.
Pos berikutnya adalah Buntut Lutung yang berada di ketinggian 2.300 mdpl. Tempat ini agak lega sehingga bisa beristirahat rame-rame setelah melintasi jalur sempit. Jarang sekali ada pendaki yang membuka tenda di pos-pos di sepanjang jalur gunung putri. Selain tempatnya sempit dan tidak ada sumber air, pendaki lebih suka bersusah payah sekuat tenaga untuk sampai di Alun-Alun Surya kencana dan berkemah di sana.
Sebelum sampai di Surya Kencana kita masih harus melewati dua pos lagi yakni Pos Lawang Seketeng dan Pos Simpang Maleber. Jalur tersebut cukup terjal dan semakin menguras tenaga Tim BM.

Pos yang ada berupa bangunan untuk duduk yang dilengkapi dengan atap yang disangga satu tiang seperti payung. Seperti pos-pos yang lainnya tiang penyangga atap sudah roboh semua. Dari Pos Simpang Maleber lintasan sudah landai alun-alun Surya Kencana sudah nampak di depan mata. SuKen cukup luas dan bisa dipenuhi berpuluh tenda para pendaki.

Selanjutnya dari Km-0 kita kekanan mendaki bukit terjal berbatu yang banyak di tumbuhi edelweis untuk menuju puncak gunung Gede. Setelah 1 jam lebih pendakian, akhirnya kami sampai di puncak gunung gede.
Puncak Gunung Gede
Puncak gunung gede tidak terlalu lapang, namun kita tetap bisa menikmati keindahan alam gunung gede yang cukup enak dipandang mata. Namun hati-hati karena puncak dekat dengan bibir kawah yang berbahaya.

Estimasi Biaya Pendakian Gunung Gede dari Jakarta
Seperti biasanya, kami akan merilis biaya pendakian gunung gede dari jakarta. Biaya ini relatif, tergantung dari anda dan kelompok pendakian anda. Usahakan biaya yang kalian keluarkan lebih besar sedikit dari biaya kami.
  • Bis Jakarta - Bogor PP : Rp. 80.000,-
  • Angkot ke Gn Putri PP : Rp. 50.000,-
  • Simaksi: Rp. 75.000,-/Pendaki
  • Logistik: Rp. 100.000,-/Pendaki
  • Biaya Lainnya: Rp. 50.000,- (dana tak terduga)
Jadi total biaya yang kami keluarkan adalah sekitar Rp. 355.000,-/pendaki.

Nah itu dia info catatan mendaki gunung gede pangrango via gunung putri lintas cibodas. Ada yang ingin menambahkan? Yuk berkomentar.

Baca juga

Disqus Comments