Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Guntur - Garut

Editor: Tim BM

September 26, 2017

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Guntur

Gunung guntur merupakan salah satu gunung api yang berada di kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2050 mdpl ini menjadi salah satu destinasi wisata gunung populer di kalangan pendaki.


Gunung ini bisa ditempuh dari beberapa jalur, jalur yang paling populer dan paling ramai dilewati pendaki adalah jalur pendakian guntur via citiis. Hal ini dikarenakan akses transportasi yang terbilang paling mudah apabila menuju gunung guntur ini. 

Sebelum kamu merencanakan pendakian menuju gunung guntur, kamu harus tahu dulu kondisi-kondisi yang ada digunung guntur. Kami Tim BM kali ini akan membagikan pengalaman dan tips yang harus kamu ketahui sebelum kamu merencanakan pendakian menuju gunung guntur. Berikut ulasan dan hal yang harus diketahui sebelum mendaki gunung guntur menurut versi JanganLupaBahagia.com:

1. Transportasi


Transportasi menuju gunung guntur yang berada di kabupaten garut ini terbilang mudah. Jika kamu datang dari luar kota seperti jakarta dan bandung, kamu bisa menaiki bis antar kota dengan tarif paling mahal adalah Rp. 55.000,-/ penumpang.

Kamu bisa minta untuk turun di pom bensin gunung guntur, atau tinggal minta kepada kondektur bis untuk diturunkan di pom bensin guntur. Jangan sampai kamu terlewat hingga ke terminal guntur, karena kamu akan rugi biaya dan waktu.

Dari pom bensin tersebut, anda cukup menaiki mobil pick up dengan harga Rp. 10.000,-/pendaki ataupun menumpang truk pengangkut pasir yang banyak melintas menuju gunung guntur.

Kalau kamu ingin mengendarai kendaraan pribadi, bisa saja karena jalan tidak begitu jelek seperti menuju gunung cikuray. Kamu bahkan tetap aman jika mengendarai sepeda motor menuju gunung guntur, dan bisa menitipkan di parkiran warga setempat. 

Baca: Pendakian Gunung Guntur Via Citiis

2. Sumber Air



Doc: Instagram nengsriuhara_

Sumber air yang ada cukup melimpah, namun hanya sampai di pos 3 saja atau pos area camping. Di sana ada air yang mengalir deras di sungai disekitaran pos 3. Di sepanjang trek pendakian gunung guntur pun banyak ditemui sumber air maupun selang air warga yang bisa kamu gunakan. 

Namun tidak ada lagi sumber air ketika kamu summit atau menuju puncak. Jadi alangkah baiknya kamu mengambil air dulu di pos 3 sebelum kamu melakukan summit.

3. Area Camping


Area pendirian tenda pendaki sebenarnya cukup luas, namun sayang tanah berbatu dan menyebabkan agak susah untuk menancapkan pasak tenda. Selain itu yang lebih parah lagi, bidang tanah benar-benar miring. Jadi jika kamu kehabisan lahan untuk mendirikan tenda, kamu harus mendirikan tenda di area yang cukup miring.

Selain itu, gunung ini sangat gundul termasuk di area camping. Untuk itulah banyak kabar jika di gunung ini banyak pendaki yang terkena petir, karena memang area camping sangatlah gundul.

4. Suhu Gunung Guntur


Suhu di gunung ini ketika kami mendaki gunung cukup panas, baik siang walaupun malam. Bahkan ketika malam hari yang harusnya bersuhu dingin, ini justru cukup panas. Padahal waktu itu kami mendaki saat musim hujan.

5. Summit


Doc: Instagram Dejum_

Banyak yang berkesimpulan kalau gunung guntur memiliki 3 puncak. Namun ketika kami menanyakan kepada warga sekitar, ada yang bilang bahwa gunung tersebut punya puncak sebanyak 5. Namun yang bisa diakses hanya 3 saja, karena menurut warga sekitar, jarang yang bisa mencapai puncak 4 dan 5 karena kehabisan air maupun kelelahan. 

Tips! Gunakan masker saat mendaki menuju puncak gunung guntur, karena trek sangat berdebu seperti trek gunung merbabu.

6. Pedagang dan Rumor banyaknya Pencuri

Sama halnya seperti saat kami mendaki gunung papandayan, di gunung guntur juga banyak sekali pedagang yang berjualan makanan maupun rokok. Bahkan di pos camping, banyak pedagang asongan yang menjual minuman dingin dan rokok. Tapi tentunya dengan harga yang sedikit berbeda ya.

Selain itu banyak rumor berkeliaran bahwa di gunung ini sering terjadi pencurian dengan cara menyilet tenda. Jadi jika tim kamu akan melakukan summit, alangkah baiknya ada satu teman yang menjadi tenda, atau kalian packing ulang saja tenda ke dalam tas carrier dan dititipkan kepada pos pantau yang ada di pos 3. 

Itulah 6 hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendaki gunung guntur di jawa barat. Semoga bermanfaat bagi semua pendaki dan pembaca janganlupabahagia.com

Baca juga: Trek Pendakian Gunung Papandayan Garut

Reaksi: