"Taksi Orang" di Jalur Pendakian Gunung Ijen, Tarif Sampai 1,2 Juta!

Editor: Tim BM

November 14, 2017

Wisata Gunung Ijen Jadi Ladang Uang Untuk Masyarakat Sekitar



Pernah kebayang kalau bakalan ada taksi di gunung? Nyatanya kini memang ada. Gunung Ijen, sebuah gunung yang berada di kabupaten banyuwangi ini adalah salah satu bukti kalau saat ini gunung menjadi ladang penghasilan bagi masyarakat sekitar. 


Gunung Ijen saat ini memang sedang dirubah menjadi kawasan wisata modern ke depannya. Antusiasme wisatawan menjadi penyebabnya. 


Banyaknya wisatawan yang datangpun menjadikan masyarakat sekitar memikirkan berbagai cara untuk mencari nafkah.

Kabar yang Tim BM lansir dari detik, ada sebuah ladang baru bagi warga kawasan gunung ijen tersebut. Adalah "Taksi" dengan biaya yang bisa dibilang sangat mahal!

Ya, ini bukan sembarang taksi. Taksi ini adalah gerobak beroda dua yang telah disulap menjadi alat angkut wisatawan yang mendaki ke Gunung Ijen untuk menikmati pemandangan kawahnya yang keren luar biasa tanpa harus ngos-ngosan.

Tenaga penggeraknya bukanlah mesin, melainkan manusia. Setiap gerobak membutuhkan satu hingga empat orang 'driver' yang tentunya berpengalaman dan perkasa.

Menurut para penariknya, mereka mematok tarif dari 800 ribu hingga 1,2 juta untuk pendakiannya. Harga tersebut boleh dibilang sangat mahal tentunya. Namun, tarif untuk turun gunung ijen lebih murah, berkisar 200 ribuan saja.

Menurut salah satu penarik, saat ini sudah ada sekitar 30 taksi gunung ijen yang beroperasi. Dan mayoritas penariknya ternyata seorang penambang belerang juga. Jadi ketika ramai pengunjung, mereka lebih memilih untuk menjadi seorang penarik taksi gerobak. 

Giman guys, tertarik jadi penarik taksi gerobak di gunung ijen?
Reaksi:

Add Comment