Traveloka Partner Resmi KAI, #JadiBisa Pesan Tiket Kereta Tanpa Ribet

Editor: Tim BM

November 1, 2017

Traveloka Kini Jadi Partner Resmi KAI, Backpacker Bisa Beli Tiket Kereta dengan Mudah


Perkembangan teknologi tidak bisa dipungkiri sangat membantu kehidupan sehari-hari. Apalagi pertumbuhan internet yang semakin luas di seluruh penjuru dunia, semakin mempermudah manusia melakukan hal-hal yang biasanya memakan waktu.

Perkembangan tersebut juga menjadi kesempatan para industri untuk membangun lapangan pekerjaan baru. Banyak industri-industri kreatif yang memanfaatkanya untuk membangun sebuah sistem yang membantu banyak orang dalam melakukan sesuatu.

Apalagi perkembangan smartphone yang "tidak terbendung", dengan banyaknya juga bermunculan aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan di telepon pintar tersebut.

Bagi seorang pecinta travelling seperti saya, banyaknya aplikasi tersebut sangat mempermudah saya saat melakukan perjalanan ke suatu tempat. Sebut saja google maps yang membantu navigasi saat saya berada di tempat yang baru pertama kali saya kunjungi.


Bukan hanya itu, ketika saya ingin mencari penginapan dan alat transportasi menuju ke suatu tempat pun semakin dipermudah oleh perkembangan aplikasi smartphone.

Sedikit mengenang zaman sebelum teknologi smartphone berkembang, saya agak kesulitan untuk mencari penginapan di kota yang baru saya kunjungi. Sebagai seorang traveller yang irit seperti saya, tentunya harus mencari penginapan atau kamar hotel yang murah.

Hadirnya aplikasi Traveloka sangat membantu saya dalam mencari kamar hotel yang murah pada saat itu. Tanpa menambah-nambahkan hal baik, yang jelas Traveloka sangat mudah digunakan dan tentu lebih cepat saat digunakan untuk memesan kamar hotel dengan budget minim. Jika dibandingkan dengan saat kita reservasi langsung via hotel, memang jauh berbeda dengan harga aslinya.


Sudah sekitar 3 tahun ini saya selalu menggunakan aplikasi dengan basis warna biru langit ini. Saya sering keluar kota untuk urusan kerja juga, yang membantu saya menemukan berbagai pilihan hotel dan tentunya transportasi.

Seperti kita ketahui juga, Traveloka menyediakan pemesanan tiket pesawat secara online dari hampir semua maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia.

Tapi sejujurnya, saya lebih suka menggunakan kereta api saat bepergian untuk keperluan wisata. Dan yay! Kini Traveloka jadi Partner Resmi KAI. Tentunya ini adalah kabar gembira untuk backpacker seperti saya ini.


Sejak kisaran bulan Maret 2017 yang lalu, Traveloka resmi menjadi agen penjualan tiket kereta api dengan harga sesuai dengan ketentuan PT KAI tentunya. Sebagai salah satu customer Traveloka, tentunya saya dibuat girang dengan fitur terbaru dari Traveloka ini.

Penasaran dengan apa kelebihan dan perbedaan Traveloka dari agen tiket kereta lainnya, saya coba-coba untuk memesan tiket kereta via traveloka. Dan coba mengambil kesimpulan apa yang jadi kelebihan dari Traveloka sebagai Partner resmi KAI.

Beberapa fitur seperti Last minute booking, pilih kursi penumpang, dan tentunya Passenger QuicPick menjadi andalannya. Tentunya, Last Minute Booking menjadi hal yang paling menarik perhatian saya.

Fitur ini disuguhkan oleh pihak traveloka untuk pelanggan "dadakan". Jadi, kita #JadiBisa memesan dan membayar tiket kereta api dengan waktu keberangkatan tercepat, bahkan kereta yang akan berangkat dalam beberapa jam.

Fitur Last Minute Booking ini bisa dinikmati para pelanggan dadakan yang merencanakan perjalanan hingga 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Jadi, jika kita ada urusan dadakan ke luar kota, kita tidak perlu repot-repot ke stasiun antar kota dan khawatir tiket kehabisan. Tinggal gunakan aplikasi traveloka di smartphone dan pesan kereta dengan keberangkatan paling dekat.

Selain itu, yang menarik perhatian saya adalah fitur pilih kursi yang disediakan ketika kita memesan tiket KAI via traveloka. Pelanggan bisa memesan ketersediaan kursi di tiap gerbong. Jadi, kita bisa pilih kursi sesuka hati, tidak seperti saat memesan di stasiun yang harus rela duduk di tempat yang tidak diinginkan.


Caranya mudah, saat setelah memesan kereta, tinggal tekan atau klik tombol Pilih Kursi atau Select Seat. Pilih kursi di gerbong yang diinginkan, lalu lanjutkan ke pembayaran. Kursi yang tersedia ditandai dengan warna putih border biru.


Setelah memilih kursi yang diinginkan, lanjutkan ke pembayaran. Jangan lupa untuk masukan kode kupon jika kamu punya kode kupon khusus promo dari traveloka.

Sebagai informasi bahwa Traveloka menyediakan banyak pilihan pembayaran seperti melalui transfer bank via ATM, kartu kredit, m-banking, dan juga minimarket.

Setelah melakukan pemabayaran tanpa melakukan konfirmasi, maksimal 5 menit saja, tiket kereta api beserta kode booking kereta kita sudah bisa diterima via email yang kamu daftarkan di akun traveloka. Kamu tinggal cetak tiket resmi kereta kamu di stasiun, dengan memasukan kode booking ID  atau cukup scan barcode menggunakan mesin cetak mandiri di stasiun. Mudah kan?


Reaksi:

Add Comment