Tips Memilih Tujuan Wisata Libur Panjang Untuk Keluarga

Editor: Tim BM

December 6, 2017

Tips Memilih Tujuan Wisata Untuk Keluarga saat Libur Akhir Tahun / Libur Panjang Agar Tetap Nyaman dan Hemat


Libur panjang biasanya identik dengan berwisata, baik sendiri maupun dengan keluarga dan teman-teman. Sebelum libur datang, tentunya kamu akan menyiapkan segala yang kamu butuhkan untuk berlibur, termasuk budget yang harus dikeluarkan. 

Kalau kamu merencanakan berlibur bersama keluarga, pastinya akan banyak mengeluarkan biaya nantinya. Ini salah satu yang kamu harus siapkan matang-matang.

Namun, di sisi lain anda juga pasti menentukan, kira-kira kemana tujuan wisata yang cocok untuk kamu dan keluarga mu. Banyak faktor yang harus difikirkan mengenai tujuan wisata tersebut, agar kamu dan keluarga tetap nyaman saat berlibur. 

Seperti kita ketahui, jika musim berlibur sudah tiba, maka hampir semua tempat wisata di Indonesia akan penuh sesak, dan kadang tidak membuat kamu dan keluarga merasa nyaman. 

Nah, untuk itulah, kali ini Tim BM akan memberikan tips menentukan tujuan wisata yang cocok untuk keluarga. Tapi sebelumnya, ada  faktor yang harus kamu persiapkan, diantaranya Biaya yang harus dikeluarkan dan Kenyamanan kamu dan keluarga kamu.

Berikut ini kami jelaskan, tips memilih tujuan wisata untuk keluarga:
1. Jangan Memilih Tujuan Wisata Yang Terlalu Ramai
Kunci dari tips yang pertama ini adalah jangan pilih tujuan wisata populer. Maksudnya, jangan pilih tempat wisata yang sudah terlalu banyak diketahui orang. Sebab kamu dan keluarga kamu tentunya tidak akan merasa nyaman harus mengantri tiket atau berdesak-desakan saat berlibur.

Jika kamu dan keluarga kamu lebih suka memilih wisata pantai, jangan ke pantai-pantai populer yang ramai seperti pantai kuta, pantai pangandaran, pantai anyer, dan lainnya. Jika memang kamu rela berdesak-desakan, boleh-boleh saja.

Anjuran kami adalah pilih tempat yang belum diketahui banyak orang, namun tetap bisa kamu nikmati bersama keluarga. Kami menyarankan untuk datang ke wisata-wisata alam seperti hutan pinus, maupun curuh atau air terjun yang notabene belum atau tidak terlalu disukai banyak wisatawan saat libur panjang.

Kalaupun kamu dan keluarga lebih suka ke pantai, cari pantai yang tidak terlalu banyak di ekspos.

2. Jangan Liburan ke Kota Besar
Banyak faktor yang menjadi alasan kenapa kamu dan keluarga kamu jangan berlibur saat libur panjang ke kota besar. Selain ramai dan macet, tentunya budget yang akan kamu keluarkan akan lebih banyak. Kita tahu biasanya harga-harga juga akan naik saat libur panjang (sengaja dinaikan biasanya :D).

Selain itu, saat kamu ingin menginap di hotel yang biasanya murah-pun, biasanya akan lebih mahal karena penginapan lumayan mahal, dan tentunya harus berebut dengan orang lain.

Untuk mengatasai hal ini, coba jauh-jauh hari pesan kamar hotel untuk keluarga kamu di jasa-jasa pemesanan hotel seperti traveloka.

Kami menyarankan untuk berlibur ke kota-kota kecil saja, namun banyak pilihan wisata menarik yang bisa dikunjungi. Kalau kami sih sangat menyukai kota garut yang asri, sepi, namun banyak pilihan wisata xD. Ada gunung papandayan, gunung cikuray, gunung guntur, pantai santolo, dan lainnya.

3. Cari Tempat Dengan Banyak Pilihan Oleh-Oleh Khas Kota
Ini sih yang biasanya menjadi kewajiban keluarga, pulang bawa oleh-oleh untuk saudara! Tips terakhir untuk memilih tujuan wisata keluarga  adalah sebuah tempat yang punya oleh-oleh khas kota. Dijamin, ibu bapak kamu pasti senang!

Itu dia artikel singkat dari Tim Bm untuk kamu yang merencanakan liburan panjang di akhir tahun 2017 ini bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

Reaksi: