02 September 2016

Menikmati Hammock di Wisata Situs Batu Kuda, Bandung Cibiru [Info Perjalanan, Biaya dan Transportasi]

Konten [Tampil]

Info Perjalanan ke Wisata Alam "Situs Wisata Batu Kuda" - Bandung

Mengikat Hammock di antara 2 batang pohon sedang menjadi tren bagi para travelers. Saat mereka berwisata ke alam-alam liar, hammock sudah menjadi salah satu bawaan wajib bagi para wisatawan.

Tempat terbaik untuk mendirikan hammock adalah di antara pepohonan pinus. Batangnya yang memanjang dan lurus, membuat hammock akan terikat kuat. 

Selain itu, banyak orang yang mengikat hingga puluhan hammock dalam 2 batang pohon pinus. Bahkan rekor sempat tercipta dengan hammock tower paling tinggi, dengan belasan hammock yang diikat.

Doc Tim BM
Hammock (Doc: Tim BM) 

Bagi para komunitas hammockers, Wisata Situs Batu Kuda mungkin sudah tidak asing lagi. Karena wisata alam yang ada di Bandung, Jawa Barat, ini memiliki lahan luas yang bagus untuk berkemah maupun mengikat hammock di pepohonan pinus. Areanya cukup luas, dan terdapat banyak pohon yang bisa digunakan untuk mengikat hammock.

Tim BM JanganLupaBahagia.com berkesempatan untuk mengunjungi wisata Batu Kuda ini pada tanggal 20 agustus kemarin. Kami sebenarnya berencana Mendaki Gunung Manglayang terlebih dahulu, setelah itu baru menikmati hammock di situs batu kuda, Cibiru. Kami berangkat dari Jakarta menggunakan sepeda motor, dengan menggunakan jalur Cikampek - Purwakarta - Bandung.

Transportasi Jakarta - Wisata Batu Kuda

Foto : greetania

Transportasi menuju manglayang terbilang sulit, untuk itu kami memutuskan berangkat menggunakan sepeda motor untuk menghemat biaya. Perjalanan dimulai dari Jakarta dengan menggunakan jalur Bekasi - Cikampek - Purwakarta - Cimahi - Bandung - Cileunyi - Jl. Vila Bandung Indah - Wisata Batu Kuda. Dari Jakarta menuju batu kuda) memakan waktu kurang 5 - 6 jam dengan menggunakan sepeda motor.

Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, silahkan cari bisa di Primajasa jurusan Cileunyi dengan kisaran harga Rp. 40.000,- (Informasi teman traveler). Lalu turun di pintu keluar tol Cileunyi. Setelah itu, cari angkot menuju cagak cileunyi atau pertigaan menuju Jl. Vila bandung Indah. Dari sana, kamu bisa menggunakan jasa ojek menuju situs batu kuda dengan harga sekitar Rp. 35.000,- sampai Rp. 50.000,- karena memang trek menanjak, meskipun hanya berkisar 7 km.

Tiket Masuk Wisata Batu Kuda
Untuk masuk kawasan wisata alam Batu Kuda, setiap pendaki diwajibkan membayar uang tiket di bagian pendaftaran dengan HTM Rp. 10.000,-/orang.

Foto : insta

Mengikat Hammock & Mendirikan Tenda


Foto : Tim BM

Hammock di Batu Kuda

Buat kamu yang membawa hammock, kamu bisa mengikat hammock yang kamu bawa di antara pohon pinus yang ada di situs batu kuda, ciburu, bandung timur. Kamu bisa mengikat hammock di manapun, karena pohon pinus yang ada sangat banyak. Selain itu, kamu juga bisa mendirikan tenda jika memang membawanya.

Pesona Alam Lain Yang Bisa Dinikmati
Selain kamu bisa menikmati sejuknya alam kaki gunung manglayang ini, kamu juga bisa menikmati puncak gunung manglayang dengan mendaki sekitar 3 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Baca: Pendakian Gunung Manglayang.

Foto : Tim BM

Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda gunung yang disewakan di sekitar. Kamu bisa uji nyali bersepeda di trek sekitar batu kuda.
Fasilitas
Fasilitas dan prasarana yang bisa dinikmati di Batu Kuda:
  • Toilet 
  • Mushola 
  • Warung 
  • Trek untuk Sepeda Gunung 
Nah, itu dia catatan perjalanan kami menuju surga pecinta Hammock, Wisata Batu Kuda Bandung. Semoga bermanfaat bagi semua traveler. Tetap jaga kebersihan dan sopan santun.