04 October 2016

Perlengkapan untuk mendaki gunung pemula yang sering dilupakan oleh para pendaki pemula. Kamu wajib tahu segalanya di sini

Konten [Tampil]

Barang-Barang Wajib Ini Sering Dilupakan Pendaki



Menjelajah alam liar seperti mendaki gunung tentunya harus dipersiapkan secara matang. Bukan hanya persiapan mental dan fisik, persiapan dari segi peralatan dan kelengkapan pun harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Tapi namanya manusia sering lupa akan sesuatu, termasuk mempersiapkan barang bawaan yang sebenarnya penting dibawa saat mendaki gunung. Berdasarkan pengalaman pendaki, berikut ada beberapa barang yang sering lupa dibawa saat akan melakukan pendakian.

1. Jas Hujan Ponco


Jas hujan ponco (doc: tokopedia)
Jas hujan merupakan perlengkapan yang sangat penting untuk dibawa saat naik gunung, meskipun sebenarnya sedang musim kemarau. Mengingat alam "punya" cuaca sendiri, jas hujan sangat diperlukan untuk pendakian. 

Kadang beberapa pendaki menyepelekan fungsi jas hujan ini saat mendaki. Disarankan membawa jas hujan jenis ponco agar tas carrier juga bisa dilindungi dari air hujan.

2. Flysheet Tenda



Flysheet tenda (Doc: Tokopedia)

Tidak semua tenda punya dinding luar atau flysheet. Jadi fungsi flysheet sangat penting untuk para pendaki, apalagi jika mendaki dalam musim hujan. Selain itu, flysheet tambahan juga bisa digunakan dalam keadaan darurat jika terjadi hujan saat pendakian.

Baca : Info Lengkap Pendakian Gunung Slamet 3428 mdpl via Bambangan

3. Oksigen



Oksigen (Chnadra medika)

Meskipun gunung-gunung di Indonesia tidak setinggi gunung everest, namun membawa oksigen sangat penting untuk keadaan darurat. Tidak semua pendaki dalam sebuah kelompok pendakian punya fisik yang kuat. 

Mungkin salah satu pendaki dari kelompok bisa terserang asma seketika saat pendakian berlangsung. Dalam keadaan ini, oksigen sangat membantu untuk meringankan derita asma atau kekurangan oksigen di ketinggian.

4. Emergency Blanket Almunium


Blanket (Doc: bukalapak)

Emergency Blanket Almunium ini dapat digunakan menjadi salah satu hal penting dalam “Survival” atau tekhnik bertahan hidup, melakukan kegiatan SAR (Search and Rescue) ataupun dalam aktifitas mounteering seperti mendaki gunung dan camping. 

Blanket almunium foil bisa dilipat kecil dan ditaruh di saku celana, yang bisa digunakan dalam keadaan darurat apabila salah satu pendaki mengalami kedinginan hebat. Harganya cukup murah, mulai dari Rp. 25.000,- saja.

5. Kompas


Kompas (Doc: tokopedia)

Tersesat di alam liar mungkin saja terjadi. Banyak kasus pendaki yang tersesat da hilang di gunung. Meskipun beberapa gunung sudah mempunyai trek pendakian yang jelas, tapi disarankan bagi semua pendaki untuk membawa kompas untuk antisipasi jika tersesat. 

Membawa kompas tentunya akan sangat berguna untuk mengetahui arah mata angin saat tersesat. Tapi kamu harus mengetahui teknik dasar navigasi darat, agar paham bagaimana menggunakan kompas saat di alam liar. (baca: teknik dasar navigasi darat)

BONUS DAN TIDAK KALAH PENTING!


Kamu tahu ini untuk apa? :D

Itu dia beberapa barang yang sering lupa dibawa saat mendaki gunung, meskipun semuanya mungkin pernah dibawa oleh para pendaki lain. Ada tambahan lainnya? Yuk tulis di kolom komentar.

Baca Juga: