Tips Wisata ke Dieng Plateau Yang Harus Kamu Ketahui

Editor: Tim BM

August 19, 2016

Persiapan Sebelum Anda Wisata Ke Kawasan Dieng Wonosobo - Jawa Tengah

Dieng merupakan kawasan wisata pegunungan yang berada pada kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Dieng merupakan salah satu wisata favorit yang berada di Pulau Jawa. Setiap musim libur panjang, hampir semua penginapan di kawasan dieng ramai oleh wisatawan.

Wisata di dieng termasuk sangat lengkap, anda bisa menikmati Kawah, Pemandangan gunung, Air, dan Candi. Kawasan Wisata populer yang satu ini, memang menyuguhkan banyak tempat bagus untuk mendokumentasikan ekspresi kita lewat foto. Misalnya di Puncak Sikunir Dieng, anda bisa menikmati Indahnya Sunrise. Bagi anda yang suka mendaki atau hiking, anda bisa mencoba untuk mendaki Gunung Prau



Puncak Sikunir - Dieng (Doc: Hafid Maulana)


Dengan cuaca yang bisa mencapai minus 15 derajat celcius, anda harus memperhatikan barang bawaan anda ketika ingin berwisata murah ke dieng. Jika anda seorang Backpacker seperti Tim BM JanganLupaBahagia.com, berikut Ini Tips Backpacker untuk Apa saja yang perlu di perhatikan untuk liburan menuju ke Dieng Jawa Tengah.

Persiapan Fisik dan Mental

sumber: phinemo

Ini adalah hal yang paling penting dan mendasar untuk liburan, kemanapun anda pergi Kesehatan Fisik dan Mental adalah yang utama. Apabila jika anda memutuskan untuk menjadi Backpacker. Dengan jarak yang cukup jauh antar setiap tempat wisatanya, anda memerlukan latihan fisik dan mental yang prima. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Barang Bawaan Pribadi
Pastikan anda mengemas seluruh barang bawaan anda serapih mungkin. Barang seperti baju dan makanan sebaiknya disiapkan seperlunya saja, dan disesuaikan dengan berapa lama anda akan ke dieng. Berikut kami jabarkan mengenai barang bawaan apa saja yang harus disiapkan untuk ke dieng:

Peralatan Gunung (ist)

  • Pakaian : Bawa secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Harap bawa pakaian ganti seperti celana, cangcut , kaus kaki, kaos, jaket. 
  • Jaket Tebal (Jaket Gunung) : Harus Bawa, karena mengingat suhu di dieng yang ekstra dingin. Bisa mencapai minus 15 derajat celcius. 
  • Makanan : Jika anda berniat untuk melakukan perjalanan Backpacker, sebaiknya persiapkan sebaik mungkin untuk logistiknya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan masak. 
  • Uang : Tentu saja uang harus anda persiapkan, untuk ongkos dan tiket wisata di dieng. Menurut kami, tiket masuk ke wisata di dieng relatif cukup mahal. Contohnya saja ke telaga warna, anda akan di kenakan tarif RP. 25.000,- per orang. 
  • Tenda (Opsional) : Jika anda memutuskan untuk camping, disana disediakan banyak tempat untuk mendirikan tenda. Bawa saja tenda da peralatan gunung jika diperlukan. 
  • Sepatu ; Disarankan anda membawa sepatu yang safety untuk jalan-jalan. Jangan pakai higheels! 
Pintar dan Cermat


Sumber: muhammaddovan (ist)
Kita mau piknik harus pinter? Tentu saja! Setidaknya, anda harus mempersiapkan informasi tentang tempat wisata yang akan anda kunjungi, agar manajemen waktu dan rencana piknik anda maksimal. Anda harus mengetahui wisata mana saja yang bisa anda kunjungi di kawasan Dieng Plateau.

Kami jabarkan sedikit mengenai tempat wisata mana saja yang ada di dieng:
  • Puncak Sikunir, anda bisa menikmati sunrise yang indah dengan hanya mendaki sekitar 30 menit saja. Selengkapnya baca "Info wisata pendakian Puncak Sikunir
  • Gunung Prau. kalau anda suka mendaki gunung tapi anda adalah pemula, Gunung Prau bisa jadi alternatif hiking untuk pemula. Selengkapnya baca : "Pendakian Gunung Prau
  • Telaga Warna dan Batu Pandang. Anda yang suka menikmati indahnya air pegunungan, silahkan datang ke tempat ini. Anda juga bisa bermain flying fox loh! 
  • Candi Arjuna Dieng ; Buat kamu yang suka foto di tempat bersejarah. 
  • Kawah Sikidang : Buat kamu yang pengen berenang berfoto di kawah. 
Dan masih banyak lagi. Baca selengkapnya di: Tempat Wisata di Dieng


Ketahui Mode Transportasi Yang Bisa Digunakan
Perjalanan darat adalah satu-satunya yang bisa anda gunakan, kecuali anda punya helikopter, mungkin masih bisa digunakan hehe.

Jika kamu ingin melakukan perjalanan ke dieng plateau tanpa menggunakan jasa open trip, anda harus benar-benar mengetahui mode transportasi yang harus digunakan.

Bus Jakarta - Wonosobo (ist)

FYI, jika anda lebih suka menggunakan kereta api, stasiun yang terdekat adalah stasiun purwokerto. Dan anda harus naik bis menuju terminal mendolo. Tidak sampai di situ, anda juga harus kembali naik angkot kemudian elf yang menuju ke dieng.

Namun saya lebih menyarankan, jika anda ke dieng dari jakarta, lebih baik menggunakan bus jakarta - wonosobo dengan tarif berkisar 100 ribuan.
Biaya

Sumber: wonosobohitz (ist)

Ini salah satu yang paling penting. Anda harus mempersiapkan banyak uang jika ingin berlibur lebih dari satu hari. Meskipun penginapan di dieng tidak begitu mahal, namun akomodasi dan tiket masuk kawasan wisata di dieng terbilang cukup mahal. Jadi, bawa uang satu bulan gaji bila perlu!

Restu dari Orang Tua dan Keluarga

Tidak perlu dijelaskan panjang lebar, restu keluarga sangat penting. Foto hanyalah bonus, kembali ke rumah adalah tujuan kamu sebenarnya. Jangan ingat mantan kekasih anda, karena itu ga penting! huft

Itu dia tips dari kami mengenai Persiapan Sebelum Liburan Ke Dieng Wonosobo - Jawa Tengah untuk para backpacker. Semoga bermanfaat bagi semua traveller pembaca setia JanganLupabagia.com

Jangan Lupa Bahagia, Jangan Lupa bersyukur!

Baca Juga:

Reaksi: