23 January 2020

Perbandingan fitur dan Harga dari traveloka vs agoda. Mana yang tawarkan harga paling murah dan kelebihan kekurangan masing-masing

    Perbandingan Traveloka dengan Agoda, mana yang cocok untuk aplikasi Traveling kamu?


    Kemajuan teknologi membuat banyak persaingan bisnis di bidang tertentu. Salah satunya di bidang tour and travel yang semakin hari semakin banyak persaingan. 

    Tidak hanya perang tarif murah, mereka juga perang fitur dan promosi untuk menggaet lebih banyak konsumen. 

    Salah satu persaingan bisnis tour and travel di aplikasi smartphone adalah antara Traveloka dan Agoda. Keduanya punya harga dan fitur yang bersaing bahkan hampir identik.

    Namun tentu setiap aplikasi perjalanan tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan tentu saja dengan fitur unggulan di setiap aplikasi yang ditawarkannya. 

    Di artikel ini, janganlupabahagia.com akan membahas perbandingan antara Traveloka vs Agoda. Tidak untuk mendiskreditkan salah satu aplikasi, namun kami coba untuk membandingkan harga, fitur dan keduanya. 

    Listing Akomodasi dan Penerbangan Traveloka vs Agoda

    Keduanya bekerja sama dengan ribuan hotel di dunia. Traveloka punya lebih dari 45 ribu hotel di Indonesia dan bekerja sama dengan ribuan hotel di dunia yang bisa dipesan secara online. Untuk penerbangan, Traveloka melayani 200 ribuan rute penerbangan di seluruh dunia.

    Namun sayangnya, Traveloka belum punya listing hotel sebanyak Agoda yang kini punya total lebih dari 390 ribu hotel di seluruh dunia yang tersebar  di 37 ribu tempat di seluruh dunia. 

    Jika anda bepergian ke luar negeri, tentu Agoda akan punya daftar penerbangan dan hotel yang paling lengkap jika dibandingkan dengan Traveloka.

    Fitur Traveloka vs Agoda

    Agoda dan Traveloka sama-sama punya fitur yang kaya. Keduanya menyediakan fitur penyewaan kamar hotel, penerbangan, aktivitas liburan (ticket), rental mobil, dan lain-lain. 

    Hanya saja, Traveloka sedikit lebih unggul dengan menawarkan lebih banyak fitur seperti tiket KAI, eats, pembelian pulsa dan tagihan, dan lain-lain.

    Lihat tabel berikut ini untuk perbandingan fitur jasa di Traveloka vs Agoda.

    TRAVELOKA VS AGODA
    LAYANAN TRAVELOKA AGODA
    Pesawat Ya Ya
    Hotel Ya Ya
    Rekreasi Ya Ya
    Sewa Mobil Ya Ya (rentals.com)
    Transport Bandara Ya Ya
    Kereta Api Ya Tidak
    Eats/Resto Ya Tidak
    Pulsa & Tagihan Ya Tidak
    Pembelian Asuransi Ya Tidak

    Jadi, untuk kelengkapan tujuan liburan domestik, fitur di Traveloka lebih unggul.

    Penawaran Harga

    Penawaran harga hotel dan pesawat untuk kedua aplikasi hampir sama. Tapi ada beberapa perbedaan mendasar dari keduanya. 

    Biasanya Agoda akan menampilkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Traveloka, hanya saja itu belum termasuk pajak dan biaya layanan. Harga aktual kamar hotel di Agoda akan terlihat jika anda sudah masuk metode pembayaran. Berbeda dengan Traveloka yang sudah menampilkan harga yang tertera sudah termasuk pajak. 

    Baca juga: 4 Aplikasi Paylater untuk Traveling

    Tapi keduanya sangat kompetitif dalam menentukan harga sewa hotel, meskipun kebanyakan Agoda menawarkan sedikit lebih murah.

    Promosi

    Keduanya sama-sama memberikan promosi yang sangat menarik. Baik promosi Bank rekanan maupun promosi berbentuk voucher langsung. 

    Setiap harinya akan selalu ada promosi potongan harga menarik, jadi anda harus lebih teliti dalam memanfaatkan promosi yang ditawarkan keduanya. 

    Baca juga: 5+ Penginapan Homestay Keluarga Terbaik dan Murah di Jogja

    Keduanya menawarkan diskon besar-besaran di hari biasa maupun hari-hari tertentu yang potensial. Agoda lebih banyak menawarkan promosi di hotel, sedangkan Traveloka sedang gencar-gencarnya melakukan promosi di pesawat dan hotel. 

    Metode Pembayaran

    Keduanya menawarkan banyak pilihan metode pembayaran yang bisa anda pilih. Traveloka dan Agoda sama-sama memberikan pilihan transfer bank / ATM, kartu kredit, toko retail.

    Lihat tabel di bawah ini untuk melihat metode pembayaran yang tersedia di Traveloka dan Agoda. 

    TRAVELOKA VS AGODA
    METODE BAYAR TRAVELOKA AGODA
    Transfer / ATM YA YA
    Credit Card YA YA
    Konter Indomaret & Alfamart Indomaret & Alfamart
    Bayar Langsung Ya (hotel) Ya (hotel)
    Digital Uangku Paypal
    Auto Debit BNI / BCA Klikpay Tidak Tersedia
    Cicilan Tanpa CC Traveloka Paylater Tidak Tersedia

    Jika dilihat dari tabel di atas, keduanya punya beragam pilihan pembayaran, hanya saja Agoda tidak menyediakan cicilan tanpa kartu kredit dan Auto Debit bank lokal.

    Layanan Pelanggan

    Traveloka dan Agoda sama-sama ingin menawarkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Mereka tawarkan layanan online dan telepon 24 jam penuh dengan gratis.

    Keduanya juga memiliki customer service yang ramah dan mampu memberikan solusi. Jika disuruh memilih, kami lebih "menjagokan" layanan Traveloka dengan nilai tambah kecepatan solusi. 

    Kesimpulan Traveloka vs Agoda

    Jadi mana yang terbaik, Traveloka atau Agoda? Semuanya tergantung bagaimana anda memilih. Tapi kami tarik kesimpulan seperti ini:'

    Traveloka lebih unggul di fitur untuk kebutuhan traveling, khususnya domestik.  Tidak hanya menawarkan akomodasi hotel dan transportasi, Traveloka juga tawarkan kebutuhan traveling seperti paket internet, tagihan, reservasi restoran, dan lainnya yang tidak ditawarkan di Agoda. 

    Agoda lebih unggul di harga yang lebih murah meskipun tidak terlalu signifikan. Promosi harga hotel yang ditawarkan juga lebih banyak dan tidak sesering Traveloka. Selain itu, listing akomodasi Agoda lebih banyak dan akan sangat direkomendasikan jika anda bepergian ke luar negeri.

    Tapi kembali lagi, semuanya tergantung pilihan dan kebutuhan masing-masing ya :)

    Semoga bermanfaat dan Jangan lupa jalan-jalan.