February 26, 2016

Info Perjalanan Backpacker Wisata Brown Canyon Semarang

Info Perjalanan Wisata Brown Canyon Semarang - Pesona tebing ala Grand Canyon Amerika


Setelah kami mensearching tempat jalan-jalan dengan pesona alam yang kalo kata bahasa anak-anak Tim BM ciamik atau bagus, akhirnya kami memutuskan travelling ke Semarang. Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah, dan menjadi kota terbesar kelima di Indonesia ini terkenal tidak hanya makanan lumpia Semarang dan lawang sewunya saja.

Tetapi masih banyak tempat wisata-wisata yang menarik untuk dikunjungin para traveller, salah satunya wisata yang sekarang cukup hits ramai dikunjungin para pecinta alam Indonesia yaitu Brown Canyon yang terletak di Desa Rowosari, Tembalang, Semarang yang berbatasan dengan Pucang Gading, Mranggen, Demak.


Brown Canyon, Semarang (Doc: Barry Ilham R)
Brown Canyon Semarang merupakan tempat sebagai proyek galian tambang bebatuan yang sudah berumur 10 tahun lebih. Dan disinilah sebagai tempat mencari rejeki bagi sebagian orang dengan melakukan penggalian pasir, penggalian tanah urug dan batu padas. Karena lokasi ini banyak tebing-tebing bekas penambangan material dari tahun-ketahun akhirnya terbentuk layaknya Grand Canyon yang ada di Amerika. Panorama alam yang ciamik membuat tempat ini menjadi salah satu obyek wisata yang bagus untuk didokumentasikan.

Perjalanan Jakarta - Semarang
Perjalanan kami dimulai jam 16.00 sore dengan menggunakan kereta Brantas 176 dengan harga tiket Rp. 86.000,-/ orang dari stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. waktu perjalanan memakan waktu 7 jam hingga sampai di stasiun Tawang, Semarang. Sesampainya kami disana, kami langsung menuju penginapan yang sudah kami pesan terlebih dahulu ketika di Jakarta dengan harga sewa sebesar Rp. 118.000,-/ per kamar.

Perjalanan Semarang - Brown Canyon
ke esokan harinya kami seperti biasa jalan-jalan menggunakan sepeda motor untuk mempercepat waktu dengan harga Rp. 90.000,- selama satu hari, dan kami langsung berangkat menuju Brown Canyon yang berada di Desa Rowosari, Tembalang, Semarang dengan memakan waktu kurang lebih 30 menit dari Semarang kota.

Masuk Kawasan Brown Canyon
Untuk masuk ke Brown Canyon tidak di kenakan tiket atau biaya masuk dan untuk biaya parkir pun gratis. Setelah masuk kami langsung menuju spot-spot yang sekiranya menarik untuk fotografi. kami mencari angle-angle terbaik seperti di celah dua tebing yang pada saat kami kesana pada waktu sore hari.


Spot foto Brown Canyon, Semarang (Doc: Barry Ilham R)

Saran kami jika kalian ingin ke Brown Canyon, waktu terbaik untuk kesana adalah pada sore hari, karena anda akan menikmati sunset dan pemandangan di Brown Canyon.

Estimasi Biaya di Brown Canyon
Berikut estimasi biaya yang kami keluarkan untuk wisata di Brown Canyon. Biaya ini adalah relatif murah tergantung dari mana anda berangkat:
  • Tiket masuk: Gratis (free) 
  • Biaya makan dan minum disana: warteg Rp. 15.000,-/ orang 
  • Sewa Motor: Rp. 90.000,-/ hari 
  • Bensin keliling Semarang: Rp. 25.000,-/ motor 
Saran jika anda ke Brown Canyon
Jika anda pergi ke Brown Canyon, kami menyarankan beberapa hal:
pastikan kalian bawa kamera SLR ataupun kamera pocket seperti Go-Pro dan Xiaomi Yi.
bawa masker untuk menghindari debu disana.
sebaiknya bawa minum dari luar karena jarak ke warung cukup lumayan.
dan selalu yang terpenting jaga keselamatan kalian karena kondisi bebatuan disana mudah longsor.

Spot Wisata di Semarang

Selain anda dapat menikmati pesona alam di Brown Canyon, jangan sampai kalian melewatkan spot lain yang ada di daerah Semarang, Jawa Tengah diantaranya:
  • Lawang Sewu (seribu Pintu) 
  • Bukit Bintang 
  • Kota lama 

Doc: Instagram

Itu dia cerita tentang perjalanan kami di Brown Canyon, Semarang. Semoga artikel ini berguna dan membantu kalian semua yang ingin backpacker di kota Semarang. dan tetap harus menjaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan ya. cintai alam Indonesia ini agar tidak hanya dinikmati oleh kita saja, tapi sampai anak dan cucu kita kelak :) :D

baca juga:

Info Wisata Dieng - Berburu Sunrise di Puncak Sikunir (Transportasi dan Biaya)

Info Backpacker ke Kalibiru Kulon Progo - Yogyakarta (Transportasi dan Biaya)