April 8, 2019

Cerita Pengalaman kami Touring motor dan Camping ke Geopark Ciletuh, Sukabumi. Beserta biaya kami selama di Geopark Ciletuh

    Cerita Tim BM Momotoran dan Camping di Geopark Ciletuh Sukabumi


    Banyak cara menikmati waktu senggang di akhir pekan. Ada yang hanya ingin istirahat di rumah, pergi ke Mall bersama keluarga, berlibur bersama teman-teman, maupun sekedar beberes rumah.

    Tapi bagi kami Tim BM, cara yang paling lazim kami lakukan untuk mengisi hari libur adalah berkumpul bersama. Tidak banyak yang bisa, namun beberapa dari kami memang rutin melakukan pertemuan.

    Nah, ada sedikit cerita dari kami saat weekend di awal bulan april ini. Tidak seperti di akhir pekan biasanya, di weekend ini kami keluar dari ibukota dan mencari pengalaman baru di selatan Jawa Barat, ya Sukabumi.

    Tanggal 5 sampai 7 april kemarin, penulis dan 2 teman lainnya sedang berada di salah satu bagian di kota Sukabumi.

    Perjalanan ini sebenarnya tidak kami rencanakan jauh-jauh hari. Karena memang tidak banyak teman yang punya waktu luang pada hari itu. Tapi, saya dan 2 teman Tim BM lainnya keukeh ingin keluar dari ibukota dan menikmati udara sejuk di pedesaan. Akhirnya, satu hari sebelumnya, kita sepakat untuk mengunjungi Geopark Ciletuh yang berada di Sukabumi. Tidak menggunakan kendaraan umum, tapi  kami memang berencana momotoran (Touring motor).


    Sebelum memulai cerita, kami akan ceritakan sedikit tentang Geopark Sukabumi.

    Apa itu Geopark Ciletuh Sukabumi?



    Geopark Ciletuh merupakan sebuah kawasan wisata alam yang berada di sekitar Teluk Ciletuh, sebelah timur pelabuhan ratu. Kawasan ini sejatinya merupakan kawasan pedesaan yang dijadikan tempat wisata yang sudah dibuka sejak tahun lalu. 


    Di Geopark Cilteuh ini, dikelilingi oleh perbukitan hijau yang dimanfaatkan menjadi ladang oleh warga kampung daerah Ciletuh. Selain itu, ada juga laut yang dimanfaatkan  nelayan sekitar untuk menangkap ikan. Berdasarkan cerita warga sekitar, 80 persen warga memang menjadi petani dan nelayan.

    Ada apa di Geopark Ciletuh?

    Seperti yang sudah penulisan ungkap, Geopark Ciletuh merupakan kawasan wisata terpadu dimana kamu akan menemukan banyak spot menarik. 


    Kamu bisa menemui bukit-bukit dengan pemandangan super indah baik di pagi, siang maupun malam hari. Ada beberapa air terjun atau curug yang bisa kamu kunjungi (sekurang-kurangnya ada 4 curug). Selain itu, lokasi ini juga berada di pinggir pantai, jadi memang Geopark Ciletuh ini boleh dibilang surga kecil Sukabumi.

    Baca selengkapnya di 5 Spot Yang bisa dinikmati di Geopark Ciletuh. 

    Touring Jakarta - Geopark Ciletuh

    Kami memulai perjalanan Touring Jakarta - Geopark Cileteuh mulai dari Meruya Selatan. Perjalanan menggunakan sepeda motor pukul 00:15. Jalur yang kami lewati diantaranya Jl. Panjang - Ciputat, kemudian menuju ke Parung - Bogor.

    Dari Ciawi bogor, lanjut melewati arah sukabumi. Karena perjalanan saat itu malam hari, jalanan sangat lancar dan tidak ada kendala apapun. Hanya saja ada beberapa titik di Jl. raya cibadak yang cukup menantang karena berliku-liku.Selain itu ada banyak jalan berlubang.

    Sesampai di daerah pasar cikembang, kami melanjutkan perjalanan ke arah pantai pelabuhan ratu. Karena kami rasa jika melewati kota sukabumi terlalu jauh.

    Sekitar 30 menit setelahnya, belok kiri di pos penjagaan polantas bagbagan menuju Jl. pelabuhan ratu. 15 menit kemudian kami menemukan jalur cagak menuju Geopark Cilteuh.

    Kami memutuskan untuk menggunakan jalur pintas yaitu Jl. Pantai Loji - Ciletuh. Selain lebih cepat, jalan ini juga dibilang jalur baru yang masih bagus, tapi sangat sepi.

    Sepanjang jalan ini disuguhkan pemandangan laut malam hari, dan jalanan yang berkelok dan menanjak. Memang sedikit berbahaya, apalagi saat malam hari tidak ada penerangan sama sekali karena belum ada lampu jalan yang menerangi jalanan.


    Sangat tidak dianjurkan bagi kalian yang ingin melakukan solo traveling menggunakan sepeda motor karena jalanan masih sangat sepi. Total dari pertigaan hingga Geopark Ciletuh sekitar 70 Km. 

    Perjalanan dari Meruya Selatan hingga Geopark Ciletuh kami tempuh sekitar 4 jam 30 menit sudah termasuk istirahat.

    Spot Untuk Mendirikan Tenda Camping



    Setelah sampai di kawasan Geopark Cilteuh, kami tidak langsung mendirikan tenda karena ingin mencari spot untuk berfoto dulu. 

    Wisata Geopark Ciletuh yang pertama kali kami kunjungi adalah Pantai Palangpang. Tiket masuk menuju pantai pasir putih ini cukup Rp. 5.000,- saja per orang. Sudah termasuk parkir.

    Pantai ini sebenarnya tidak terlalu panjang. Tapi, di sekitar pantai ini kami menikmati pemandangan bukit-bukit indah dan juga Curug yang terlihat jelas dari pantai Palangpang ini.

    Setelah puas menikamti pantai, kami mencari sarapan di sekitaran pantai. Di daerah pantai sudah banyak berdiri warung makan dan minum, serta penginapan rumah maupun cottage mewah yang disewakan.

    Sekitar pukul 13.00 kami mulai mencari spot untuk mendirikan tenda di Geopark Ciletuh. Kami memang lebih suka camping dari pada menginap di penginapan. Selain lebih murah, camping lebih mengutamakan kebersamaan dan kesederhanaan.


    Sebenarnya ada 2 spot rekomendasi yang bisa digunakan untuk camping di geopark Ciletuh, yaitu Puncak Darma dan Puncak Aher. Tapi setelah kami pilah, area puncak Aher lebih indah dan lebih sepi pengunjung. 




    Kamu bisa menikmati pemandangan seantero Geopark Ciletuh dengan sangat jelas dari area Puncak Aher ini. Jalan, curug, gunung, pantai dan pedesaan bisa kamu nikmati. Selain itu, Puncak Aher juga spot terbaik untuk menikmati sunset di sore hari. 

    Untuk biaya mendirikan camping disini gratis karena memang belum ada pengelolanya. Berbeda mungkin jika mendirikan tenda di puncak Darma, karena ada pengelolanya. 

    Jangan takut untuk mendirikan tenda di Puncak Aher, pasalnya di area ini juga ada beberapa warung warga yang berdiri dan buka hampir 24 jam. Selain itu, di sore hingga malam hari juga cukup banyak pengunjung yang menikmati indahnya sunset teluk ciletuh. 

    Gallery Foto Tim BM di Geopark Ciletuh

    Berikut ini kami lampirkan beberapa foto narsis yang kami ambil saat berada di Geopark Ciletuh. Selamat menikmati :)





    Tips Wisata ke Geopark Ciletuh

    Seperti biasanya, kami akan berikan beberapa tips wisata ke Geopark Ciletuh Sukabumi
    • Belum ada kendaraan umum menuju Geopark Ciletuh. Jadi kami sangat sarankan anda gunakan kendaraan pribadi saja. 
    • Lebih baik untuk melakukan perjalanan menuju Geopark Ciletuh di siang hari karena jalur cukup ekstrim dan masih sangat sepi. Selain itu, perjalanan di siang hari akan dimanjakan dengan pemandangan indah sepanjang jalur Pantai Loji. 
    • Tips khusus bagi anda yang ingin camping di Geopark Ciletuh. Tidak perlu membeli banyak kebutuhan untuk masak, karena banyak warung tersedia. Selain itu, ada juga mini market alfamart di dekat pantai Palangpang.
    • Jika anda menggunakan mobil pribadi, pastikan mobil tidak ceper dan rem dalam keadaan baik. Tanjakan di daerah ini sangatlah curam dan berkelok, pastikan kendaraan dalam kondisi sempurna.
    • Tidak perlu risau soal penginapan, sama halnya seperti Pantai Pangandaran, geopark Ciletuh juga tersedia puluhan penginapan mulai dari Rp. 250 ribu per hari.

    Sedikit dokumentasi video kami saat jalan-jalan di Geopark Ciletuh, selamat menyaksikan

    Itulah cerita perjalanan Touring dan camping kami di Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Perjalanan yang menurut kami cukup berkesan, apalagi belum banyak yang mengunjungi wisata keren di Jawa Barat ini.

    Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa bahagia