17 January 2019

Cerita Pendakian Santai ke Gunung Kencana, Bogor 1800MDPL. Gunung kecil yang penuh tantangan

    Cerita Pendakian ke Gunung Kencana, Bogor 1803MDPL. Si Kecil yang Menantang

    Gunung Kencana, merupakan gunung kecil yang berada di kawasan kabupaten Bogor. Ketinggian gunung ini tidak lebih dari 1803 meter di atas permukaan laut. Tapi jangan salah, jika kamu ingin mencoba mendaki gunung ini, tidak semudah yang kamu bayangkan.


    Pasalnya, meskipun tidak terlalu tinggi, trek Gunung Kencana Bogor boleh dibilang terjal dan hampir mirip dengan trek mendaki saat kami ke Gunung Manglayang.

    Perjalanan Jakarta - Gunung Kencana

    Beberapa waktu yang lalu, kami Kecot Brothers melakukan pendakian Gunung Kencana dengan beranggotakan 9 orang. Kami berangkat dari basecamp kami di daerah karawaci, menuju ke bogor. Untuk menghewat waktu dan pengeluaran, kami memutuskan untuk menggunakan sepeda motor. 

    Perjalanan Jakarta menuju Gunung Kencana yang berada di daerah Cisarua, memakan waktu sekitar 4 jam karena saat itu terbilang macet. Saat sudah di daerah Cisarua, belok kiri menuju Jl. Siliwangi sampai akhirnya kami sampai di sebuah POS kecil yang mengurus wisata Gunung Kencana.

    Jalan dari Pos ke Basecamp Gunung masih sekitar 8 KM dengan jalanan berbatu. Tipsnya, jika anda menggunakan kendaraan sepeda motor, gunakan saja motor manual atau kopling agar lebih nyaman saat melewati jalur ini. 

    Simaksi. Parkir dan Penitipan Motor

    Kami dipatok biaya Rp. 15.000,- untuk izin saat berada di Pos masuk kawasan telaga warna.  Untuk parkir motor saat di basecamp kami dipatok biaya Rp. 15.000,- per motor. Di basecamp tersebut kami menitipkan sepeda motor, dan untuk keamanan gunakan kunci ganda.  Untuk biaya simaksi gunung kencana, kami dipatok Rp.20.000,-/ orang
    Sebagai Informasi, untuk menuju Gunung kencana ternyata ada 2 jalur Pendakian yaitu jalur Telaga Warna dan jalur Kampung Arab. Kami lebih memilih jalur Telaga Warna. 

    Cerita Pendakian Gunung Kencana

    Sebelum kami memulai pendakian. kami sarapan nasi uduk terlebih dahulu di warung yang berada di basecamp gunung kencana. Selain itu, kami juga mempersiapkan peralatan dan perlengkapan bekal yang kami butuhkan untuk menginap di puncak Kencana. 
     
    Kami memulai pendakian sekitar pukul 9 pagi, dan disambut dengan trek menanjak yang disebut dengan Tanjakan Sambalado.  Uniknya, Trek Tanjakan ini selain curam, juga dibuat anak tangga oleh warga sekitar. 
    Anak tangga tersebut dibuat menggunakan potongan bambu, yang jelas akan sangat licin apabila musim hujan atau basah oleh kabut. Kami memakan waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikan Tanjakan Sambalado.
     
    Karena kami tahu bahwa trek menuju Puncak gunung Kencana tidak terlalu panjang, kami bersantai lebih dahulu sembali menikmati kopi yang kami seduh. Istirahat sekitar 30 menit, kami akhirnya melanjutkan perjalanan menuju Puncak Kencana.
     
    Jalur setelah Tanjakan Sambalado tidak begitu menanjak, bahkan terbilang landai dan hanya memakan waktu 30 menit menuju Puncak kencana yang berada di ketinggian 1803mdpl. 
     
    Kami pun mendirikan tenda di Puncak Kencana, karena tidak ada lagi tempat pendirian tenda lainnya.

    Ternyata, saat di puncak kencana, sudah ada beberapa tenda yang berdiri dan menurut kami kurang rapih dalam penataan. Akhirnya kami agak kesulitan dalam mendirikan tenda kami karena sempitnya ruang.

    Setelah selelai mendirikan tenda, kami mulai menyiapkan santap siang yang siap kami masak. Selesai masak dan santap siang. Kami mulai sadar bahwa di Puncak Kencana tidak ada sumber air yang bisa kami ambil,.

    Terpaksa kami harus turun lagi ke basecamp dan mengambil air yang berada di sekitar basecamp. Perjalanan turun memakan waktu hanya 30 menit saja. 

    Setelah mengambil air dan kembali ke atas, kami berfoto-foto.

    Keadaan puncak Gunung Kencana hampir mirip dengan puncak Gunung Burangrang. Tidak terlalu bagus dan tidak berada di atas awan. Namun pemandangan saat malam hari cukup bagus dari sudut tertentu.
     

    Perjalanan Pulang

    Pagi, di kemudian harinya kami memutuskan untuk turun sekitar pukul 9 siang. Dan sampai basecamp sekitar pukul setengah 10. 

    Sampai di basecamp, kami memutuskan untuk mandi terlebih dahulu dan membersihkan beberapa bawaan kami. Sumber air di gunung ini cukup banyak, namun hanya ada di basecamp saja. 

    Setelah memastikan perlengkapan kami lengkap, kami melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Jakarta.

    Tapi, kami tidak turun menuju telaga warna, karena mendapatkan pengalaman pahit ketika berangkat karena motor rombongan kami ada yang mogok. Akhirnya kami memutuskan untuk turun lewat jalur yang lain. Jalur terjal yang kami ambil adalah menuju kampung ambon, yang ternyata juga memiliki jalan yang curam. 

    Sore harinya, akhirnya kami sudah sampai di rumah masing-masing.
     

    Biaya Mendaki Gunung Kencana

    Kami akan menguraikan berapa biaya yang kami keluarkan. Biaya ini relatif, tergantung dari mana anda berangkat dan berapa orang yang anda bawa. 
     
    1. Bensin Sepeda Motor : Rp. 50.000,-/motor
    2. Tiket Masuk Telaga Warna: Rp. 15.000,-/orang
    3. Parkir: Rp. 15.000,-/Motor
    4. Simaksi : Rp. 20.000,-/pendaki
    5. Logistik: Rp. 50.000,-/Orang

    Tips Mendaki Gunung Kencana

    Seperti biasa, kami akan memberikan beberapa tips mendaki gunung kencana
    • Jika anda menggunakan sepeda motor, lebih baik menggunakan motor manual atau motor kopling karena jalanan yang cukup terjal dan berbatu.
    • Bawalah jas hujan selama perjalanan dan pendakian. Menurut warga sekitar, di Gunung kencana hujan hampir setiap hari. 
    • Sebelum memulai pendakian Gunung Kencana, harap ambil air terlebih dahulu di basecamp. Karena di Puncak Kencana sudah tidak ada lagi sumber air.
    • Jika mau tek tok, Gunung Kencana adalah salah satu gunung yang bisa kamu manfaatkan untuk pendakian singkat karena hanya memakan waktu tidak lebih dari 4 jam.

    FAQ Pendakian Gunung Kencana

    Lokasi Gunung Kencana?

    Gunung Kencana berada di Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

    Gunung Kencana MDPL?

    Ketinggian Gn. Kencana adalah 1803 MDPL

    Berapa Tiket Masuk Gunung Kencana?

    Kami dipatok biaya Rp. 15.000,- untuk izin saat berada di Pos masuk kawasan telaga warna. Untuk parkir motor saat di basecamp kami dipatok biaya Rp. 15.000,- per motor.

    Berapa simaksi mendaki Gn. Kencana?

    Kami dipatok Rp.20.000,-/ orang.

    Apakah Gn. Kencana cocok untuk pemula?

    Menurut kami, Gunung kencana cocok untuk pemula.

    Berapa estimasi waktu mendaki Gunung kencana bogor?

    Estimasi pendakian adalah 3 sampai 4 jam pendakian.



    Itulah cerita pejalanan kami saat Pendakian Gunung Kencana Bogor via Telaga Warna. Perjalanan yang singkat dan ceria. Semoga bermanfaat :)