October 4, 2016

5 Barang Penting yang Sering Lupa Dibawa Para Pendaki Gunung

Barang-Barang Wajib Ini Sering Dilupakan Pendaki

barang wajib naik gunung
(Doc: @Cikugheart)
Menjelajah alam liar seperti mendaki gunung tentunya harus dipersiapkan secara matang. Bukan hanya persiapan mental dan fisik, persiapan dari segi peralatan dan kelengkapan pun harus dipersiapkan sebaik mungkin. Tapi namanya manusia sering lupa akan sesuatu, termasuk mempersiapkan barang bawaan yang sebenarnya penting dibawa saat mendaki gunung. Berdasarkan pengalaman pendaki, berikut ada beberapa barang yang sering lupa dibawa saat akan melakukan pendakian. 
1. Jas Hujan Ponco
Jas hujan ponco
Jas hujan ponco (doc: tokopedia)
Jas hujan merupakan perlengkapan yang sangat penting untuk dibawa saat naik gunung, meskipun sebenarnya sedang musim kemarau. Mengingat alam "punya" cuaca sendiri, jas hujan sangat diperlukan untuk pendakian. Kadang beberapa pendaki menyepelekan fungsi jas hujan ini saat mendaki. Disarankan membawa jas hujan jenis ponco agar tas carrier juga bisa dilindungi dari air hujan.
2. Flysheet Tenda
Flysheet tenda
Flysheet tenda (Doc: Tokopedia)
Tidak semua tenda punya dinding luar atau flysheet. Jadi fungsi flysheet sangat penting untuk para pendaki, apalagi jika mendaki dalam musim hujan. Selain itu, flysheet tambahan juga bisa digunakan dalam keadaan darurat jika terjadi hujan saat pendakian. 

3. Oksigen
oksigen gunung
Oksigen (Chnadra medika)
Meskipun gunung-gunung di Indonesia tidak setinggi gunung everest, namun membawa oksigen sangat penting untuk keadaan darurat. Tidak semua pendaki dalam sebuah kelompok pendakian punya fisik yang kuat. Mungkin salah satu pendaki dari kelompok bisa terserang asma seketika saat pendakian berlangsung. Dalam keadaan ini, oksigen sangat membantu untuk meringankan derita asma atau kekurangan oksigen di ketinggian. 
4. Emergency Blanket Almunium
Blanket almunium
Blanket (Doc: bukalapak)
Emergency Blanket Almunium  ini dapat digunakan menjadi salah satu hal penting dalam “Survival” atau tekhnik bertahan hidup, melakukan kegiatan SAR (Search and Rescue) ataupun dalam aktifitas mounteering seperti mendaki gunung dan camping. Blanket almunium foil bisa dilipat kecil dan ditaruh di saku celana, yang bisa digunakan dalam keadaan darurat apabila salah satu pendaki mengalami kedinginan hebat. Harganya cukup murah, mulai dari Rp. 25.000,- saja. 
5. Kompas
Kompas navigasi darat gunung
Kompas (Doc: tokopedia)
Tersesat di alam liar mungkin saja terjadi. Banyak kasus pendaki yang tersesat da hilang di gunung. Meskipun beberapa gunung sudah mempunyai trek pendakian yang jelas, tapi disarankan bagi semua pendaki untuk membawa kompas untuk antisipasi jika tersesat. Membawa kompas tentunya akan sangat berguna untuk mengetahui arah mata angin saat tersesat. Tapi kamu harus mengetahui teknik dasar navigasi darat, agar paham bagaimana menggunakan kompas saat di alam liar. (baca: teknik dasar navigasi darat)

BONUS DAN TIDAK KALAH PENTING!

skop gunung
Kamu tahu ini untuk apa? :D
Itu dia beberapa barang yang sering lupa dibawa saat mendaki gunung, meskipun semuanya mungkin pernah dibawa oleh para pendaki lain. Ada tambahan lainnya? Yuk tulis di kolom komentar.

Baca Juga:
Septi Anggar Wati, Pendaki Cantik Yang Bikin Gunung Makin Adem
Menikmati Kabut Lembut di Wisata Tebing Keraton, Bandung (Transportasi dan Biaya)