October 7, 2016

6 Tempat Wisata Yang Lagi Hits di Jawa Tengah #JatengEksis

Tempat Wisata ini Lagi Populer Banget di Kalangan Instagramers Jawa Tengah, Tertarik Berkunjung?

Jawa Tengah dikenal kaya dengan wisata alamnya. Terdapat puluhan wisata alam yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk sekedar berfoto, ataupun menginap. Banyak terdapat wisata alam seperti air terjun, gunung, pantai, candi, dan lainnya. Salah satu yang paling terkenal adalah kawasan dieng plateau.

Tapi ternyata ada beberapa tempat wisata selain dieng yang sedang eksis di Jawa Tengah ini. Setidaknya ada 6 tempat wisata yang sedang eksis di Jawa Tengah. Bersumber dari gallery instagram @JatengEksis, berikut rangkuman JanganLupaBahagia.com:

1. Hutan Pinus Sekipan, Karanganyar
Hutan Pinus Sekipan (Doc: @JatengEksis - Original by:@danarsibolang )

Bumi Perkemahan Sekipan adalah areal kawasan hutan pinus yang terletak 31 Km di sebelah utara Karanganyar dan membutuhkan 30-45 menit dari Taman Rekreasi Tawangmangu. Tepatnya di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar, Berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut diapit oleh dua bukit mengakibatkan area ini menjadi sejuk dan dingin.

Untuk menuju ke Bumi Perkemahan Sekipan pelancong dapat menggunakan kendaraan pribadi dan harus memastikan bahwa kendaraannya benar-benar dalam keadaan prima karena jalan yang dilalui adalah jalan Solo Tawangmangu. Untuk menuju kawasan ini tidak terlalu sulit, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun melakukan backpacker dengan kendaraan umum. Tiket masuk: Rp. 7.500,-

2. Gunung Selok, Adipala - Cilacap
Gunung Selok, Adipala (Doc: @JatengEksis)

Gunung selok sebenarnya merupakan area hutan yang di kelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur . Seluas 236, 7 Ha yang merupakan sebuah bukit yang ada di wilayah Desa Karangbenda Kecamatan Adipala dengan ketinggian 0 sampai dengan 150 meter diatas permukaaan laut .

Untuk menuju gunung selok dapat dicapai dengan kendaraan penumpang bus atau angkutan pedesaan atau kendaraan pribadi dari terminal Adipala . Gunung selok merupakan wisata yang nyaman mengasyikan dan unik, karena lokasi ini menyajikan perpaduan keindahan alam berupa hutan bukit goa-goa alam Benteng peninggalan jepang yang konon ada 25 benteng dan pantai laut selatan .
Selain itu, wisatawan juga bisa berfoto diatas pohon yang sudah dibuatkan tempat berfoto (gardu pandang) seperti di kalibiru, Yogyakarta. Cukup membayar Rp. 10.000,- saja untuk masuk kawasan wisata di cilacap ini.


3. Pantai Menganti, Kebumen

Pantai Menganti (Doc: @JatengEksis - Original by:@payung_tedhuh. )

Pantai Menganti merupakan sebuah pantai di selatan jawa, tepatnya berada di kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Keindahan yang ditawarkan pantai ini tidak bisa diragukan lagi, hampir mirip dengan pulau komodo di Lombok, Nusa Tenggara.

Pengunjung juga bisa bermalam di penginapan maupun mendirikan tenda di bibir pantai. Tapi untuk menggunakan angkutan umum cukup sulit untuk menuju ke wisata pantai ini. Tiket masuk kawasan pantai cukup terjangkau, hanya Rp. 10.000,-/wisatawan. Baca Info Camping dan Transportasi ke Pantai Menganti.

4. Hutan Pinus Kragilan Top Selfie, Magelang

Keistimewaan Top Selfie Pinusan Magelang ini adalah lokasinya yang dingin dan sejuk. Bagaimana tidak, lokasi hutan pinus desa Kragilan, Pakis, Magelang ini tepat berada di lereng Gunung Merbabu dan berlokasi tidak jauh dari gardu pandang Ketep Pass yang sudah terkenal.
Hutan Pinus Kragilan Top Selfie (Doc: @JatengEksis Original by:@detisanugrah11. )

Kawasan wisata hutan pinus ini memang lagi hits banget di kalangan instagramers, bahkan beberapa brand clothing juga sering melakukan sesi pemotretan untuk produknya di tempat wisata murah di jawa tengah ini. Cukup membayar parkir Rp. 3.000,/motor dan Rp. 10.000,-/mobil, anda bisa masuk ke kawasan ini.

5. Ranto Canyon, Brebes

Body Rafting Ranto Canyon (Doc: @RantoCanyon)

Mungkin masih banyak orang yang asing dengan tempat wisata di brebes, jawa tengah ini. Tapi, keindahan alam yang masih asri membuat wisata ini akan eksis dalam beberapa waktu ke depan. Terletak di desa salem, Ranto Canyon menawarkan wisata alam menarik berupa wisata body rafting (mirip green canyon, ciamis).
Uniknya, wisata di ujung barat jawa tengah ini masih gratis untuk sekedar menikmati keindahan sungainya saja. Tapi wisatawan bisa menikmati rafting hanya dengan membayar Rp. 30.000,-/orang. Tertarik untuk berkunjung? Baca dulu artikel: info transportasi ke Ranto Canyon, Salem - Brebes.

6. Bukit Gantole, Wonogiri

Bukit Gantole (Doc: @JatengEksis Original by: @betiernawati22)

Ini dia yang terakhir, Bukit Gantole yang berada di Wonogiri, Jawa Tengah. Tempat nongkrong ini lagi eksis abis di kalangan pemuda wonogiri dan dari daerah lainnya. Dari tempat ini, wisatawan bisa menikmati indahnya sunset. Letak tempat bukit gantole Wonogiri tidak jauh dari dari waduk serba guna gajah mungkur, kira-kira berjarak 6 Kilometer dari sana. jadi tempat ini sayang kalau di lewatkan

Nah, itu dia beberapa rekomendasi wisata yang sedang hitz di kalangan instagramers jawa tengah. Support wisata jawa tengah dengan hashtag #JatengEksis dan tag ke official instagram @JatengEksis dan @JanganLupaBahagiaBM.

Baca Juga:
5 Barang Penting Yang Sering Lupa Dibawa Para Pendaki Gunung