Ketahui Hal Berikut Ini Sebelum Mendaki Gunung Slamet

Editor: Tim BM

November 8, 2017

5 Perihal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Merencanakan Pendakian ke Gunung Slamet - Purwokerto


Gunung Slamet merupakan gunung yang menjadi atap tertinggi di Jawa Tengah. Gunung ini adalah gunung berapi aktif dengan ketingggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung Salmet terletak di 3 kabupaten berbeda, yaitu banyumas, tegal dan purbalingga. Gunung Slamet adalah salah satu gunung yang memiliki hutan tropis di indonesia.

Buat kamu yang ingin melakukan pendakian ke gunung slamet, hendaknya harus memperhatikan beberapa hal. Yang pertama kali harus diperhatikan adalah soal pengetahuan jalur yang bisa dilalui. Diantaranya via jalur bambangan (purbalingga), via Guci (tegal), Via Kaliwadas, via Permadi dan Via Baturaden. 

Tapi salah satu yang paling populer yaitu pendakian gunung slamet via bambangan. Mungkin dikarenakan jalur via bambangan lebih ramai dan lebih murah, juga banyak basecamp gratis yang disediakan.

Selain harus mengetahui jalur pendakian, alangkah baiknya pendaki harus mengetahui beberapa hal penting mengenai gunung slamet ini. Berikut adalah 5 hal yang harus diketahui oleh para pendaki sebelum mendaki gunung slamet via bambangan.

1. Transportasi
Jika kamu lebih suka bepergian dengan menggunakan kereta api, stasiun yang terdekat adalah stasiun purwokerto. Dari purwokerto, perjalan masih cukup jauh tergantung jalur mana yang kamu gunakan. Jika ingin menggunkan jalur bambangan, kamu harus menaiki kendaraan umum beberapa kali. Baca: Transportasi ke Bambangan.

Jika menggunakan jalur pendakian baturaden, dari kota purwokerto sebenarnya tidak terlalu jauh. Berkisar hanya 1 jam dari kota purwokerto. Namun banyak yang bilang bahwa jalur baturaden ini memerlukan perizinan yang cukup ribet.

Jika lebih suka menggunakan pendakian slamet jalur guci, anda bisa menggunakan transportasi umum menuju ke lebaksiu lalu ke guci. Di sana anda akan bertemu dengan beberapa ranger untuk perizinan pendakian gunung slamet.

2. Basecamp Pendakian 
Berdasarkan pengalaman Tim BM saat mendaki gunung slamet via bambangan. banyak sekali basecamp gratis inap yang ada. Di sana kamu bisa menginap di rumah-rumah warga yang dijadikan basecamp. Meskipun gratis, alangkah baiknya kamu membeli souvenir-souvenir atau makan di warung yang disediakan basecamp tersebut.

3. Sumber Air di Gunung Slamet 
sumber: Tuna Berkenala

Saat menggunakan jalur pendakian bambangan, tidak ada banyak sumber air di jalur. Seingat kami hanya ada 2 sumber air bersih yang mengalir. Pertama adalah saat menuju ke pos 1. Anda akan melalui sungai kecil nan bersih.

Setelah itu, pendaki tidak akan menemukan sumber air lainnya sebelum sampai di pos 5. Di pos 5 tersebutlah sumber air terakhir yang ada dan bisa diminum langsung alias bersih.

4. Tempat Camping
Saat pertama kali mendaki gunung slamet via bambangan, yang kami fikirkan bahwa pos untuk mendirikan tenda cukup luas. Ternyata pada kenyataannya tidak begitu luas. Satu blok mungkin hanya bisa mendirikan 5 tenda saja.

Tapi jangan khawatir, di Pos 7 tetap bisa mendirikan tenda meskipun tidak berjejer seperti di gunung papandayan, karena memang pos 7 memiliki tekstur lahan yang berundak.

5. Suhu dan Keadaan Gunung Slamet
Sebagai salah satu gunung tertinggi di jawa, tentunya gunung slamet memiliki suhu udara yang cukup dingin. Suhu rata-rata di musim penghujan adalah 8 derajat celcius. Suhu yang cukup dingin untuk orang Indonesia. Jadi sangat disarankan membawa jaket gunung dan sleeping bag demi keamanan.

Melihat keadaan di gunung slamet, gunung ini boleh dibilang punya keindahan yang bagus. Di pagi hari, kita bisa menikmati sunrise yang tiada 2 nya. Dari puncak gunung slamet pun kita bisa menikmati indahnya langit dan awan.

Namun harus diperhatikan bawah saat melakukan summit untuk tetap berhati-hati karena jalur pendakian berbatu. Selain itu kabut sering turun sehingga membuat jalur pendakian tidak terlihat jelas. Harap berhenti terlebih dahulu saat kabut turun.


Itulah dia beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum kamu merencanakan pendakian ke gunung slamet. Yang pasti selalu berdoa dan jaga sopan santun di manapun kalian berada. Jangan Lupa Bahagia!

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung (Transportasi dan Biaya
Reaksi:

Add Comment