December 10, 2017

Geser untuk perjelas gambar

    Bikin Gatal Hebat Ketika Kulit Menyentuh Daunnya, Ternyata Tanaman Jelatang Banyak Manfaatnya

    Ada yang pernah melihat tanaman liar jelatang saat mendaki gunung? Harap jauhi dan jangan sampai daunnya menempel ke kulit anda, jika tidak ingin seluruh badan menjadi gatal!


    Meskipun bentuknya tidak menakutkan, dan bias dengan tanaman-tanaman liar lainnya yang berada di gunung, nyatanya tanaman ini sangat berbahaya. 

    Daunnya mengandung racun yang berbahaya yang secara cepat bisa menyebar ke seluruh tubuh. Jika kulit kamu terkena daun jelatang, maka akan menimbulkan gatal, kemerahan bahkan bengkak. Ciri-ciri daunnya berwarna hijau dan berduri di bagian daunnya. 
    Daun jelatang bisa ditemui di berbagai daerah di Asia, tak terkecuali Indonesia. Beberapa gunung di Indonesia, memang banyak ditumbuhi tanaman liar ini. Dan menjadi salah satu musuh bagi para pendaki. 

    Namun, jangan salah. Ternyata tanaman jelatang mempunyai banyak khasiat apabila diolah. Ternyata daun jelatang akan kehilangan racunnya apabila sudah direndam pada air bersuhu panas, dan dikeringkan. 

    Table of Contents
    Setelah daun jelatang netral dari racun, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut kami jelaskan manfaat dari daun jelatang:

    1. Meredakan gejala pembesaran prostat jinak


    Para ahli menduga bahwa zat kimia dalam tanaman jelatang bisa mengatur keseimbangan hormon, misalnya testosteron dan estrogen. Pasalnya, gangguan hormon bisa menjadi salah satu penyebab pembesaran prostat jinak. Untuk itulah kenapa daun jelatang bermanfaat buntuk meredakan gejala prostat jinak.

    2. Mengatasi rematik

    Sebuah penelitian lainnya menunjukkan bahwa minum ekstrak daun jelatang bisa membantu mengatasi rematik. Ini karena jelatang berfungsi sebagai antiperadangan dalam tubuh. Terutama di lutut, punggung, pinggul, dan tangan.

    3. Anti alergi

    Tanaman ini memang bisa bikin gatal. Namun, kalau sudah diproses jadi teh atau masakan, tanaman jelatang justru bisa membantu melawan reaksi alergi. Dalam tubuh, jelatang berfungsi sebagai antihistamin yang ampuh menghentikan gatal, bersin-bersin, hidung berair, dan iritasi mata.

    4. Menghentikan perdarahan


    Berbagai studi membuktikan kalau jelatang bisa dimanfaatkan sebagai penghenti perdarahan, terutama setelah operasi. Penelitian juga menyebutkan khasiat daun serba guna ini untuk menghentikan perdarahan setelah operasi cabut gigi.

    5. Menyembuhkan Gejala eksim


    Eksim adalah kulit kering sedikit basah dan gatal di permukaan kulit Anda. Penyebabnya adalah karena reaksi alergi, iritasi, dan keturunan. Untuk mengatasi gejala eksim, bisa menggunakan daun jelatang yang sudah direbus dan dioleskan pada kulit yang gatal.

    6. Meningkatkan produksi ASI


    Sebuah penelitian asal Kanada menunjukkan kalau ibu menyusui bisa meningkatkan produksi ASI nya dengan tanaman jelatang. Namun, penelitian ini terus dilanjutkan karena belum menemui efek samping penggunaanya dalam jangka panjang