24 January 2020

Pengalaman Saya Reschedule / Ubah Jadwal Tiket Kereta Api Yang dibeli dari Traveloka / Tiket.com secara Online, Tidak perlu ke Stasiun

    Pengalaman Saya Reschedule / Ubah Jadwal Tiket Kereta Api Yang dibeli dari Traveloka / Tiket.com secara Online, Tidak perlu ke Stasiun


    Jika ditanya mode transportasi paling nyaman untuk bepergian ke luar kota, Kereta Api akan menjadi pilihan saya. Murah, nyaman dan cepat menjadi kunci kereta api tetap eksis meskipun banyak mode transportasi lain yang lebih murah. 

    Pelayanan PT KAI sebagai perusahaan operasional Kereta Api di Indonesia juga dirasa semakin baik. Kereta banyak yang diperbaharui, pemesanan tiket secara online juga tersedia, dan tentu juga pelayanan after sales yang semakin baik.

    Jika dulu merubah jadwal atau reschedule tiket kereta harus dilakukan langsung di stasiun terdekat, sekarang semuanya bisa dilakukan via aplikasi resmi KAI Access. Tentu ini terobosan bagus yang lebih efisien. 

    Pengguna yang ingin merubah jadwal akan semakin dimudahkan karena tidak perlu ke stasiun untuk sekedar merubah jadwal. 

    Saya sendiri beberapa waktu yang lalu sempat salah memilih jadwal pemesanan tiket kereta api, padahal saya sudah dapat kode booking tiket KAI.

    Mencoba pembatalan tiket di Traveloka

    Saat itu saya membeli tiket KAI Bandung - Banjar via aplikasi Traveloka dan dapat kereta Pasundan, tapi saya salah memilih jam keberangkatan. Di mana saat kereta Pasundan memang punya 2 kali keberangkatan per hari.

    Terlanjur sudah dibeli, saya coba menelpon pihak Traveloka. Tapi Customer Service Traveloka bilang bahwa tidak ada kewenangan pembatalan tiket KAI, artinya Traveloka tidak bisa membatalkan tiket KAI yang sudah dibeli. 

    Baca juga: 4 Aplikasi Traveling Dengan Pembayaran Paylater, Liburan Dulu Bayar Nanti

    Pihak Traveloka memberikan solusi di mana kita harus datang ke loket stasiun terdekat untuk merubah atau membatalkan tiket KAI. Tentu saya sedikit jengkel karena ke stasiun juga akan membutuhkan waktu dan biaya.

    Kemudian saya coba telpon PT KAI di nomer layanan KAI 121. Setelah menjelaskan masalah saya, customer care KAI ternyata punya solusi yang lebih baik, yaitu dengan pembatalan lewat aplikasi KAI Access.

    Akhirnya saya download KAI Access di playstore dan mendaftarkan nama sesuai yang tertera di Tiket yang sudah saya beli. Jujur saja, saya belum pernah membeli tiket kereta via aplikasi KAI Access.

    Syarat Ubah Jadwal Tiket Kereta Api

    Sebelum melanjutkan ke proses ubah jadwal kereta via aplikasi KAI Access, saya akan jelaskan beberapa syarat reschedule  berikut ini:

    1. Perubahan jadwal dapat dilakukan pada Kereta Api dengan kondisi sbb :
      a. Kereta Api yang sama pada hari keberangkatan yang berbeda.
      b. Kereta Api yang berbeda dengan hari keberangkatan yang sama.
      c. Kereta Api yang berbeda pada hari keberangkatan yang berbeda.
    2. Perubahan jadwal dilayani di loket stasiun.
    3. Perubahan jadwal dapat dilakukan apabila tempat duduk Kereta Api yang baru (pengganti), masih tersedia.
    4. Dilakukan selambat-lambatnya 60 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum pada Boarding Pass penumpang.
    5. Dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif Kereta Api diluar biaya pemesanan.
    6. Jika Kereta Api jadwal yang baru tarifnya lebih tinggi, maka penumpang membayar selisih tarif.
    7. Jika Kereta Api jadwal baru tarifnya lebih rendah, maka tidak ada pengembalian bea atas selisih tarif.

    *sumber: https://kai.id/corporate/passenger_services/1

    Ubah Jadwal Tiket Kereta via Aplikasi KAI Access

    Setelah saya mendownload aplikasinya, saya mendaftar sesuai dengan nama dan nomer KTP (wajib) di tiket yang sudah saya beli.

    Setelah pendaftaran akun berhasil, saya mengikuti cara yang sudah dijelaskan oleh Customer Care PT KAI. 

    Baca juga: Aplikasi Perjalanan Mana Yang Terbaik, Traveloka atau Agoda?

    Dan berikut cara ubah jadwal atau reschedule tiket kereta api yang terlanjur sudah dibeli. 

    1. Buka dan daftar akun sesuai dengan nama dan nomer KTP yang tertera di tiket kereta yang sudah dibeli. Pada tampilan awal KAI Access, klik Tambahkan Tiket.
    2. Masukan kode pemesanan / kode pembayaran (booking kode) yang sudah dipesan sebelumnya via Traveloka atau aplikasi lainnya biasanya terdiri dari 6 - 7 abjad. 
    3. Jika sudah ditambahkan, kembali ke tampilan awal KAI Access. Klik menu Ubah Jadwal / Reschedule, maka akan muncul tiket yang sudah anda tambahkan tadi.
    4. Klik tiket yang ingin diubah jadwal, maka akan muncul detail tiket tersebut.  Klik Ubah Jadwal / Reschedule, lalu Checklist semua nama penumpang yang ada di tiket tersebut dan klik continue / lanjutkan
    5. Piih stasiun keberangkatan dan kedatangan sesuai tujuan anda. Jangan lupa untuk mengubah tanggal pemberangkatan anda, jangan sampai salah lagi.
    6. Jika sudah selesai dan yakin, check list tulisan i have read and agree , dan lanjutkan. Maka akan terlihat peringatan bahwa anda akan dikenakan biaya denda ubah jadwal sebesar 25% dari harga tiket yang dibeli. Klik Ya / Yes.
    7. Akan muncul detail tiker baru yang sudah anda ubah, pastikan semua data sudah benar. Jangan lupa untuk memilih kursi penumpang. Jika sudah yakin, lanjutkan ke Pembayaran.
    8. Pilih metode pembayaran, bisa Transfer ATM, Internet Banking, Gerai Retail, Kartu Kredit, dan lain-lain. Transfer sesuai dengan nomer virtual account yang disediakan. 
    9. Selesai, tiket anda sudah berubah jadwal. 

    Perlu diketahui bahwa biaya pembatalan adalah 25% dari tiket yang sudah dibeli sebelumnya. Kamu juga bisa memilih kereta yang berbeda di jadwal keberangkatan yang dipilih.  Jika harga kereta baru lebih mahal, tentu harga semakin berbeda.

    Baca juga: Biaya 3 hari 2 Malam Liburan ke Jogja dari Jakarta

    Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengubah jadwal tiket kereta api, saya menemukan sebuah video di Youtube. Silahkan klik link berikuti ini: https://youtu.be/hCmCsuE5MbY 



    Itulah sharing saya mengenai pengalaman mengubah jadwal keberangkatan tiket kereta api yang sudah saya beli via Traveloka. Semoga bermanfaat :)