09 March 2020

Berikut Inil 3 Gunung Di Sekitar Bandung yang sangat direkomendasikan untuk kamu Pendaki Pemula

Konten [Tampil]

Inilah 3 Gunung Di Sekitar Bandung Untuk Pendaki Pemula


Wisata pendakian gunung menjadi salah satu gaya hidup masyarakat milenial saat ini. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan dari atas ketinggian, pendakian juga tentu akan menyehatkan tubuh kita.

Meskipun tidak seramai di tahun 2014 - 2016-an, nyatanya wisata mendaki masih banyak dilakukan oleh orang-orang. Tidak hanya yang sudah pernah melakukan pendakian sebelumnya, banyak juga muncul pendaki baru yang pertama kali merasakan sensasi mendaki gunung.

Banyak orang yang masih takut untuk mendaki gunung karena beberapa hal seperti takut kesasar, kedinginan, capek, dan tentu waktu luang yang kurang.

Tapi sebenarnya, ada beberapa gunung yang ramah untuk pendaki baru atau pendaki pemula. Gunung-gunung tersebut relatif tidak terlalu tinggi dan tidak memerlukan banyak waktu mendaki. 

Kali ini, saya akan membahas beberapa gunung di sekitar Bandung yang ramah pendaki pemula. Saya bisa katakan seperti itu karena pengalaman mendaki gunung tersebut tidak terlalu melelahkan dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk mendaki. Pengalaman saya, hanya membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam saja dari basecamp hingga ke puncak. 

Selain itu, tingkat suhu juga tidak sedingin yang dibayangkan, meskipun kita sudah di puncak. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh ketinggian gunung tersebut.

Dan langsung saja, berikut ini adalah 3 gunung sekitar Bandung yang cocok untuk pendaki pemula. 

1. Gunung Manglayang

Gunung Manglayang berada di antara kota bandung dan kabupaten sumedang. Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 1818 meter di atas permukaan laut. 

Saya dan teman-teman Tim BM pernah mendaki gunung manglayang ini pada sekitar 3 tahun yang lalu. Kami mendaki melalui jalur basecamp Batu kuda, yang juga merupakan salah satu destinasi wisata bandung populer. 

Trek gunung manglayang bisa dbilang "kecil-kecil cabe rawit". Treknya tidak terlalu landai juga tidak securam trek gunung ciremai. 

Lama pendakian yang kami lakukan sekitar 4 jam dari Batu Kuda dengan lama istirahat sekitar 30 menit. 

Puncak gunung manglayang memang tidak indah, karena dipenuhi dengan pepohonan yang menutupi indahnya awan dan kota bandung. 

Jika kamu ingin menikmati malam dan gemerlap kota Bandung, kamu harus kembali berjalan sekitar 15 menit dari puncak.

Gunung ini cocok untuk pendaki pemula karena suhu yang tidak dingin, juga trek yang tidak curam. 

2. Gunung Burangrang

Gunung burangrang terletak di Cimahi, Bandung Barat. Gunung dengan ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut ini saya rekomendasikan untuk kamu yang pemula. Lokasi basecamp gunung berada di Legok Haji, tidak jauh dari dusun bambu, salah satu tempat wisata di bandung.

Meskipun trek tidak landai, dan cukup curam di beberapa titik, tapi saya rasa trek pendakian gunung burangrang cocok untuk pemula. 

Lama pendakian gunung ini sekitar 4 jam 30 menit dari Legok haji. Saya sendiri pernah melakukan pendakian gunung burangrang dengan kakak saya, dan menjadi salah satu pendakian yang tak terlupakan. 

Puncaknya cukup luas, dan cukup menenangkan jiwa ketika memandang sekitaran gunung. Selain itu, gunung ini tidak terlalu banyak yang mendaki sehingga masih sangat bersih dari sampah plastik. 

Meskipun gunung ini cocok untuk pemula, disarankan untuk mendaki bersama lebih dari 2 orang agar beban bawaan mendaki bisa terbagi. 

3. Pegunungan Malabar

Bandung di kelilingi oleh pegunungan, dan salah satu pegunungan itu adalah pegunungan Malabar. Ada setidaknya 3 puncak yang ada di gunung malabar yaitu Puncak Mega, puncak malabar dan Puncak Haruman. 

Puncak di gunung malabar ini berada di ketinggian 2.300-an meter di atas permukaan laut dan menjadi puncak tertinggi di bandung.

Gunung-gunung tersebut juga biasanya menjadi destinasi mendaki para pendaki gunung. Jika suruh memilih mana puncak terbaik yang ada di bandung, puncak di pegunungan malabar ini adalah yang terbaik dari yang lain. 

Saya rekomendasikan gunung malabar untuk pendaki pemula karena menurut saya treknya cocok untuk pemula meskipun ada beberapa titik curam. Selain itu, keindahannya juga tidak kalah dengan gunung-gunung yang ada di jawa tengah.

 

Yap, itu dia 3 rekomendasi gunung di bandung untuk pemula. Meskipun kami rekomendasikan untuk pemula, sebaiknya kamu mendaki ditemani oleh orang yang sudah pernah mendaki gunung sebelumnya. 

Semoga bermanfaat ya :)

Baca juga: