March 3, 2016

Info Backpacker Wisata ke Gunung Bromo Malang (Transportasi dan Biaya)


Info Wisata, Akses Transportasi dan Estimasi Biaya ke Gunung Bromo Jawa Timur

Sebelumnya kami Tim BM JanganLupaBahagia.com menceritakan tentang keindahan Gunung Ciremai Jawa Barat, Kali ini Tim BM akan menceritakan tentang keindahan alam yang berada di Jawa Timur yaitu Gunung Bromo.


Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif dan mempunyai hamparan pasir yang sangat luas, tepatnya berada di Jawa Timur yang meliputi 4 kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo ini mempunyai ciri khas tersendiri untuk para pelancong yang ingin mendatangi tempat ini. Di Gunung ini, para pelancong dapat menikmati sunrise dan sunset yang sangat indah.

Perjalanan dari Jakarta menuju Probolinggo
Kami Tim BM melakukan perjalanan pada tanggal 9 September 2015. Perjalanan dimulai dari pool bis Safari Dharma Raya daerah kebayoran lama, jurusan Jakarta - Bali dengan biaya Rp. 320.000,-/orang dikarenakan tidak ada trayek probolinggo, lalu kami turun di pertigaan terminal probolinggo lalu kami melanjutkan perjalanan menuju gunung bromo dengan mobil elf yang biayanya Rp. 50.000,-/orang.

Apabila anda ingin menggunakan Kereta Api dari pasar senen menuju stasiun malang dengan harga tiket termurah Rp. 111.000,- (Kereta Matarmaja). Selanjutnya melakukan perjalanan menuju Desa Tengger.

Harga Tiket Masuk, Sewa Jeep, Sewa Kuda dan Biaya Penginapan

Untuk tiket masuk ke Gunung Bromo di kenakan biaya Rp.32.500,-/orang (termasuk asuransi). Di daerah wisata Gunung Bromo ini banyak terdapat penginapan rumah warga atau hotel dengan biaya dari Rp. 100.00,-/malam sampai Rp. 500.000,-/malam.

Kami memutuskan untuk menyewa rumah warga dengan biaya Rp.100.000,-/malam. Untuk penyewaan Jeep di kenakan biaya Rp. 550.000,-/Jeep dengan kuota 8 - 10 orang. Untuk penyewaan kuda jika malas untuk berjalan dikenakakan biaya Rp. 50.000,-/orang.

Estimasi Biaya di Gunung Bromo
Berikut ini estimasi biaya yang kami keluarkan untuk Wisata Gunung Bromo. Biaya ini masih sangat relatif tergantung dari mana perjalanan kita mulai :
  • Transportasi Bis : Rp. 320.000,-/orang 
  • Mobil Elf : Rp. 50.000,-/orang 
  • Tiket Masuk : Rp. 32.500,-/orang 
  • Penginapan : Rp 100.000,-/malam (di bagi sesuai tim) 
  • Sewa Jeep : Rp. 550.000,-/jeep (di bagi sesuai tim) 
  • Sewa Kuda ; Rp. 50.000,-/orang 
Untuk yang ingin menggunakan jasa trip murah bromo, kamu bisa menghubungi www.kambinggunung.com . Explore bromo start from IDR 299K

Menuju Kawah Bromo (Doc: Adi Satrio)

Spot Wisata Gunung Bromo
Berikut beberapa spot wisata yang bisa anda nikmati:
  • Kawah Gunung Bromo
Untuk dapat mencapai ke kawah gunung bromo kita harus berjalan kaki kurang lebih 1,5 km untuk mencapai anak tangga yang berjumlah sekitar 250 anak tangga dengan trek yang berdebu tapi jika tidak ingin berjalan kaki, banyak penduduk lokal yang mengais rejeki dengan menyewakan kuda.
  • Bukit Teletubies
Merupakan padang savana terhampar luas yang mengelilingi kawah dari gunung bromo. Disini kita bisa menikmati pemandangan yang jarang ditemui di ibu kota dan dapat ber selfie ria bersama sahabat, rekan kerja dan sanak saudara.

Bromo (Doc: KambingGunung.com)

  • Pasir Berbisik
Merupakan hamparan pasir bekas letusan dari gunung bromo yang sangat indah nan ciamik. Berada ditengah hamparan pasir yang terdapat sebuah pure yang biasa dijadikan sebagai tempat sembahyang masyarakat suku Tengger.

  • Penanjakan Gunung Bromo
Merupakan bukit tertinggi dari kawasan gunung bromo. Terdapat 2 penanjakan di gunung bromo ini, yang paling favorit bagi para penikmat sunrise dan sunset. Bukit ini biasa dikunjungi oleh para traveller untuk menikmati sunrise dan sunset dengan menggunakan jeep.

Tips Berwisata di Gunung Bromo (Wajib Baca):
Doc: IG @KambingGunung)

Berikut tips aman berwisata ke Gunung Bromo :
  • Membawa jaket yang tebal, sarung tangan dan kupluk 
  • Pintat - pintar meloby agar tidak kena tipu 
  • Membawa oksigen bila perlu untuk melakukan perjalanan menuju kawah 
  • Membawa obat - obatan pribadi (jika ada penyakit pribadi) 
  • Jika anda mengunjungi gunung bromo ini, anda jangan asal memberi salam, pasalnya di kawasan desa tengger mayoritas beragama Hindu 
Sngkat cerita perjalanan kami Tim BM JanganLupaBahagia.com tentang Gunung Bromo Jawa Timur semoga bermanfaat bagi para pembaca. Tetap jaga kebersihan dimana kita menikmati keindahan yang disediakan oleh Sang Pencipta. Tetap senyum dan jangan lupa bersyukur atas karunia yang telah Tuhan berikan kepada kita. #JanganLupaBahagia

Untuk para pendaki yang ingin mendaki gunung bersama pria-pria tampan di Tim BM JanganLupaBahagia.com Klik link Info Open Trip dan Bahagia Bersama @ Gunung Papandayan.

Baca Juga :