Back To Nature in Samarinda, Pesona Air Terjun Indah Nan Menggoda

Editor: Tim BM

May 18, 2016


BACK TO NATURE IN SAMARINDA
Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur yang memiliki jumlah penduduk paling besar di Pulau Kalimantan. Lokasi Samarinda di lalui oleh sungai Mahakam yang indah dan membelah kota Samarinda. Udara di kota Samarinda adalah tropis basah yang memiliki suhu udara sekitar 20 hingga 32 derajat Celcius karena berada di dataran berbukit dengan memiliki ketinggian 10 hingga 200 meter. Samarinda dengan memiliki fasilitas kesehatan yang sangat baik sehingga mendapatkan julukkan sebagai Kota Sehat dengan tersusunnya penataan kota.
Samarinda termasuk kota yang sangat sibuk aktivitas perekonomiannya sehingga mengakibatkan sering adanya kemacetan di setiap harinya terutama pagi dan sore hari. Akan tetapi dengan padatnya aktivitas di Samarinda ada lokasi yang akan memberikan Anda kedamaian dan kenyamanan. Diantaranya adalah Air Terjun Tanah Merah dan Air Terjun Pinang Seribu.
Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah
Air terjun Tanah Merah - Samarinda
Lokasi tempat objek wisata yang akan memberikan Anda kedamaian ini berada tidak terlalu jauh dari pusat kota. Yaitu terletak di 14 km yang tepatnya berada di Purwosari Samarinda bagian Utara. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini termasuk unik, dengan air yang sangat jernih dan bersih akan tetapi akan menjadi kemerahan dan keruh jika berada di bagian bawahnya.
Warna kemerahan ini karena komposisi tanahnya yang berupa gambut diatas lahan hutan. Lokasi wisata ini menjadi pilihan Anda dan keluarga untuk menghabiskan banyak waktu disana karena dilengkapi oleh pendopo, tempat pemandian dan adanya tempat makan pula. Selain itu juga adanya tempat wahana khusus bagi anak-anak. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin berwisata di Air Terjun Tanah Merah, dengan menikmati keelokkan air terjunnya bisa pula menikmati hal lainnya di lokasi ini.
Menuju ke Air Terjun Tanah Merah, Anda bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi berupa kendaraan bermotor roda empat atau pun kendaraan roda empat. Selain itu Anda juga bisa menempuhnya dengan angkutan umum dengan trayek Pasar Segiri – Sungai Siring yang melalui Air Terjun Tanah Merah. Hanya saja jalan yang menuju ke lokasi tempat wisata ini tidak semuanya diaspal, sehingga mengakibatkan kekurang nyamanan Anda.
Biaya untuk bisa memasuki Air Terjun Tanah Merah ini sebesar Rp. 4.000 per orang dewasa dan Rp. 2.000 per orang anak-anak dengan biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp. 1.000 untuk yang beroda dua dan Rp. 2.000 untuk yang beroda empat.
Air Terjun Tanah Merah merupakan pilihan wisata alam yang sangat menarik di Samarinda. Karena di Samarinda lebih terkenal dengan Pusat perbelanjaannya tidak banyak traveler mendatangi objek wisata ini. Air Terjun Tanah Merah berbeda sekali dengan air terjun yang ada di Pulau Jawa. Dengan ketinggian yang lebih pendek dan di dalam kolam tersebut di larang untuk berenang di dalamnya.
Disekeliling Air Terjun Tanah Merah banyak pepohonan khas Borneo yang sangat rindang dan menjulang sehingga membuat menambahan keindahan alami suasananya. Anda tidak perlu khawatir jika berada di Air Terjun Tanah Merah ini karena semua fasilitas yang diperlukan telah disediakan disini. Adanya bangku taman yang akan membuat Anda tidak terasa menghabiskan waktu disini, gazebo, kamar mandi, pemancingan, warung makan, area parkir yang luas, adanya outbound hingga area khusus bermain anak-anak.
Asrinya lingkungan disini dengan merdunya suara gemericik air akan membuat Anda sangat betah berlama-lama disini. Disekitar lokasi objek wisata ini pun ada hotel yang bisa Anda jadikan tempat untuk beristirahat yang dapat anda pesan menggunakan aplikasi Traveloka.
Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu berada di Samarinda bagian Utara tepatnya di Sempaja Utara. Lokasi Air Terjun Pinang Seribu ini memiliki bentuk yang sangat unik dengan bentuk berupa undak-undakan seperti anak tangga yang dinaiki. Disini pun terdapat pula danau buatan yang bisa Anda nikmati dengan sepeda air.
Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Samarinda, apalagi jika dari simpang sempaja. Letaknya tepat berada di Jalan Padat Karya, dari simpang Padat Karya sekitar 6 km. Air Terjun Pinang Seribu lebih banyak dikenal dengan sebutan Bengkuring.
Perjalanan menuju ke Air Terjun Pinang Seribu ini sangat indah dan menarik dengan hamparan persawahan seperti permadani hijau akan memukau Anda. Sangat indah hanya saja cukup disayangkan keadaan jalan yang menuju ke objek wisata Air Terjun Pinang Seribu ini sangat rusak sekali. Jalannya hanya berupa jalan tanah yang hanya dikeraskan saja dan adanya bebatuan gunung yang tidak tersusun secara rapih dan rata sehingga akan membuat kurang nyamannya dalam perjalanan.
Tema dari objek Air Terjun Pinang Seribu ini adalah “Back To Nature” sebab untuk menuju ke lokasi wisata ini Anda akan melalui sebuah desa yang memiliki banyak sawah. Anda akan merasakan kedamaian dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan menuju objek wisata ini.
Air Terjun Pinang Seribu disediakan jalur hiking jika Anda mencintai hiking. Jalur di Air Terjun Pinang Seribu ini akan memacu adrenalin Anda dengan adanya tanjakan yang tinggi dengan turununan yang sangat curam. Hanya saja jika telah sampai puncak Anda akan terkesima dengan keindahan yang sangat luar biasa di atas puncak.
Disini sangat membuat anak-anak akan menyukai dengan berlama-lama menikmati bermacam permainan yang ada. Selain menikmati bermain air disini Anda juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Pinang Seribu dengan berkeliling menaiki sepeda air yang hanya dengan membayar tariff Rp. 15.000. Jika Anda menikmat hobby memancing hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000 sudah bisa memancing di kolam. Dan adanya gajebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai dengan menikmati makanan. Sedangkan untuk memasukki ke tempat objek wisata Air Terjun Pinang Seribu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000 per orangnya.
Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi cukup membayar biaya parkir kendaraan bermotor yang beroda dua sebesar Rp. 2.000 dan untuk kendaraan yang beroda empat sebesar Rp. 5.000. Jika Anda terlalu lelah dalam menempuh perjalanan disekitar objek wisata ini terdapat hotel yang bisa Anda jadikan tempat pelepas lelah. Dengan hotel yang terjangkau tetapi memiliki fasilitas yang memuaskan.
Belum lengkap jika Anda belum merasakan wisata yang akan memicu adrenalin Anda. Mengunjungi objek wisata yang “Back To Nature” akan memberikan Anda suasana yang berbeda. Selamat berpetualang.

Reaksi: