September 30, 2018

Geser untuk perjelas gambar

    Review dan Pengalaman Sewa Mobil Setir Sendiri yang Terbaik di Jogja


    Jogjakarta atau Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia. Kota penuh sejarah ini seakan menjadi satu ikon wisata nomor satu di Pulau Jawa. Tidak heran, setiap tahunnya jutaan wisatawan memadati kota Istiewa ini.

    Selain itu, Jogja juga disebut sebagai kota Pelajar dimana banyaknya mahasiswa/mahasiwi yang menuntut ilmu di kota seribu Universitas ini. Mulai dari ujung barat di Indonesia hingga ujung timur Indonesia, semuanya berbindong-bondong untuk menuntut ilmu di Jogjakarta.

    Disinilah para masyarakat asli Jogjakarta mulai menemukan peluang usaha dari berbagai bidang, baik penjualan maupun jasa. Banyaknya orang yang datang seolah menjadi wilayah investasi yang bagus. Banyak jasa yang bergerak dibidang travel, dan salah satunya adalah Sewa Kendaraan harian.

    Yap! Jika kamu mencari di Google dengan kata kunci Sewa Motor ataupun Sewa Mobil, tentunya kamu akan menemukan berbagai hasil pencarian yang berbeda. Banyak sekali jasa sewa kendaraan baik motor maupun mobil yang ada di Kota penuh sejarah ini. Tentunya dengan harga sewa yang variatif dan menawarkan berbagai fasilitas dan syarat yang berbeda tentunya.

    Syarat inilah yang biasanya menjadi “masalah”, karena mungkin sebagian orang tidak bias memenuhi syarat yang diajukan oleh para jasa penyewaan kendaraan di Yogyakarta.

    Pengalaman Mencari  Sewa Mobil Murah di Jogja


    Jika kamu lebih memilih menyewa sepeda motor, mungkin syaratnya bisa dibilang standar saja. Biasanya untuk sewa sepeda motor, anda hanya cukup memberikan data pribadi dan bersedia menitipkan kartu pengenal seperti KTP dan Fotokopi Kartu Keluarga saja, atau bahkan hanya menitipkan kartu pelajar, KTP dan atau kartu Karyawan.

    Namun, untuk menyewa mobil di Jogjakarta, syarat yang diajukan oleh para jasa transportasi lebih rumit, mungkin tidak semua orang bisa mememnuhi syarat dan diajukan.

    Contoh saja, di Internet banyak yang menyaratkan untuk memenuhi syarat dan menitipkan beberapa dokumen asli, dan biasanya minimal ada 5 dokumen yang harus di titipkan.

    Sebagai contoh, saat itu saya mencari jasa sewa mobil Jogja. Harga sewa memang terbilang relative sama, untuk tipe city car sepeti Agya atau Ayla yaitu 300ribu hingga 350ribu per hari. Namun saya cukup kaget karena ternyata banyak sayarat dokumen yang harus dititipkan atau ditunjukan.

    Diantaranya, KTP asli, SIM, Kartu keluarga, Kartu Karyawan (Bukti Kerja), buku nikah bagi yang sudah menikah. Mungkin beberapa syarat ini masih bisa dipenuhi.

    Tapi, anda diminta untuk menyerahkan uang jaminan yang menurut saya tidak sedikit, berkisar 3 sampai 5 juta. Jumlah yang lumayan, meskipun nantinya akan dibalikan saat jam sewa selesai. Tentunya syarat uang jaminan itu berat menurut saya, karena memang saat itu saya sedang ada pekerjaan dan sekaligus liburan di Jogja.

    Lalu saya coba cari alternatif untuk mencari kata kunci “Sewa Mobil Lepas Kunci Tanpa Deposite”, dan masih banyak hasil pencarian yang relevan. Dari beberapa hasil pencarian, saya  menemukan jasa yang memang tidak harus menitipkan uang deposite.

    Tapi lagi-lagi masalah terjadi, karena ternyata saya harus menitipkan beberapa dokumen seperti Kartu Kredit, Passport, BPJS Ketenagakerjaan, Kartu Asuransi. Jujur saja, saya belum memiliki beberapa semua dokumen-dokumen tersebut. Total sekitar 6 sampai 7 dokumen jika ditambah dengan KTP, ID Card Karyawan dan Kartu Keluarga.

    Mulai dari situlah, saya berfikir untuk menyewa sepeda motor saja yang notabene syarat pinjam lebih mudah, dan tentu harga sewa lebih murah. Tapi karena saat itu dirasa kurang efektif jika menggunakan sepeda motor, saya kembali mencari jasa sewa mobil lepas kunci jogja di hari berikutnya.

    Setelah bersusah payah, Alhamdulillah akhirnya saya menemukan jasa yang menurut saya mudah untuk dipenuhi persyaratannya. Dan bisa saya penuhi persyaratan tersebut.

    Oh ya, sebagai informasi saja. Artikel ini saya buat hanya untuk membagikan pengalaman saya saat sewa mobil di Jogja. Saya tidak melakukan review berbayar dari pihak terkait yang saya sebutkan. Semuanya murni dan mutlak pengalaman saya. Jika ada pihak yang merasa dirugikan, mungkin anda harus mulai berbenah heheee.

    Awal Mula Menemukan Jasa Sewa Mobil dengan Syarat Yang Mudah

    Sebelumnya, saya akan mengemukakan alasan kenapa saya memilih menyewa mobil dan menyetir sendiri.
    Yang pertama, saya lebih leluasa untuk pergi kemana pun tanpa ada rasa nggak enak. Saya berfikir kalau harus menyewa mobil dengan driver, saya akan sedikit sungkan jika harus pergi dari satu tempat di ujung selatan lalu ke ujung utara Jogja.

    Yang kedua, tarif sewa mobil lebih murah, dana yang dikeluarkan hanya untuk bensin dan harga sewa saja. Mungkin jika dengan menggunakan driver dari pihak jasa, bukan hanya harga sewa yang lebih mahal, juga kadang kita berinisiatif memberikan uang tip kepada si driver.

    Itu alasan saya kenapa lebih memilih menyetir sendiri saja, tapi tentunya kamu harus bisa menyetir mobil dan memiliki SIM A yaa. Oke, saya lanjutkan ke pengalaman saya.

    Akhirnya, saya menemukan salah satu jasa sewa mobil lepas kunci yang bisa saya penuhi semua persayatannya.

    Jujur saja pada saat itu saya tidak memperhatikan apa nama dari perusaahaan jasa sewanya, karena mungkin saking senangnya. Di websitenya memang tidak menyertakan apa saja syarat nya, dan saya coba hubungi via WhatsApp.

    Beliau, menjelaskan bahwa saya harus mengirimkan foto dari semua identitas yang saya miliki. Pada saat itu saya coba mengirimkan beberapa foto yaitu  Foto KTP, Kartu Keluarga, ID Card Karyawan, Debit Card, SIM A dan SIM C, serta BPJS.

    Lalu beliau mengirimkan formulir yang nantinya diisi dan dikirim kembali melalui WhatsApp. Dan saya juga menyertakan Jenis mobil, hari, tanggal, jam sewa dan tempat transaksi nantinya. Dan beliau menyatakan bahwa mobil tersedia di hari tersebut. Pada saat itu saya menyewa mobil Agya sebesar 350 ribu per 24 jam, saya menyewa untuk 1 hari saja.

    Lalu saya bertanya kembali, “Jadi saat transaksi, apa saja yang harus saya persiapkan”. Beli menjawab : “Nanti driver kami yang akan bertemu, kamu bawa saja semua dokumen yang kamu punya. Jika tertarik, driver kami yang akan memutuskan apakah transaksi diterima atau tidak

    Oke, saya siapkan semua dokumen yang saya punya kala itu. Karena waktu itu memang sudah sangat mepet dengan hari keberangkatan saya ke Jogja.

    Jujur saja, saat tahu bahwa driver mereka lah yang akan memutuskan untuk diterima atau tidaknya persayaratan, karena takutnya nanti transaksi gagal karena syarat kurang menurut si driver.

    Saya pun kembali bertanya, apakah nanti syarat bisa dicampur dengan orang lain? Dan lega rasanya ketika pihak Jasa mengiyakan. Karena memang pada saat itu saya pergi bertiga.

    Mission Success

    Kala itu, saya berangkat dari Jakarta menuju Jogja dengan menggunakan Kereta Api yang tiba di stasiun Tugu. Dan sampai ditujuan sekitar jam 7 pagi, ternyata driver dari jasa sewa mobil sudah menunggu di pintu utama stasiun Tugu.

    Langsung saja kami mengeluarkan semua dokumen kala itu. Setidaknya ada 3 KTP Asli, 3 ID Card, 1 Kartu Keluarga, 2 BPJS kesehatan, 1 BPJS Ketenagakerjaan, 2 SIM C dan 1 SIM A, dan 1 Ijazah asli milik teman saya :D


    Saat itu, driver sedikit kaget karena ternyata banyak dokumen yang kami bawa. Lalu beliau memfoto semua dokumen yang kami tunjukan dan memilih beberapa persyaratan dari semua yang kami tunjukan.

    Saat itu saya berfikir kalau semuanya akan beliau bawa, tapi ternyata tidak. Driver hanya mengambil beberapa dokumen, seingat saya hanya 2 KTP Asli, 1 SIM C, 1 BPJS Kesehatan, 1 BPJS Ketenagakerjaan, 2 ID Card, dan 1 Kartu Keluarga yang sudah beliau cocokan dengan KTP yang ia ambil. Jadi saya masih memegang KTP dan SIM A saya kala itu.

    Lalu kami disuruh kembali mengisi formulir sewa, dan beliau suruh kami mengecek kondisi mobil, apakah mesin bagus, apakah mobil banyak lecet dan isi bensin. Perlu diketahui, kamu akan dikenakan denda apabila ada yang rusak dari bagian mobil. Jadi, pastikan bahwa mobil dalam kondisi baik.

    Kemudian beliau memfoto kami di depan mobil yang kami sewa, dan deal semua berhasil. Kami bisa menggunakan mobil yang kami sewa dan setir sendiri tanpa khawatir.

    Siapakah Jasa Yang Kami Sewa?

    Dari tadi mungkin anda menunggu, mana nih jasa sewanya? Atau dari tadi anda hanya membaca bagian ini saja? :D

    Sekali lagi yaa teman-teman, saya tidak dibayar oleh pihak yang saya sebutkan di artikel ini. Semuanya mutlak hanya berbagi pengalaman saya.
    Nama dari Jasa Sewa Mobil lepas kunci ini ternyata bernama CV Cahaya Transport yang beralamat di daerah Umbulharjo. Ini saya ketahui setelah selesai mengembalikan mobil heheee.

    Seperti yang sudah saya jelaskan di bagian atas, bahwa menurut saya inilah tempat sewa mobil lepas kunci yang tidak memiliki syarat yang banyak, sangat mudah, dan tentunya dengan pelayanan yang baik.

    Percaya atau tidak, jika kamu sewa mobil lepas kunci di Yogyakarta, cukup sulit syarat yang harus dipenuhi. Meskipun pada dasarnya ada Omocars, market place untuk para penyedia jasa sewa mobil.
    Kenapa tidak di Omocars saja, toh syarat sewa juga mudah dan lebih murah? Akan saya jelaskan apa perbedaan CV Cahaya Transport dengan Omocars.

    Beda Cahaya Transport dengan Omocars


    Jika melihat syarat sewa antara Omocars dan Cahaya Transport, memang sama saja kok, tidak berbelit dan mudah untuk dipenuhi.
    Harga sewa mobil di Cahaya Transport memang relative tidak lebih murah dengan yang ditawarkan Omocars. Sebagai contoh, harga sewa 24 jam untuk Toyota Agya di Cahaya Transport Jogja adalah Rp.350 ribu, dan tipe yang sama di Omocars adalah 250 sampai 300 ribu.

    Tapi yang harus kamu ketahui adalah, di Omocars anda harus menyewa sekurangnya 2 hari di Weekend, saya kurang tahu kalau kamu sewa di Weedays. Tentu saya tidak mau, karena waktu saya tidak banyak di Jogja.


    Baca lainnya tentang Yogyakarta: 5 Wisata Hutan Pinus Wajib Kunjung di Jogja

    Sedangkan, di Cahaya Transport anda cukup menyewa selama 1 hari saja, tidak pakai minimal 2 hari sewa di weekend maupun weekday. Itu perbedaan signifikan antara Cahaya Transport dan Omocars.
    Jadi, saya sebenarnya tidak merekomendasikan berlebih untuk memilih Cahaya Transport.

    Kamu bisa juga menggunakan jasa dari Omocars yang sebenarnya lebih murah. Tapi, melihat kondisi saya yang hanya sewa 1 hari di weekend, tentu saja saya lebih memilih Cahaya Transport.

    Jadi kesimpulannya adalah CV Cahaya Transport, Rekomendasi untuk kamu yang ingin sewa mobil lepas kunci di Jogja untuk 1 hari sewa saja. Begitulah kira-kira.

    Oh ya, berikut ini detail yang akan saya berikan mengenai CV Cahaya Transport.

    • CV Cahaya Transport
    • No Whatsapp: 0812-2712-299
    • Alamat: Jl. Tohpati No.64, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta
    • Web: http://cahaya-transport.com/
    • Tipe Mobil tersedia: Agya/Ayla, Honda Brio, Avanza, Inovva, Jazz, Mobilio.
    Review orang lain bisa di lihat di Google.

    Tips Sewa Mobil Lepas Kunci di Jogja

    Seperti biasa, saya akan berbagi tips mengenai sewa mobil di Jogja:
    • Sewa mobil ada yang menggunakan driver, dan lepas kunci atau setir sendiri. Tentunya disesuaikan dengan kondisi anda. Kalau bisa setir, dan ingin leluasa pergi kemana saja di area Jogjakarta, ya mending setir sendiri.

    • Kalau mau sewa lepas kunci, khususnya di CV Cahaya Transport, harus bawa semua dokumen asli loh agar nanti transaksi dengan driver atau pengantar bisa berhasil. Kalau tidak punya beberapa dokumen, misalkan BPJS Ketenagakerjaan, bawa saja Ijazah asli atau misalkan buku tabungan atau kontrak kerja dengan perusahaan tempat anda bekerja.


    • Sewa mobil disarankan untuk anda yang beribur di Jogja dengan minimal 2 orang, supaya syarat dokumen saat sewa bisa lebih banyak dan driver tertarik. Selain itu juga, kalau berdua bisa ada teman ngobrol di mobil, iya kan?


    • Pastikan anda mengecek semua kelengkapan dan kondisi mobil. Misalkan, jika ada bagian mobil yang lecet, tunjukan kepada di driver. Agar saat mengembalikan mobil ke driver, tidak dipertanyakaan soal lecet tersebut.

    • Pastikan kamu juga memfoto mobil dan driver saat transaksi. Biar sama-sama enak. Dan kwitansi transaksi jangan sampai hilang. Karena nanti kalau hilang, dokumen kamu juga “akan hilang”.

    Inti dari artikel ini hanyalah rekomendasi, tanpa mengesampingkan jasa sewa mobil yang lain. Namanya rekomendasi, anda yang berhak memilih yaa.

    Ya sudah, setelah tanpa sadar menulis lebih dari 1800 kata di arikel ini, akhirnya saya ucapkan semoga berguna.

    Jangan lupa kalau suka, dishare ke sosia media, kalau mau Tanya-tanya ada kolom komentar. Jangan klik banner iklan, bahaya. Hehee

    Baca lainnya tentang Yogyakarta:
    - Spot Foto Ciamik di Taman sari Jogja