October 8, 2018

Geser untuk perjelas gambar

    5 Politisi Yang Pernah Punya Hobi Mendaki Gunung

    Indonesia merupakan negara besar yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Tidak heran, banyak sekali wisatawan dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong berwisata ke Indonesia.  Keindahan alam Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing.

    Banyak pantai indah, pulau dan gunung yang bisa dinikmati oleh para wisatawan asing dari berbagai belahan bumi. Salah satu yang menjadi daya tarik orang luar saat ini di Indonesia adalah gunung-gunungnya yang Indah.

    Sebenarnya, gunung-gunung di Indonesia sudah ramah didaki dari abad ke 20. Dan diantaranya mendaki untuk ekspedisi dan penelitian dari berbagai organisasi. Hanya saja, memang berbeda ramai dengan fenomena pendakian saat ini yang semakin ramai.

    Bahkan, presiden RI saat ini, Joko Widodo, pernah menjadi seorang pendaki gunung saat beliau masih duduk di bangku Kuliah. Beliau tergabung dalam organisasi Mapala UGM saat itu. Beliau sudah mendaki beberapa gunung, dimana salah satunya adalah gunung Rinjani, Nusa Tenggara.

    Selain Ir. Joko Widodo muda, beberapa politisi populer saat ini juga pernah menjadi bagian dari Organisasi Mapala dan mendaki gunung-gunung di Indonesia. Siapa saja? Kita mulai dari orang nomor 1 di Indonesia dulu.

    1. Joko Widodo (Presiden RI ke 7)


    Ir. H. Joko Widodo merupakan presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2014 - 2019. Beliau lahir dan besar di Solo, dan mulai menjadi seorang politikus saat menjabat sebagai anggota salah satu parpol dan maju jadi Walikota Surakarta.

    Ternyata, saat masa muda, Jokowi merupakan seorang mahasiswa yang tergabung di organisasi pecinta alam Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. 

    Dari pelbagai kegiatan di Mapala, beliau pernah beberapa kali mendaki gunung-gunung di Indonesia. Diantaranya, Gunung Rinjani, Gunung Merapi, Kerinci dan lain-lain. 
    >

    Beliau juga sempat bernostalgian dan bercerita di Instagram soal masa mudanya yang sering mendaki gunung dengan hanya berbekal mie instan.

    2. Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah)


    Ganjar Pranowo, merupakan politisi sebuah partai yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah untuk 2 periode. Ganjar dikenal luas sebagai orang yang tegas, namun murah senyum. 

    Dalam sebuah wawancara televisi, beliau juga pernah tergabung aktif di ambalan Pramuka saat SMP dan SMA. Saat masa muda, Gubernur yang lahir di Karanganyar ini merupakan seorang yang aktif di organisasi Mapala universitas Gajah Mada (Majestic 55 ) dan sempat menjabat sebagai ketua.  

    Beliau beberapa kali mengadakan ekspedisi dan mendaki gunung, salah satunya adalah gunung Sindoro dan Gunung Lawu di jawa Tengah. 

    3. Khofifah Indar Parawansa (Gubernur jawa Timur)

    Khofifah merupakan Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2018 - 2023. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai menteri dan anggota DPR RI beberapa kali.

    Khofifah pernah mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Airlangga, dan menjadi anggota organisasi Mapala. Perempuan berusia 53 tahun ini pernah mendaki Gunung Arjuna, Welirang, bahkan Semeru

    4. Umar Arsal

    Umar Arsal merupakan salah satu politisi sebuah partai yang sudah bertahun-tahun berkecipung di dunia politik. Beliau mengakui sebagai traveler, sudah menjelajahi beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia dan Dunia.

    Bahkan beberapa saat yang lalu, beliau bersama rekan-rekannya sempat mengunggah foto di medsos saat menaklukan puncak gunung Elbrus.

    5. Alm. Widjajono Partowidagdo, eks Wakil Menteri ESDM

    Alm. Widjanono Partiwidagdo merupakan mantan Wakil Menteri ESDM yang menjabat di masa kepemimpinan Presiden SBY.
    Ia merupakan pecinta alam sejati, pernah menaklukan beberapa gunung di Indonesia. Bahkan pernah menaklukan Puncak Kinabalu di Malaysia.

    Nah, itulah beberapa politisi di Indonesia yang pernah menjadikan naik gunung sebagai Hobi. Semoga bermanfaat :)