October 26, 2018

Geser untuk perjelas gambar

    Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung adakan National Tourism Seminar (NATOS)

    Tentang NATOS

    Bandung, 26 Oktober 2018  - Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung akan adakan seminar kepariwisataan untuk kembangkan hasil temuan penelitian para mahasiswa semester akhir selama 1 bulan penelitian. Seminar yang dinamai dengan National Tourism Seminar ini akan diadakan pada Rabu, 28 November 2018 di Gedung Mandalawangi, STP Bandung.

    Menurut keterangan panitia, National Tourism Seminar (NATOS) dilakukan dengan tujuan sebagai wadah para mahasiswa semester 5 Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang telah melakukan penelitian untuk membagikan hasil temuan penelitian selama 1 bulan dari beberapa daerah yang telah ditetapkan dan diharapkan dapat mengkaji ulang teori – teori ilmiah terkait pariwisata serta dapat memberikan kontribusi kepada daerah penelitian.

    Sebagai informasi, para mahasiswa semester 5 jurusan S1 Pariwisata di STP Bandung diwajibkan untuk melakukan penelitian dasar (Basic Research) akademis kepariwisataan.

    Penelitian ini dilakukan selama 1 (satu) bulan di berbagai daerah yang di damping oleh 2 (dua) dosen pembimbing di setiap kelompok. Pemilihan lokasi penelitian berdasarkan beberapa pertimbangan seperti kebutuhan daerah dalam mengelola sumber daya pariwisata daerah tersebut.

    Dimana pada tahun ini, para mahasiswa tersebut dibagi ke dalam beberapa kelompok dan disebar di berbagai daerah dengan potensi wisata di Indonesia. Antara lain:
    • Pantai Burung Mandi, Belitung Timur.
    • Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.
    • Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, Maluku Utara.
    • Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah.
    • Kepulauan Spremonde, Kabupaten Pangkajene & Kepulauan, Sulawesi Selatan.
    Dalam acara seminar yang diikuti oleh para mahasiswa S1 Pariwisata ini, akan ada beberapa tahapan acara yang dimulai dengan presentasi kelompok mengenai hasil temuan di Basic Research, diskusi penelitian, hingga pembahasan penelitian.

    Tema Acara

    Tahun ini, panitia NATOS mengambil tema Peningkatan Kualitas Pariwisata Melalui Pengembangan Produk Wisata dan Keterlibatan Masyarakat. Tema seminar tersebut diambil berdasarkan Basic Research yang dilakukan mahasiswa yang berfokus pada keterlibatan masyarakat setempat dalam pemanfaatan sumber daya untuk pariwisata.

    Dalam seminar ini, juga akan diadakan beberapa pertunjukan tari daerah tempat penelitian, yang dilakukan oleh para mahasiswa berprestasi dan penerima beasiswa di STP Bandung.

    Hingga saat ini, panitia masih melakukan persiapan demi lancarnya acara, baik dari pematangan konsep maupun sponsorship.

    Detail Acara

    Berikut detail mengenai acara National Tourism Seminar(NATOS) tahun 2018:
    • Nama acara: National Tourism Seminar
    • Tema acara: Improving The Quality Of Tourism Through Products and Community Participation
    • Tempat acara: Gedung Mandalawangi lt. 2, STP Bandung.
    • Hari, Tanggal acara: Rabu, 28 November 2018.

    (jlb/-MP)