October 29, 2019

5 Rest Area atau tempat istirahat Terbaik di Tol Cipularang - Purbaleunyi. Wajib Istirahat Disini!

    Rest Area Terbaik di Tol Cipularang - Purbaleunyi. Wajib Istirahat Disini!


    Rest Area atau Tempat Istirahat adalah salah satu tempat yang biasa ada di kawasan Tol maupun Jalan Nasional yang dikhususkan untuk para pengendara yang melakukan perjalanan jauh.

    Biasanya Rest Area ini terdapat banyak tempat makanan, Masjid, SPBU dan tentu saja toilet. Rest Area ini tentu sangat membantu para pengemudi baik mobil ataupun motor yang melakukan perjalanan jauh.

    Saya sendiri jika sedang perjalanan jauh sering beristirahat di Rest Area "resmi" yang disediakan, karena lebih aman dan nyaman. Juga banyaknya tempat makan tentu akan menjadi nilai lebih. 

    Saya sering melakukan perjalanan jauh ke bandung hampir tiap bulan menggunakan kendaraan pribadi lewat tol Cipularang - Purbaleunyi. Dan tentu dengan macetnya jalur jakarta bandung, akan membutuhkan waktu istirahat. 

    Kali ini akan saya share beberapa opsi Rest Area terbaik untuk kamu yang ingin beristirahat di Rest Area kawasan Tol Cipularang. 

    Tol Jakarta Arah Bandung

    Macetnya jalur tol Jakarta sampai Cikampek disebabkan karena terdapat proyek tol dan kereta cepat yang hingga kini belum selesai. Akibatnya menyebabkan kemacetan parah karena penyempitan akibat proyek. 

    Jalur Jakarta - Bandung via tol yang biasanya hanya memakan waktu 3 - 4 jam, kini bisa sampai 5 - 6 jam karena macet parah dari Cawang sampai KM 40-an. 

    Akibatnya peran Rest Area tentu sangat penting, terutama kamu yang sering mengemudi sendiri. 

    Saya sudah sangat sering berhenti di berbagai Rest Area yang ada di Tol Jakarta arah Bandung. Mulai dari Rest Area KM 32, KM52, KM 42, Hingga KM72. Tapi, dari sekian banyak Rest Area yang ada di Tol arah Jakarta - Bandung, hanya ada 1 Rest Area yang menurut saya sangat bagus karena area parkir luas dan banyak terdapat toko makanan. 

    Adalah Rest Area KM 72. Parkir luas, Toilet Bersih, ada Masjid besar, banyak minimarket dan juga Restoran. Rasanya Rest Area ini menjadi yang terbaik dari pada yang lainnya. 

    Makanan disini cukup lengkap, mulai dari bakso budjangan hingga warung Upnormal tersedia di Rest Area KM 72. Selain itu, di Rest Area ini rata-rata tempat makan menggunakan opsi pembayaran cashless seperti Dana, Gopay dan Ovo. Tentu akan banyak diskon tersedia.

    Toilet juga bisa dibilang sangat bersih dan tidak bau, juga gratis. Masjid di area sini juga besar, sehingga sangat nyaman untuk ibadah. 

    SPBU di sini juga besar. Pertamina KM72 menyediakan berbagai jenis bahan bakar seperti Pertalite, Pertamax Turbo, Pertamax, Premium, dan Solar. 

    Selain itu, KM 72 menurut saya yang paling strategis untuk beristirahat karena berada di tengah jalur antara Jakarta - Bandung.

    Tol Bandung Arah Jakarta

    Buat kamu yang liburan ke Bandung dan berencana untuk kembali pulang ke Jakarta melalui Tol Purbaleunyi / Cipularang, juga akan saya rekomendasikan tempat istirahat atau Rest Area terbaik menurut saya. 

    Ada banyak tempat istirahat di Tol Bandung Arah Jakarta. Diantaranya, Rest Area KM 125, KM72B, Km 88, KM 97 dan lainnya. Tapi hanya ada 2 tempat istirahat yang sering saya kunjungi saat pulang ke jakarta. 

    Adalah Rest Area KM 97 dan KM 88 (B). Keduanya punya parkiran luas, masjid bagus dan luas, SPUB, ATM Center, tempat makan, dan toilet yang bersih. Tapi, ada plus-minus dari kedua rest area ini. 

    Rest Area KM97 punya parkiran yang luas, toilet yang bersih, masjid yang megah, dan tempat makan dan oleh-oleh yang banyak. Tapi, di jam-jam tertentu, Rest Area KM 97 arah jakarta sangat sesak, bahkan kadang sulit untuk menemukan parkiran untuk kendaraan. 

    baca juga Pengalaman Touring + Camping di Geopark Ciletuh Sukabumi

    Jam 12 - jam 16 adalah waktu terpadat area Rest Area. Tapi tempat oleh-oleh disini banyak tersedia. Pun terkadang penuh sesak, ada security yang siap membantu untuk mencari parkiran untuk kendaraan anda.

    Rest Area KM 88 juga memiliki masjid indah, tempat makan, SPBU, Toilet bersih dan ATM Center. Kelebihan SPBU ini punya arsitektur yang bagus, ada kolam dekat menara utama rest area. Namun sayang, mungkin karena terbilang baru, tempat makan masih sepi dan tidak begitu banyak. 

    Tapi untuk saya pribadi, saya merekomendasikan Rest Area KM88 jika memang anda hanya ingin beristirahat. 

    Nah itu dia rekomendasi Rest Area Terbaik di Tol Cipularang - Purbaleunyi versi janganlupabahagia.com. 

    Sedikit tips bagi anda yang ingin pulang dari Bandung ke Jakarta, jam terbaik untuk sampai di daerah rawan macet bekasi - karawang adalah pukul 12.00 - 14.00. Karena biasanya waktu tersebut merupakan jam lancar / tidak macet. 

    Semoga bermanfaat.