28 February 2020

Menikmati Pemandangan Negeri di Atas Awan Ciamis lewat Puncak Bangku. Bisa camping lho!

Konten [Tampil]

Menikmati Pemandangan Negeri di Atas Awan Ciamis lewat Puncak Bangku. Bisa camping lho!

Menikmati pemandangan Negeri di Atas Awan sedang menjadi trend wisata di Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan kabut tebal di perbukitan ini juga hadir di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Negeri di Atas Awan Ciamis ini dikenal dengan Obyek wisata Puncak Bangku.


Destinasi wisata ini berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto-foto indahnya sempat menarik perhatian warga net. Pasalnya, pemandangan yang disuguhkan benar-benar memperlihatkan awan yang seolah-olah dekat dan bisa dijamah.

Awalnya sebuah akun di Instagram mengunggah foto-foto pemandangan di Puncak Bangku, dengan caption ‘Negeri di Atas Awan’. Sontak unggahan itu menyedot perhatian warganet.

Jika Anda terbiasa menikmati fenomena alam sejenis di Gunung Dieng, Jawa Tengah, maka pemandangan yang berada di Puncak Bangku Situmandala ini berada di sebuah bukit, bukan di pegunungan tinggi. Sementara di bawahnya, terdapat lembah curam yang menyuguhkan hamparan hutan hijau.

Menikmati Pemandangan Negeri di Atas Awan Ciamis

Obyek Wisata Puncak Bangku Rancah Ciamis ini bisa Anda abadikan keindahannya lewat kamera smartphone maupun DSLR. Anda bisa berburu foto-foto cantik, atau ingin sekedar selfie? Puncak Bangku sangat cocok memuaskan hobi selfie Anda.

Bukan itu saja, Anda bisa mengajak keluarga berwisata ke tempat ini untuk menghilangkan penat. Lokasinya berada di perkampungan, sehingga jauh dari kebisingan kota. Dijamin tenang dan nyaman. Apalagi pepohonan hijau di sekelilingnya menghadirkan suasana sejuk dan dingin.

Hanya saja, bagi Anda yang berburu foto pemandangan Negeri di Atas Awan, Anda harus datang pagi-pagi, sekitar pukul 5 pagi. Pemandangan kabut tebal layaknya Negeri di Atas Awan hanya bisa Anda nikmati saat malam menuju pagi.

Baca juga: 7+ Hotel di Pantai Pangandaran dengan Fasilitas Terbaik

Pemandangan ini pun hanya muncul beberapa jam saja. Sekitar pukul 8 pagi, awan berangsur-angsur hilang dan berganti dengan cahaya matahari. Namun, kesejukan dari pepohonan hijau di sekitarnya masih bisa Anda nikmati sepanjang hari.

Bisa Jadi Lokasi Camping

Ada baiknya Anda camping di Puncak Bangku agar pagi harinya Anda bisa langsung menikmati fenomena Negeri di Atas Awan Ciamis.

Sejumlah pengunjung tempat ini juga ada yang bermalam di lokasi. Tujuannya apalagi kalau bukan tak ingin ketinggalan pemandangan cantik Puncak Bangku di pagi hari. Sambil menikmati fenomena Negeri di Atas Awan, bisa juga sekalian menikmati keindahan matahari terbit.

Jika Anda tak tahan cuaca dingin di malam hari, Anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk. Apalagi jika Anda punya kenalan di sekitar lokasi, Anda bisa datang sore hari untuk menginap di sana, dan pagi harinya baru menuju Puncak Bangku.

Baca : 5 Gunung Untuk Mendaki Paling Populer di Jawa Barat

Namun, jangan khawatir, Anda yang ketinggalan pemandangan Negeri di Atas Awan Ciamis, Anda masih bisa menikmati keindahan bukit hijau dan hamparan pesawahan. Udaranya pun tetap sejuk meski siang hari.

Sebenarnya sore hari juga terkadang kabut tebal menyelimuti kawasan Puncak Bangku ini. Hanya saja itu terjadi saat sebelumnya hujan turun. Biasanya kabut datang dan akan sedikit lebih lama.

Akses Jalan Menuju Negeri di Atas Awan Ciamis

Jalan menuju obyek wisata Puncak Bangku Rancah bisa melalui beberapa akses, dikutip dari harapanrakyat.com, setidaknya ada beberapa jalan yang bisa Anda lalui untuk menikmati pemandangan indah di sana.

Pertama, Anda hanya perlu menuju Kota Ciamis. Dari Ciamis Kota, perjalanan menuju Puncak Bangku hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan.

Dari Alun-alun Ciamis, Anda ambil jalan ke arah Cirebon. Sesampainya di SPBU Baregbeg, belok kanan menuju jalan Baregbeg-Sukadana sampai ke daerah Rancah.

Kedua, jika patokannya dari Kota Banjar, Anda bisa menuju jalan Cisaga, ikuti jalan tersebut hingga sampai ke daerah Rancah.

Jika dari Kawali, Anda bisa ambil jalan menuju Hayawang, lalu ke arah Rajadesa, dan tinggal lurus menuju Rancah.

Sampai di Rancah, cari kantor Polsek Rancah. Di sana ada pertigaan, Anda cukup mengikuti petunjuk arah sampai ke obyek wisata Puncak Bangku.

Jika akhir pekan Anda ingin berwisata ke daerah perbukitan, lokasi Negeri di Atas Awan Ciamis yang berada di Puncak Bangku Rancah ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Selamat berlibur.