September 10, 2019

5 Gunung Paling Populer di Kalangan Pendaki yang ada di Jawa Barat. Inilah 5 gunung wajib mendaki di Jabar

    5 Gunung Paling Populer di Kalangan Pendaki yang ada di Jawa Barat

    Jawa Barat merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa yang berbatasan dengan DKI jakarta dan Jawa Tengah. Jawa Barat dikenal sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaik. 

    Di tanah Parahyangan ini, wisatawan akan menemukan banyak sekali tempat wisata alam eksotik yang bisa dikunjungi. Salah satu yang ditawarkan oleh alam Jawa Barat adalah pegunungannya.


    Ya, di jawa barat ini terdapat lebih dari 10 gunung yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Salah satu yang paling populer adalah Gunung Tangkuban Perahu yang berlokasi di Ciater, Subang.

    Gunung ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri karena lokasinya yang mudah di jangkau hingga ke puncak gunung, dan dekat dengan kota Bandung.&

    Selain itu ada Gunung Patuha, di mana ada sebuah wisata eksotik yang dinamakan Wisata Alam Kawah Putih yang juga sangat ramai dikunjungi oleh para turis.

    Bagi anda pecinta alam, dan lebih memilih memilih wisata gunung untuk pendakian, kami janganlupabahagia.com punya list tentang 5 gunung paling populer untuk pendakian yang ada di Jawa barat.

    Kami urutkan dari yang terpopuler terlebih dahulu, dan berikut daftar gunung populer di Jawa Barat. 

    Gunung Gede - Pangrango


    Gunung Gede - Pangrango menjadi yang paling populer karena memang jaraknya yang dekat dengan jakarta. Gunung yang ada di kabupaten Bogor ini menjadi destinasi pendakian paling populer yang ada di jawa barat.

    Saking populernya, Gunung ini membatasi jumlah pendaki setiap harinya. Selain itu, Gunung ini masuk dalam Taman Nasional yang dilindungi undang-undang, jadi memang aturannya cukup ketat.

    Gunung dengan ketinggian 2.958 mdpl ini setidaknya ada 3 jalur pendakian resmi yaitu jalur Gunung Putri, Cibodas dan Salabintana. 

    Gunung Gede - Pangrango memiliki trek yang cukup terjal dengan banyak bebatuan dan akar. Tidak direkomendasikan untuk melakukan solo treking di gunung ini karena memiliki trek yang cukup panjang.

    Kami pernah membahas pengalaman pendakian kami di artikel Pendakian Gunung Gede via Putri.

    Gunung Papandayan


    Gunung yang ada di kabupaten Garut ini menjadi salah satu yang paling populer di jawa Barat. Gunung Papandayan menjadi salah satu destinasi yang kami rekomendasikan, jika anda merupakan pendaki pemula. 

    Gunung Papandayan sangat populer di kalangan wisatawan, khususnya pendaki gunung. Meskipun tiket untuk masuk kawasan papandayan terbilang mahal, gunung ini masih ramai pengunjung setiap tahunnya.

    Trek gunung ini bisa dibilang landai dan ramah pendaki pemula. Selain itu, di gunung ini banyak penjual makanan bersliweran, bahkan ada banyak tenda warung di pos camping.

    Pun begitu, Gunung ini terbilang salah satu gunung yang punya suhu dingin, jadi jangan lupa bawa jaket yang tebal ya :)

    Baca artikel: Hal yang perlu diketahui sebelum mendaki Papandayan

    Gunung Cikuray


    Gunung Cikuray adalah gunung populer paling "ganas" di kabupaten Garut. Gunung ini memiliki trek yang cukup panjang dan terjal. Selain itu jarak antar pos yang cukup jauh juga menjadi kendala apabila anda seorang pendaki pemula.

    Gunung Cikuray memiliki tinggi 2821 mdpl, di mana gunung ini merupakan gunung tidak aktif.

    Untuk sampai di Gunung Cikuray, anda harus turun di terminal Tarogong, lalu menyewa sejenis pickup untuk sampai di jalur Pemancar. 

    Gunung Cikuray menjadi salah satu gunung yang populer di Jawa Barat, meskipun punya trek yang cukup terjal. Selain itu, gunung ini juga tidak memiliki sumber air yang cukup di sepanjang jalur pendakian.

    Kami pernah membahas mengenai pengalaman mendaki gunung guntur. Baca selengkapnya Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar 2018.

    Gunung Guntur

    Masih di kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Guntur menjadi salah satu gunung yang menjadi destinasi favorite para pendaki. Gunung Guntur menjadi gunung di garut yang paling mudah diakses diantara yang lainnya.

    Jika anda dari arah Jakarta atau bandung, cukup naik bis ke arah garut dan minta turun di SPBU Pananjung. Dari situ anda cukup bayar 15 ribu untuk naik kendaraan Pick Up dan dalam 20 menit langsung sampai di basecamp Gunung Guntur. 


    Sama halnya dengan gunung ini, anda akan menemukan beberapa warung di jalur pendakian. Trek bisa dibilang tidak terlalu terjal seperti Gunung Cikuray. Dan lama pendakian gunung guntur tidak lebih dari 4 jam.

    Gunung Ciremai


    Gunung Ciremai menjadi yang terakhir dalam daftar gunung populer yang ada di Jawa Barat. Gunung yang berada di antara kabupaten Cirebon, Majalengka dan Kuningan ini memiliki tinggi 3078 mdpl dan merupakan yang paling tinggi di Jawa Barat.

    Trek Gunung Ciremai bisa dibilang paling sadis dan yang terpanjang di antara gunung-gunung lainnya yang ada di jawa Barat. Gunung Ciremai bisa didaki melalui beberapa jalur diantaranya jalur Palutungan, Jalur Linggarjati dan Jalur Apuy.&

    Meskipun tidak menjadi yang paling populer, Gunung Ciremai menjadi yang terbaik diantaranya yang lainnya. Tantangan yang diberikan sebanding dengan keindahan alam yang didapat.

    Kami pernah membahas pengalaman kami di gunung ini, baca: Pengalaman Mendaki Gunung Ciremai.

    Yap, itulah daftar 5 gunung untuk mendaki yang menjadi paling populer dan banyak dikunjungi di Jawa Barat.

    Semoga bermanfaat :)