23 November 2021

Sudah Tahu Belum Kalau Bekasi Punya Pantai yang Instagramable?

Konten [Tampil]

Sudah Tahu Belum Kalau Bekasi Punya Pantai yang Instagramable?

Kota Bekasi memang identik sebagai kawasan industri yang gersang. Namun, sebenarnya pertumbuhan Kota Bekasi berlangsung pesat selama 2 dekade terakhir. Ada banyak apartemen yang terletak di jantung kota Bekasi. Kita bisa membeli maupun menyewanya untuk mendukung kelancaran aktivitas sehari-hari. Jika bosan dengan suasana tempat tinggal, kita juga bisa menyewa apartemen dengan sistem harian untuk staycation.

Tak perlu bepergian terlalu jauh untuk menikmati momen staycation yang istimewa. Cobalah mengunjungi salah satu objek wisata andalan Bekasi saat punya waktu senggang, yaitu Pantai Muara Beting. Meskipun ukurannya tidak sebesar Pantai Ancol atau pantai populer lainnya, suasana Pantai Muara Beting tak kalah menarik dan cocok menjadi destinasi short escape bagi warga Bekasi dan sekitarnya.

Mengintip Keistimewaan Pantai Beting

Lokasi objek wisata bahari Bekasi ini terletak di Kecamatan Muara Gembong dan Kecamatan Tarumajaya. Menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Bekasi, tahap pembukaan akses jalan serta penanaman pohon di Pantai Muara Beting sudah dilakukan sejak Desember 2015. Penangkaran lutung serta kawasan hutan bakau pun masih terjaga kelestariannya sehingga memiliki daya tarik alami yang memukau.

Suasana Pantai Muara Beting benar-benar berbeda dengan Kota Bekasi yang identik dengan kebisingan pabrik dan polusi udara. Di sekitar bibir pantai, terdapat hutan bakau yang luasnya mencapai 70 hektar. Kabarnya hutan bakau tersebut menjadi habitat baru bagi sejumlah burung-burung yang berasal dari Laut China Selatan dan Samudera Pasifik. Tak jauh dari hutan bakau, terdapat tambak-tambak ikan milik masyarakat. Kawasan tambak tersebut juga diharuskan menanam pohon bakau sebagai salah satu upaya pencegahan kerusakan hutan bakau di Pantai Muara Beting.

Pantai Bekasi Rasa Kalimantan Check!

Para wisatawan yang mengunjungi Pantai Muara Beting bisa menyusuri kawasan hutan bakau Muara Gembong dengan menaiki perahu. Pemandangan di bagian kiri dan kanan muara persis seperti hutan di Kalimantan. Tumbuhan bakau yang lebat memenuhi muara sehingga menciptakan kesan hijau bernuansa natural.

Nantinya, kawasan hutan bakau Muara Gembong hendak dijadikan pusat belajar ekosistem pantai. Demi mewujudkan cita-cita tersebut, hutan bakau mulai ditata dan dibenahi agar lebih mudah diakses tanpa mengganggu tanaman yang ada di dalamnya. Pada musim tertentu, kita bisa melihat kawanan burung yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan ke Laut Pasifik. Wah, kedengarannya menarik sekali, ya. Rasanya jadi tak sabar ingin singgah ke hidden gem Bekasi yang satu ini.

Tips Berwisata ke Kawasan Pantai Muara Beting

Beberapa tips berikut ini penting bagi kita yang berencana mengunjungi Pantai Muara Beting dalam waktu dekat:

  • Sebaiknya kita menggunakan moda transportasi sepeda motor karena jalanan di kawasan Kampung Beting tergolong kecil dan sulit dilewati mobil pribadi.
  • Gunakan pakaian yang nyaman karena suasana alam di sekitar Pantai Muara Beting cukup menantang.
  • Jangan lupa mengisi bensin kendaraan hingga penuh bila sudah sampai di Kecamatan Babelan sebab tidak banyak penjual bensin di sekitar Kampung Beting. Tips ini penting untuk menghindari kendaraan mogok akibat kehabisan bensin.
  • Kita bisa menyewa perahu untuk menuju ke Pantai Muara Beting karena akses jalan rayanya terbilang sulit untuk dilewati. Bahkan, kita juga bisa janjian dengan nelayan yang mengantar kita naik perahu agar dijemput kembali pada waktu yang sudah disepakati. Wah, praktis banget, ya.
  • Protokol kesehatan harus tetap ditaati saat berwisata ke Pantai Muara Beting. Jadi, jangan lupa menggunakan masker, menyiapkan hand sanitizer dan tisu basah, serta membawa peralatan makan dan perlengkapan ibadah pribadi. Jika memungkinkan, cobalah melakukan solo traveling untuk mengurangi kerumunan.
  • Jika ingin lebih leluasa berkunjung ke Pantai Muara Beting di Bekasi, sebaiknya kita datang pada hari kerja karena pantai ini biasanya cukup ramai di akhir pekan atau hari libur nasional.

Berwisata ke tempat-tempat menarik tak harus membuat kita bepergian ke luar kota, ya. Saat bosan dengan suasana rumah, kita bisa menyewa apartemen di sekitar Bekasi dan pergi mengunjungi Pantai Muara Beting.

Salah satu apartemen yang siap disewa untuk staycation adalah Apartemen Mutiara Bekasi. Kita bisa melakukan reservasi apartemen tersebut secara praktis melalui website atau aplikasi Traveloka sebelum musim liburan tiba.

Kalau ingin mencoba sensasi staycation di apartemen lainnya, kita juga bisa mencari referensi berbagai apartemen menarik lainnya di Bekasi. Sekarang, yuk akses dulu website atau aplikasi Traveloka untuk menentukan destinasi staycation selanjutnya!