24 January 2022

Konten [Tampil]

Jangan Lupa Kunjungi Bali Barat sat ke Pulau Bali

Sumber: Pexels.com/@sebastian

Kamu bosan dengan Seminyak, Kuta, dan Ubud? Bahkan Candidasa, Karangasem dan Lovina sudah tidak lagi menjadi tujuan yang menarik? Jika kamu telah bepergian ke hampir semua tempat di Bali tetapi ingin menjelajah ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi, Bali Barat dapat menjadi tujuan kamu berikutnya.

Bali Barat secara keseluruhan tidak memiliki kafe yang trendi, studio yoga, bar, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Sebagian besar kota dan daerah di Bali Barat adalah rumah desa, warung murah, dan pantai yang didatangi para peselancar, penduduk lokal, dan nelayan di sekitar sehingga tidak seramai Canggu.

Apabila kamu sudah mendatangi seluruh tempat wisata terkenal di Bali dan ingin mencari daerah baru untuk dikunjungi, kamu wajib untuk eksplor ke kawasan Bali yang satu ini. Walaupun Bali Barat merupakan salah satu pulau yang paling jarang dikunjungi, ia memiliki pesonanya sendiri.

Dari tempat menginap yang mewah, pilihan aktivitas air yang berlimpah, restoran dengan masakan lokal yang lezat, hingga tempat wisata yang khas, Bali Barat memiliki semuanya. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa rekomendasi untuk perjalanan kamu yang lebih menyenangkan di Bali Barat!

Desa Musi, Gerokgak

Umumnya hanya dikenal di kalangan penduduk setempat, Desa Musi adalah tempat tujuan yang menyegarkan bagi kamu yang mencari pengalaman otentik di desa Bali yang sederhana. Di sini kamu akan menemukan tempat rahasianya – area tebing tempat air terjun dengan kolam air yang indah. Air terjun ini sangat tersembunyi dan cara terbaik untuk mencapai tempat ini adalah dengan menanyakan arah kepada penduduk desa setempat saat kamu tiba di Desa Musi.

Pantai Medewi

Pantai Medewi adalah perhentian pertama yang tidak boleh terlewatkan dan merupakan salah satu hal utama yang harus dilakukan di Bali Barat. Untuk sampai di sini dari Canggu akan membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Tempat ini dikenal menjadi salah satu area terbaik untuk berselancar dan memiliki komunitas selancar yang sangat antusias. Ini adalah salah satu kota besar yang akan Anda kunjungi di Bali Barat, jadi kamu akan bertemu dengan banyak penduduk di daerah ini.

Sumber: Pexels.com/@Pixabay

Taman Nasional Bali Barat

Berikutnya dalam daftar adalah Taman Nasional Bali Barat. Pintu masuknya lebih dekat ke Gilimanuk, dengan jalan yang melingkari semenanjung yang cantik. Biaya masuk untuk masuk adalah Rp200.000. Taman Nasional ini terkenal dengan trekking-nya dan juga Pulau Menjangan yang sangat bagus untuk snorkeling serta scuba diving.

Di sini, kamu akan menjumpai berbagai rusa, burung jalak putih, dan kera hitam 'daun ebony' terkenal yang hanya ditemukan di sini dan di Pulau Jawa. Jangan lupa bawa kamera kamu untuk mengabadikan momen yang menarik ini, ya.

Pulau Menjangan

Dianggap sebagai tujuan menyelam paling murni di Bali, Menjangan terletak di dekat Taman Nasional Bali Barat. Hanya dikunjungi oleh sebagian kecil turis Bali, pulau ini menawarkan berbagai terumbu karang yang luar biasa.

Di pulau ini, kamu akan menemukan ikan-ikan karang berwarna pelangi yang sangat cantik. Tidak hanya itu, terlepas dari kedalaman tebing yang sangat dalam, dinding terumbu karang yang mencapai kedalaman 10 meter mengundang banyak turis untuk bermain wall diving di tempat ini.

Gereja Palasari

Source: Pexels.com/@jess-vide

Meskipun mayoritas penduduk Bali beragama Hindu, di Desa Palasari, agama Hindu dan Katolik hidup berdampingan secara damai, menyatu dalam gedung arsitektur yang indah ini. Dirancang oleh Pastor Ignatius A.M. de Vriese, gereja ini dibangun antara tahun 1953 dan 1958, dengan perpaduan arsitektur gothic dan tradisional Bali. Saat ini, gereja ini menyandang nama Paroki Hati Kudus Yesus dan memiliki lebih dari 1.400 jemaat.

Air Terjun Batu Belah, Dewasana

Lingkungan alam yang indah di Batu Belah akan membuat perjalanan kamu yang penuh tantangan jadi lebih berharga dan ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menguji keterampilan petualangan kamu. Satu hal yang istimewa dari air terjun ini adalah spot yang disebut “batu belah”, yang artinya bebatuan yang terbelah menjadi dua. Di sini, air mengalir ke kolam yang indah di mana kamu bisa dengan bebas mandi dan mendinginkan diri di air yang menyegarkan dengan bebatuan di sekitarnya.