Jalur Pendakian Gunung Cikuray Garut via Jalur Pemancar - Transportasi dan Biaya

Editor: Tim BM

September 29, 2015

Info Jalur Pendakian Gunung Cikuray Garut 2821 Mdpl via Pemancar – Tips Backpacker Gn Cikuray



Puncak Gn Cikuray 2821mdpl

Gunung Cikuray adalah sebuah gunung di kabupaten garut, Jawa Barat yang memiliki ketinggian relative 2821 mdpl. Gunung ini dikenal sebagai gunung favorite para pendaki di pulau jawa, selain papandayan dan gunung gede atau semeru. Trek nya yang curam dan tanjakan yang tajam menjadi sensasi tersendiri bagi para pendaki professional ataupun pemula.

Trek di dominasi oleh akar – akar pohon yang tumbuh di sepanjang pohon yang memudahkan pendaki untuk mendapatkan pegangan saat mendaki ataupun turun. Anda akan merasa terpuaskan saat berada di puncak. Apalagi jika anda mendaki pada bulan mei dan juni.

Menurut warga sekitar, pada bulan tersebut sedang tumbuh bunga lavender dan saat di puncak akan terlihat indahnya berdiri di atas awan.

Kami Tim BM JanganLupaBahagia.com mendaki Gunung Cikuray Garut pada tanggal 7 juni 2015. Start keberangkatan kami adalah dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Dengan budget yang sangat minimal kami mencoba “nekat” untuk tetap pergi mendaki Gunung Cikuray.

Disini kami mencoba untuk sharing mengenai perjalanan Backpacker kami saat mendaki Gunung Cikuray via Pemnacar. Dimulai dari keberangkatan dari Jakarta hingga berada di puncak gunung cikuray.

Perjalanan Menuju Garut (Persiapan dan Biaya Transportasi)
Untuk persiapan sendiri, kami mempersiapkan peralatan mendaki dan logistic sebaik mungkin. Sebelumnya untuk tambahan silahkan baca artikel peralatan untuk mendaki gunung yang harus di persiapkan.

 Peralatan mendaki untuk pribadi/perorangan seperti tas carrier/daypack, sepatu gunung, matras, jaket gunung, sarung tangan, kaos kaki, dan lain-lain.

Perjalanan kami awali dari terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Kami menaiki bus Karunia Bakti jurusan Kp. Rambutan – Garut dengan tariff Rp. 50.000,-/orang. Bis beroperasi dari jam 04.00 – 23.00. Singkat cerita kami sampai di terminal Guntur, garut. Kami menempuh perjalanan selama kurang lebih 5 jam.

Dari terminal Garut, anda akan langsung di serang oleh angkutan-angkutan seperti angkot dan mobil colt, kami sendiri lebih memilih untuk menggunakan colt karena lebih efisien.

Mobil colt trersebut bisa langsung mengantarkan kami ke Pos pendaftaran Pendakian untuk pengurusan pendaftaran dan simaksi. Untuk tarif mobil colt (pick up) sendiri adalah Rp. 40.000,-/orang.

Pendaftaran dan Kepengurusan Pendakian

Setelah sampai di Pos pendaftaran, biaya ticket masuk Gunung Cikuray adalah Rp. 10.000,-/pendaki. Setelah itu, di Pos pendataan, anda akan diminta mendata seluruh anggota kelompok dengan menitipkan FC KTP ketua kelompok. Dsitu anda akan diminta memasukan sejumlah uang kedalam kotak sebagai “mahar” di Pos Pendataan. Simaksi di tahun 2017-2018 ini msih sama, Rp. 10.000,-

Memulai Pendakian
Selesai sudah semua pengurusan administrasi kami, kamipun mulai melakukan pendakian pada pukul 07.00 . Di awal jalur pendakian dari Pos Pendataan (jalur Pemancar), anda langsung di sambut dengan Kebun Teh yang mempunyai tanjakan yang lumayan tinggi.

Butuh waktu sekitar 5 menit untuk masuk ke POS 1 (Pos Pendataan Kembali atau Gerbang Utama).

POS 1 – POS 3
Padang Lavender Gn Cikuray

Di POS 1, anda akan kembali diminta melakukan pendataan dan kembali memasukan uang seikhlasnya. Lalu setelah POS 1, kami kembali melakukan perjalanan dengan langsung disambut oleh Tanjakan Cihuy.

Namun rasa lelah anda akan terbalaskan setelah melihat hamparan Padang lavender yang indah. 15 menit perjalanan anda dari POS 1, anda akan masuk ke kawasan Hutan dengan anda melewati Tanjakan Sakti yang sangat dahsyat dan cukup menguras tenaga.

Butuh sekitar 5 menit untuk melewati tanjakan tersebut. Sekitar 2 Jam perjalanan berlalu, kamipun tidak kunjung sampai ke POS 2 yang ternyata “tidak ada POS 2” karena tidak ada petunjuk atau plang POS 2 mungkin karena copot.

1 jam pendakian selanjutnya, anda akan menemukan Tanjakan-Tanjakan Dahsyat seperti Tanjakan Wakwak yang hanya ada Akar sebagai pegangan dan Pijakan kaki anda. Singkat cerita anda akan sampai di POS 3 yang merupakan POS favorite pendaki cikuray untuk melakukan istirahat.

Setelah dihitung, butuh waktu sekitar kurang lebih 4 jam pendakian untuk berada di POS 3, karena tanjakan-tanjakan yang tiada henti cukup menguras nafas dan tenaga kami. Apalagi trek pendakian cikuray yang hanya sebatas akar pohon yang membuat kami lebih berhati-hati.

POS 3 – POS 6


POS 3
Setelah beristirahat dan melakukan solat yang memakan waktu sekitar 30 menit, kami kembali bersiap melakukan pendakian. Kami tetap saja melewati tanjakan dan trek Akar pohon dan batu yang ditemui di setiap tanjakan.

Untuk sampai di POS 4, kami hanya butuh waktu sekitar 30 menit. POS nya sangat kecil sehingga tidak memungkinkan untuk beristirahat, karena sangat dekat dengan jurang dan menghalangi trek mendaki cikuray.

Kami pun melanjutkan perjalanan ke POS 5, butuh waktu 1 jam untuk sampai di POS 5. Kami hanya beristirahat meregangkan kaki saja, sekitar 5 menit. Dan kami berencana untuk melanjutkan perjalanan ke POS 6.

Untuk sampai ke POS 6, tanjakan tetap saja akar pohon dengan sedikit tambahan yaitu tanah merah dan batu yang cukup licin.

Butuh waktu 1 Jam untuk sampai di POS 6. POS 6 cukup lebar untuk beristirahat, ada beberapa tenda yang berdiri di POS 6. Kami beristirahat sejenak, memasak dan ngopi.

POS 6 – POS 7
Setelah makan dan ngopi, kami melanjutkan perjalanan. Trek yang dilalui sedikit berbeda, namun ada saja rintangan seperti pohon tumbang dan jalanan yang sangat licin. Anda harus extra berhati-hati untuk perjalanan dan POS 6 ke POS 7.

Tenaga dan Nafas kami mulai terkuras, Kaki mulai lemas dan terkesan sudah tidak punya tenaga. Menang jarak dari POS 6 ke POS 7 cukup jauh, memakan sekitar 1,5 jam untuk sampai ke POS 7 (bayangan). Tanjakan lebih landai, namun trek sangat sempit dan berbatu.

Puncak Cikuray

Setelah 1,5 jam perjalanan, akhirnya kami sampai di POS 7. ROmbongan kami ada 8 orang, 6 orang mendirikan tenda di POS 7 Bayangan, dan 2 orang lainnya termasuk penulis mengecek keberadaan puncak cikuray .

Jarak dari POS 7 bayangan (Tempat alternative mendirikan tenda) ke puncak hanya 5 menit. Setelah mengecek keberadaan puncak dan mendirikan tenda di POS 7 bayangan, kami memasak untuk mengisi perut.

Dengan ini, Akan kami simpulkan rincian waktu Pendakian Gunung Cikuray Garut Jalur Pemancar:

- POS Pendataan ke POS 1 = 5 menit
- POS 1 Ke POS 3 = 4 Jam.
- POS 3 ke POS 6 = 2,5 Jam
- POS 6 ke POS 7 (Bayangan) = 1,5 Jam

Total waktu Pendakian ditambah waktu istirahat menuju puncak gunung cikuray adalah kurang lebih 8 Jam 30 Menit.

Rincian Biaya Pendakian Gunung Cikuray (Jakarta - Garut)

  • Transportasi Pulang Pergi = Rp. 200.000,- / orang
  • Biaya Logistik dan Simaksi (Pendaftaran Pendakian)= Rp. 150.000,-/ Orang
  • Uang Pegangan (DTT) = Rp. 50.000,-
Rekomendasi Total Biaya Pendakian Gunung Cikuray adalah Rp. 400.000,-

Hal yang Harus diperhatikan untuk Mendaki Gunung Cikuray

Berikut hal yang harus diperhatikaan saat mendaki gunung cikuray:


  • - Suhu udara Gunung Cikuray adalah berkisar 10 derajat celsius
  • - Tidak ada Air sepanjang jalur Pendakian. Per orang diharapkan membawa Air minimal 2 Botol air mineral untuk minum dan memasak.
  • - Harus pintar menawar ongkos transportasi karena lumayan mahal untuk backpacker.
  • - Membawa peralatan pribadi sesiap mungkin
  • - Bawa minimal 2 Tas Carrier ukuran 60+ untuk kelompok.
  • - Jangan mendirikan tenda di Puncak karena puncak cukup sempit dan dingi, juga anginnya yang besar.


Itu dia cerita perjalanan pendakian kami menuju puncak Gunung Cikuray Garut, tetap berhati hati dan jaga kesopanan saat mendaki gunung. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog JanganLupaBahagia.com

Reaksi: