13 April 2020

Konten [Tampil]

Salah satu hal penting yang harus dibawa saat mendaki gunung adalah air. Ya tentu air sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap kuat saat mendaki gunung. Kenapa harus membawa air saat mendaki? Karena biasanya tidak semua jalur pendakian gunung dekat dengan sumber air. Jika tidak air, kemungkinan untuk bertahan sangat kecil karena kita bisa terkena dehidrasi.

Jika Anda mendengar kata dehidrasi, apa yang Anda bayangkan ? Menyeramkan pasti terlintas di pikiran Anda. Berbahaya kata lain yang dapat mendeskripsikannya. Hal itu sangatlah wajar karena dehidrasi memang memiliki resiko akan selamatkan nyawa jika tidak ditangani dengan benar.


Namun tahukah Anda sebenarnya dehidrasi dapat diatasi dengan mudah, yaitu memastikan asupan cairan ke dalam tubuh secara tepat. Oleh karenanya mengkonsumsi banyak air mineral Aqua menjadi langkah tepat ketika dehidrasi menghampiri. Namun jika terlambat, itulah yang membahayakan, maka mengetahui gejala dehidrasi dengan baik menjadi keharusan.

1. Rasa haus

Ciri awal dari dehidrasi adalah timbulnya rasa haus. Saat rasa haus timbul berarti jumlah cairan di dalam tubuh berkurang. Yang berarti asupan cairan tidak seimbangan dengan yang dikeluarkan. Maka segera minum banyak air ketika rasa haus datang.

2. Urine yang dihasilkan berkurang

Ciri lain yang menunjukkan gejala dehidrasi adalah jumlah volume urine yang berkurang. Perhatikan jika Anda buang air kecil, jika urine Anda lebih sedikit dari biasanya hal itu berarti Anda tengah mengalami dehidrasi. Meskipun Anda merasa baik-baik saja, alangkah baiknya Anda langsung mengkonsumsi banyak air putih.

3. Warna urine lebih pekat

Ciri lain yang menunjukkan gejala dehidrasi adalah warna urine yang lebih pekat atau lebih gelap dari biasanya. Hal ini berarti konsentrasi urine menjadi lebih tinggi, dimana jumlah cairan tidak seimbang dengan jumlah sisa metabolism yang dikeluarkan.

4. Bibir kering

Ciri lainnya yang menunjukkan gejala dehidrasi adalah bibir yang terasa kering atau pada kondisi tertentu bahkan hingga terkelupas. Itu artinya Cairan tubuh Anda sangat berkurang. Pada kondisi ini selain mengkonsumsi banyak air, menggunakan pelembab bibir menjadi sebuah solusi.

Jika beberapa gejala dehidrasi tersebut muncul, pastikan Anda segera mengkonsumsi banyak air. Mengkonsumsi air mineral Aqua menjadi salah satu cara jitu untuk mengatasi dehidrasi. Karena Aqua mengandung berbagi nimeral dengan kesegaran alami yang berasal dari mata air pegunungan.

Baca juga: Inilah 3 Gunung Di Sekitar Bandung Untuk Pendaki Pemula