March 23, 2018

Geser untuk perjelas gambar

Kelakuan Pendaki Yang Sering Bikin Geleng-Geleng Kepala


www.janganlupabahagia.com - Mendaki gunung masih menjadi salah satu tujuan favorite para muda-mudi untuk berlibur. Meskipun nampaknya tidak seramai beberapa tahun yang lalu, namun antusias para traveller masih banyak di berbagai gunung di Indonesia.

Tapi ternyata meskipun gunung tak seramai dulu, kelakuan-kelakuan para pendaki masih ada yang menjengkelkan. Kebiasan-kebiasan tersebut yang seharusnya dirubah dan tidak sepantasnya dilakukan, apalagi di Gunung yang seharusnya dijaga.

1. Buang Sampah Sembarangan

Sampah masih menjadi masalah terbesar yang melanda gunung. Pada kenyataannya, kampanye-kampanye "jangan buang sampah sembarangan" pun masih diabaikan di Gunung.

Entah karena masalah mereka "jorok" ataupun malas membawa kembali sampah bawaannya. Namun hendaknya para pendaki yang buang sampah sembarangan harus sadar bahwa sampah, khususnya sampah plastik dan puntung rokok yang susah terurai.

Yuk buat pendaki yang masih buang sampah sembarangan, sadar alam yuk :)

2. Vandalisme


Vandalisme, merupakan perbuatan merusak barang berharga, karya seni, dan kekayaan alam. Yap! Vandalisme masih banyak dilakukan di alam liar, seperti gunung. 

Jika kamu mendaki gunung seperti gunung slamet, cikuray, merbabu, papandayan, dan lainnya, kamu pasti pernah melihat beberapa batu yang dirusak dengan cara mencoret-coret batu tersebut.

Hal ini tentunya menjengkelkan dan melanggar aturan. Meskipun sudah banyak relawan gunung yang coba membersihkannya, namun hal tersebut masih kembali terjadi.

3. Teriak-Teriak di Malam Hari

sumber: einindya

Entah ini biasa atau tidak, namun saya pribadi kadang merasa jengkel karena banyak orang yang sering berteriak-teriak di malam hari saat waktunya pendaki beristirahat.

Hal ini kadang mengganggu pendaki lain yang sedang tidur. Harusnya pendaki yang sering berteriak-teriak tersebut lebih sopan dan menghargai pendaki lainnya. 

4. Mendirikan Tenda Sembarangan

>

Mungkin diantar kalian yang pernah mendaki gunung, tentunya tahu dimana tempat mendirikan tenda yang sudah disediakan. Namun entah paham atau tidak akan hal tersebut, banyak para kelompok pendaki gunung yang mendirikan tenda tidak sesuai dengan tempatnya.

Seperti contoh, masih banyak yang mendirikan tenda di tempat peristirahatan atau shelter pos pendaki yang biasanya berdiri sebuah bangunan sementara (saung). Seharusnya tempat itu bisa dihuni oleh siapapun yang ingin berisitrahat sejenak, namun tidak untuk bertenda.

5. Mencuri Batang Pohon, Tanaman, Maupun Bunga yang dilindungi


Kepedulian manusia terhadap alam nyatanya masih sangat kurang. Banyak pendaki yang masih tega mencuri bunga edelweis, atau merusak alam dengan cara memotong batang pohon untuk sekedar dijadikan kayu bakar. Tentu saja efeknya akan merusak keindahan dan kekayaan gunung terkait. 

Ayolah, jangan rusak tempat bermain kita. Seperti sebuah etika para pendaki bahwa "jangan ambil apapun selain gambar".

Itu dia beberapa kebiasaan pendaki yang sering membuat jengkel. Yuk sadar alam mulai sekarang :)