June 27, 2019

Berapakah harga penginapan dan cottage yang ada di geopark Ciletuh? Inilah harga dan info penginapan murah di Ciletuh

    Berapakah harga penginapan per malam dan cottage yang ada di Geopark Ciletuh?

    Geopark Ciletuh merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang ada di Sukabumi Jawa barat. Kawasan wisata ini menawarkan wisata alam yang sangat indah dengan pemandangan laut, keindahan perbukitan, hamparan sawah dan air terjun yang berada di sekitar pantai teluk Ciletuh. 

    Keindahan alam Ciletuh inilah yang kemudian menjadi alasan warga sekitar dan pemerintah membukanya menjadi suatu kawasan wisata yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. 

    Dengan dibukanya teluk Ciletuh menjadi sebuah kawasan wisata tentu saja juga membuka ekonomi baru. Saat ini sudah banyak warung, jasa guide, warung makan, dan tentu penginapan yang disewakan oleh warga sekitar. 
    Kebetulan, kami Tim BM juga sempat melakukan touring motor ke Geopark Ciletuh pada kisaran bulan april yang lalu. Kami berangkat dari Jakarta, dan menghabiskan sekitar 5 jam dengan menggunakan sepeda motor.

    Begitu datang pagi hari itu, tentu kami langsung disambut oleh warga yang coba menawarkan kami untuk istirahat di penginapannya. Padahal sudah kami rencanakan untuk mendirikan tenda saja di bukit, untuk menghemat biaya.

    Tapi kami juga sempat menanyakan berapa harga atau biaya sewa penginapan di Ciletuh untuk satu malam. Tidak hanya satu, tapi beberapa jenis penginapan juga kami tanyakan kepada warga.



    Harga Penginapan per Kamar


    Harga penginapan rata-rata untuk kamar yang disewakan warga beriksar Rp. 250.000,- hingga Rp. 350.000,- per kamar, yang bisa diisi hingga 3 orang dengan 1 kasur.

    Penginapan dengan kisaran harga tersebut nampaknya terbilang standar, dan tidak terlalu bagus. Namun cocok untuk anda yang ingin menghemat pengeluaran.

    Penginapan Jenis Cottage

    Ada penginapan yang lebih mewah dari pada hanya kamar-kamar yang disewakan. Jenis penginapan ini seperti cottage yang nampak lebih luas dan mewah. Tentu ditunjangn dengan fasilitas minimal seperti kasur yang luas dan AC. 


    Harga atau biaya sewa penginapannya pun beragam tergantung luas dan kapasitas. Kisaran dari yang terkecil antara Rp. 500.000,- hingga Rp.1,5 juta per malam. 

    Penginapan Rumah / Homestay untuk Rombongan / Kelompok

    Saat kami berada di Geopark Ciletuh, ada salah satu klub motor yang lebih memilih menyewa satu rumah warga karena anggotanya lebih dari 25 orang. Memang tidak sedikit juga warga yang menyewakan rumahnya untuk dijadikan tempat istirahat bagi para turis yang datang.

    Kisaran harga tentu akan lebih mahal, tergantung luas dan kapasitasnya. Antara 1 hingga 2 juta per hari.

    Camping

    Seperti yang kami bilang, kami Tim BM lebih memilih mendirikan tenda camping saat berlibur ke Ciletuh untuk menghemat pengeluaran.

    Lokasi untuk berkemah sebenarnya ada banyak, namun untuk berkemah di pinggir pantai dikenakan biaya oleh pengelola dan kurang nyaman karena terlalu ramai.

    Akhirnya kami lebih memilik Camping di Bukit Aher yang lebih nyaman dan sepi, dan tentunya gratis. Jika anda juga lebih memilih camping, sebaiknya izin terlebih dahulu kepada pengelola atau pemilik tanah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


    Itulah dia info mengenai beberapa pilihan penginapan di geopark ciletuh Sukabumi. Semoga bermanfaat :)