29 July 2019

Hitung-hitungan Biaya termurah yang Dikeluarkan untuk Berlibur 3 hari 2 malam di Yogyakarta, dari jakarta. Liburan ke Jogja untuk 2 orang

    Hitung-hitungan Biaya Yang Dikeluarkan untuk Berlibur Puas di Yogyakarta, dari jakarta. (Asumsi 3 hari 2 malam, untuk 2 orang)

    Yogyakarta selalu menjadi destinasi favorite wisata saat libur panjang, khususnya orang yang tinggal di Jawa. Tidak jarang orang yang hampir setiap tahun kembali ke Jogja hanya untuk berlibur dan menghabiskan waktu cuti tahunan.

    Lalu, apa yang membuat Yogyakarta begitu spesial? Tidak hanya indah kota dan wisatanya, makanan dan orang-orangnya pun selalu membuat kagum wisatawan yang berlibur di kota pelajar ini. Selain itu, berlibur ke Yogyakarta juga dianggap sebagai lebih irit meskipun sudah mengunjungi berbagai destinasinya.

    Saya sendiri (penulis), sudah beberapa kali berkunjung ke kota ini dan sudah ada beberapa artikel yang sudah saya tulis. Berdasarkan pengalaman saya, bisa dibilang berlibur ke Yogyakarta sebenanrnya tidak "semurah" yang dibayangkan, dan tentu tidak "semahal" berlibur ke tempat lainnya. Semuanya relatif, tergantung berapa lama kamu di sana, ke mana saja kamu pergi, dan dari mana kamu datang ,dan berapa orang yang kamu bawa.

    Di artikel ini, saya akan coba uraikan biaya relatif yang bisa kamu gunakan sebagai referensi jika ingin berlibur ke Yogyakarta, untuk 2 orang .Sebut saja kamu dan teman kamu. Sebelumnya akan saya jelaskan dulu seperti ini:

    • Biaya tersebut merupakan perjalanan dari Jakarta.
    • Lama berlibur mulai dari berangkat hingga pulang, total 3 hari 2 malam.
    • Kendaraan yang digunakan untuk menempuh berbagai tempat adalah Sepeda Motor sewaan.
    • Wisata yang saya sebutkan adalah wisata-wisata terdekat yang mudah dijangkau dari pusat kota.
    • Biaya tersebut untuk 2 orang.
    • Biaya yang saya jelaskan sudah mencakup semuanya. Termasuk makan, BBM, penginapan, akomodasi Jakarta - Yogya (PP).
    • Penginapan yang saya jelaskan adalah hotel bintang (min. bintang 1) dengan fasilitas sarapan gratis. Saya asumsikan kamu dan teman kamu berangkat hari jumat dan pulang hari minggu.

    Tiket Kereta Jakarta - Yogyakarta (Pulang - Pergi )

    Untuk ke Jogja dari Jakarta, mode transportasi darat yang paling nyaman untuk digunakan adalah Kereta Api. Murah, mudah dan cepat. Perjalanan dari Stasiun Senen (jakarta) menuju Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta) menghabiskan waktu sekitar 8 jam 30 menit.

    Kereta dengan harga paling murah adalah Kereta Bengawan (Kursi 3 - 2) dengan harga Rp. 74 ribu per orang. Kereta ini berangkat dari Stasiun Senen pk. 11.20 dan sampai di Lempuyangan pk. 19.42.

    Saya anggap kamu dan teman kamu ambil kereta ini, dengan keberangkatan hari jumat. Jadi total harga kereta adalah Rp. 148 ribu.

    Untuk pulangnya, saya asumsikan kembali menggunakan kereta ini. Jadi total tiket kereta Jakarta - Jogja (PP) adalah Rp. 296.000,- .

    Penginapan (Hotel)

    Hotel yang saya rekomendasikan adalah Hotel Makuta (Makuta Guest House). Tempatnya tidak terlalu jauh dari alun-alun kidul, hanya 5 menit menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu banyak kafe dan tempat makan menarik ada di sini.

    Selain itu, Makuta ini hotel berbintang satu yang cukup murah. Hanya Rp. 200.000,- / hari, dengan fasilitas yang lumayan bagus. Kamu bisa menikmati sarapan gratis, kopi dan teh gratis, air mineral, AC dan Wifi gratis.

    • Nama : Hotel Makuta
    • Alamat: Jl. Prawirotaman 2 / 839 , Jalan Prawirotaman, Mergangsan, Yogyakarta
    • AC : Ya
    • Sarapan: Ya
    • Biaya sewa: Rp. 190.000,-/ hari
    • Reservasi : Traveloka

    Jadi jika saya asumsikan anda menginap untuk 2 malam, maka biaya yang kamu keluarkan untuk penginapan adalah Rp. 380.000,-.

    Sebenarnya, masih banyak sekali penginapan yang lebih murah dari Makuta. Bahkan banyak penginapan khusus backpacker dengan harga di bawah 100 ribu. Tapi disini saya mengutamakan juga kenyamanan pembaca. Semua tergantung anda :)

    Kendaraan

    Menyewa kendaraan bermotor salah satu hal yang harus kamu perhatikan jika ingin puas berlibur di Jogjakarta. Dan Sepeda Motor, adalah akomodasi terbaik jika kamu dan teman kamu ingin mengunjungi banyak wisata yang ada di Kota Jogjakarta.

    Harga sewa sepeda motor di Yogyakarta bervariasai, dari Rp. 60 ribu hingga Rp. 120 ribu. Tapi, saya merekomendasikan kamu menyewa sepeda motor berjenis Scooter Matic. Lebih murah dan lebih nyaman digunakan.

    Baca juga: Pengalaman Sewa Mobil Lepas Kunci di Jogja

    Silahkan kamu cari jasa sewa motor di google, banyak info dari berbagai jasa penyedia sewa motor di Jogjakarta. Harap sediakan beberapa dokumen asli sebagai syarat untuk sewa sepeda motor, biasanya disuruh memilih 3 diantara KTP, STNK asli, Kartu Pegawai, KK atau NPWP.

    Saya pernah sewa sepeda motor berjenis Honda Vario dengan harga Rp. 70.000,- / hari. Saya asumsikan kamu menyawa jenis yang sama untuk 3 hari, jadi total untuk sewa 3 hari adalah Rp. 210.000,-. (belum termasuk BBM)

    Note: Biasanya jasa sewa motor di Jogja menghitung 1 hari sewa adalah sewa dari pk. 06.00 hingga pk. 23. 59. Jadi jika kamu datang di stasiun Lempuyangan pk. 19.00, maka kamu harus sewa 3 hari agar bisa kamu pakai hingga hari minggu.

    Wisata dan Kuliner + Itinerary Liburan di Jogja 

    Kita ke inti artikel, yaitu Wisata ke Yogyakarta. Saya akan mensortir beberapa wisata yang bisa anda kunjungi di Jogja, mulai dari ketika kamu datang hingga kembali pulang ke Jakarta. 

    Jumat, 20.00 (saat tiba di Jogjakarta)

    Ketika kamu baru datang, usahakan kamu sudah menyewa sepeda motor (sudah janjian sebelumnya). Maka kamu bisa langsung ke destinasi pertama, sebelum check in ke hotel. 

    Saya menyarankan kamu pergi terlebih dahulu ke Taman Pelangi - MonjaliSaat malam hari, di Monjali terdapat taman lampion yang indah. Tentunya ini bisa anda nikmati sejenak untuk befoto di bawah gemerlap cahaya. Tiket: Rp. 15.000,- / orang. Jadi untuk 2 orang kamu kena biaya Rp. 30.000,-

    Setelah puas, kamu bisa langsung check in ke Hotel yang sudah kamu pesan secara online sebelumnya.

    Jumat, 23.00 (setelah Check in Hotel)

    Setelah Check in, jangan langsung tidur. Jam malam sangat tepat untuk menikmati kuliner malam di Yogyakarta. Banyak makanan khas di alun-alun kidul ataupun jalanan-jalanan di kota Yogyakarta. Kamu berdua bisa kenyang hanya dengan mengeluarkan kurang dari Rp. 50.000,- / 2 orang untuk menikmati kuliner jalanan di Yogyakarta. 

    baca juga: 5 Spot Wisata Instagramable Yang Lagi Hits di Jogjakarta

    Sabtu, 07.00 (Setelah sarapan di hotel)

    Pagi-pagi, nikmat rasanya jika mencari pemandangan yang asri untuk dinikmati. Ke daerah selatan Yogyakarta menjadi pilihan bagi saya. Kamu dan teman kamu bisa pergi ke Mangunan, Pengger, ataupun Hutan-Hutan pinus menarik lainnya yang rata-rata ada di daerah selatan Yogyakarta. Tiket rata-rata untuk area tersebut tidak lebih dari Rp. 15.000,- per orang. Jadi jika kamu pergi dengan teman kamu, Rp. 30.000,- adalah harga yang fair menurut saya. 

    Sabtu, 12.00

    Saatnya kuliner siang. Sepulang dari daerah selatan Yogyakarta, hendaklah berbelanja ataupun makan siang untuk menikmati masakan khas Yogyakarta. Beberapa pilihan kuliner seperti Gudeg, Lumpia, Sate Klatak atau lainnya banyak tersedia di kota Yogyakarta. Tapi, belanja oleh-oleh ke Maliboro juga jadi pilihan bagus lho. 

    Estimasi makan siang: Rp. 70.000,-

    Sabtu, 14.00

    Ke Yogyakarta, rasanya kurang fair jika tidak pergi ke Candi Prambanan, candi penuh sejarah yang dibangun ribuan tahun lalu. Ini bisa dibilang puncaknya liburan ke Jogja.

    Tiket Prambanan - Ratu boko memang cukup mahal, yaitu Rp. 75.000,- / orang. Namun tentu worth it dengan keindahan yang akan kamu dapatkan. Pergi ke Ratu boko hendaknya saat sore hari, agar pas dengan sunset yang bisa kamu nikmati. 

    Total untuk 2 orang: Rp. 150.000,-

    Sabtu, 19.00

    Pergi ke Sindu Kusuma Edupark bukan pilihan buruk untuk berlibur ke Yogyakarta, Tempat kekinian, dan bagus untuk berfoto. Sindu Kusuma Edupark merupakan wisata keluarga, dan punya setidaknya 10 wahana menarik dengan tarif relatif murah. Estimasi: Rp. 50.000,- 

    Sabtu, 21.00 (Kuliner + Jalan malam)

    Kuliner malam indah di Yogyakarta sangat banyak, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Sekaligus jalan-jalan malam di Yogya, anda bisa menikmati jajanan di Alun-alun kidul dan Malioboro. Jaraknya juga tidak terlalu jauh. Selepas itu, jalan-jalan ke Tugu Jogja, daerah Gondomanan, kuliner di Depok, juga bukan pilihan buruk sebelum istirahat kembali ke hotel. Estimasi: Rp. 70.000,-

    Minggu, 09.00 (Last Day)

    Yogyakarta dikenal akan kota penuh sejarah, dan salah satu tempat wisata penuh sejarah yang ada di Kota ini adalah Taman Sari. Taman Sari bisa dibilang sebuah pemukiman yang sudah berdiri sejah ratusan tahun, dengan dikelilingi benteng bekas kerajaan. 

    Selain bisa berfoto di beberapa spot yang epic, kamu juga bisa belajar sejarah mengenai tempat ini. Saya sendiri pernah berkunjung kesini dengan tiket hanya Rp. 6.000,- / orang. Dan juga tersedia tour guide yang bisa kamu bayar seikhlasnya selama 1 jam. 

    Saya pernah menulisnya di artikel:  Cerita Perjalanan Menelusuri Spot Foto Menarik di Tamansari Yogyakarta

    Estimasi wisata Taman Sari: Rp. 70.000,- untuk 2 orang (+ Tour Guide)

    Minggu, 11 (Check out hotel dan Pulang)

    Setelah kamu menyelesaikan proses check out, sebelum melanjutkan perjalanan ke Stasiun hendaknya berbelanja oleh-oleh terlebih dahulu di Malioboro. Banyak pernak-pernik khas Yogyakarta yang bisa kamu beli. Tapi jangan lupa untuk nego ya.

    Estimasi oleh-oleh: Rp. 100.000,-

     

    Rincian Total Biaya Liburan Jogja 3 hari 2 malam (lengkap)

    Setelah sudah saya uraikan semuanya di atas, berikut keseluruhan total biaya relatif yang bisa jadi referensi kamu (untuk 2 orang).

    • Tiket Kereta PP: Rp. 296.000,-
    • Hotel: Rp. 380.000,- / 2 hari
    • Sewa Sepeda Motor: Rp. 210.000,- (3 hari)
    • Bensin 3 hari : Rp. 60.000, - 
    • Oleh - Oleh: Rp. 100.000, - (opsional)
    • Tiket Wisata + Wisata Kuliner: Rp. 520.000,-
    • Biaya tak terduga: Rp. 100.000,- (simpanan)

    jadi estimasi biaya relatif dan termurah untuk berlibur ke jogja adalah berkisar Rp. 1.666.000, - untuk 2 orang. Dan jika dibagi untuk 2 orang, maka kamu tidak akan mengeluarkan uang lebih dari 1 juta. 

    Biaya tersebut tentunya worth it untuk 3 hari 2 malam, juga untuk berwisata dan makan lebih ke 5 tempat. Biaya tersebut tentu relatif ya, karena semua tergantung dari kamu. Ini hanya sebagai referensi, bisa lebih dan mungkin kurang. 

    Sumber foto: 
    @objek_wisata_jogja
    @imanuel_yuda
    @hafidm93
    @fazlushdqie