Info Pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung (Transportasi dan Biaya)

Advertisement

Info Pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung (Transportasi dan Biaya)



Gn, Sindoro (Doc: Tim BM)

Gunung Sindoro merupakan gunung volcano aktif dengan ketinggian 3136mdpl yang berada di Jawa Tengah. Pesona alam yang ditawarkan gunung ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain treknya yang menantang, gunung ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk berfoto.

Kali ini, Tim BM Janganlupabahagia.com akan membagikan catatan backpacker pendakian gunung sindoro via Kledung, Temanggung. Perjalanan kami lakukan dari Jakarta dengan menggunakan transportasi umum, pada tanggal 28 - 31 agustus 2016. Namun, kali ini Tim BM tidak membawa personil lengkap seperti biasanya. Hanya salah satu perwakilan dari tim BM saja, total ada 3 orang.

Perjalanan Jakarta Menuju Kledung, Temanggung (Basecamp Sindoro)

Kami menggunakan jalur transportasi darat yang diawali dari daerah Roxy, jakarta (bukan terminal resmi). Kami memilih menggunakan bus Sinar Jaya jurusan Wonosobo, tarif kala itu adalah Rp. 85.000,-/penumpangnya (termasuk bagasi). Bus sinar jaya di daerah Roxy (Blambir) biasanya mangkal pukul 17.00 - 18.00 WIB.

Setalah sekitar 12 jam perjalanan, akhirnya kami sampai di terminal Mendolo, wonosobo. Dari sini, kami coba mencari angkutan menuju temanggung, dan didapatkan bus 3/4 menuju temanggung dengan tarif Rp. 15.000,-/pendaki, hati-hati dengan kernet yang sering "nembak" harga.

Baca: Ingin Mendaki Gunung? Inilah 3 Gunung di Jawa Untuk Pemula

Karena kami tidak paham akan turun di mana, kami meminta kondektur bus untuk menurunkan kami di desa kledung, di mana orang sering mendaki gunung sindoro. Sebenarnya kondektur juga sudah tahu, jika ada orang yang membawa tas carrier, pasti akan mendaki gunung sindoro atau sumbing karena memang jarak kedua gunung berdekatan. Perjalanan wonosobo - desa kledung sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan.

Pendaftaran Pendaki & Simaksi

Seperti gunung lainnya, kami juga dikenakan tarif operasional pendaki dengan tarif HTM atau simaksi Rp 15.000,/pendaki. (Agak lupa). Sudah termasuk tarif kebersihan, camping dan lainnya.

Memulai Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

foto pendakian sindoro (Doc: Emil)

Basecamp - POS I

Setelah sampai di basecamp pendaki sindoro via kledung, ada 2 pilihan. Jika ingin menghemat waktu, bisa menggunakan ojek dari basecamp ke POS I dengan tarif Rp. 20.000,- (pinter-pinter nego), atau jalan kaki ke pos I dengan waktu 1,5 jam. Perlu diketahui, dari basecamp ke POS I, anda akan melalui perumahan warga padat penduduk. Kami sendiri memilih berjalan kaki untuk menghemat pengeluaran.

POS I - POS II (Cawang)

Setelah istirahat sejenak, kami bertiga melanjutkan perjalanan menuju pos cawang. Treknya berkelok-kelok dengan pemandangan pepohonan rimbun nan indah, Setelah sekitar 1,5 jam perjalanan, sampailah di POS II yang disebut cawang.

POS II - POS III

Perjalanan kami lanjutkan ke POS III sindoro (lupa nama). Trek menuju pos 3 ini sedikit berbeda, tanjakan lebih menanjak dengan didominasi batu-batu besar, namun masih bisa dijangkau. Karena langkah kaki cukup lebar, ditambah dengan bawaan yag cukup banyak, kami menghabiskan sekitar 2 jam untuk menuju ke Pos III.

Sunrise camp sindoro (Doc: Instagram Emiliadwir)

Di sini, banyak yang mendirikan tenda. Namun karena ada isu soal ketidak amanan tempat, kami memutuskan akan camping di tempat lainnya. Sekitar 30 menit dari POS 3, tempatnya dinamakan sunrise camp.

POS III - POS IV - PUNCAK

Hari berikutnya, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan di pagi hari, setelah mendirikan tenda. Kami berniat menuju puncak Gunung sindoro diketinggian 3136 mdpl. Saat menuju ke pos 4, kami menemukan beberapa pohon edelweis kecil disekitaran trek gunung sidoro. Perjalanan hampir 1,5 jam.

Baca: 10 Lagu Yang Bisa Jadi Teman Traveling ke Alam Liar

Trek menuju puncak terbilang hampir sama, namun didominasi dengan batu kerikil kecil dan bebatuan besar lainnya. Setelah sekitar 1,5 jam, akhirnya kami sampai di puncak gunung sindoro. Di puncak, pendaki bisa menikmati kawah gunung sindoro yang indah, baunya tidak begitu menyengat karena memang saat itu angin berpihak pada pendaki.
Gunung sindoro, view sumbing (doc: Emilia)

Dengan ini akan kami simpulkan rincian waktu Pendakian Gunung Sindoro via Kledung :
Basecamp - Pos I = 90 menit
Pos I - Pos II = 120 menit
Pos II - Pos III = 120 menit
Pos III - POS IV ; 90 menit
POS IV - Puncak = 60 menit

Total waktu pendakian Pendakian Gunung Sindoro via Kledung dan di tambah istirahat adalah 8 jam.
Rincian Biaya dan Pendakian Gunung Sindoro (Jakarta - Temanggung)

Berikut biaya relatif pendakian gunung sindoro:
- Bus Sinar Jaya Jakarta - Wonosobo= Rp. 85.000,-/orang (Ekonomi) X 2 (PP)
- Bus Wonosobo - Temanggung = Rp. 10.000,-/orang X2
- Biaya Logistik = Rp. 75.000,-/orang (jika 3 pendaki)
- Biaya Simaksi (Pendaftaran) = Rp. 15.000,-/orang
- Uang Pegangan = Rp. 50.000,-/orang

Rekomendasi Total Biaya Pendakian Gunung Sindoro adalah Rp. 330.000,-/pendaki. Biaya kurang ataupun lebih biasanya dari logistik pendakian, Semakin banyak pasti semakin murah. Rekomendasi biaya ini relatif, sebaiknya sedikit dilebihkan.

Hal yang harus diperhatikan untuk mendaki Gunung Sindoro

Berikut hal yang harus diperhatikan dalam mendaki Gunung Sindoro :
- Suhu udara Gunung Sindoro bisa sampai 0 - 15 derajat celcius. Silahkan cek di freemeteo untuk update cuaca.
- Hampir tidak ada sumber air selama pendakian, kecuali saat musim hujan. Pendaki diwajibkan membawa air yang cukup selama pendakian.
- Dianjurkan membawa jaket, sarung tangan atau sleeping bag yang sangat tebal, karena cuaca disana sangat dingin.
- Gunung sindoro rawan badai, bahkan ada beberapa pendaki yang frame tendanya patah karena disapu angin cukup kencang.


Nah itu dia sekilas catatan perjalanan pendakian gunung sindoro, lengkap dengan prakiraan biaya dan transportasi. Semoga bermanfaat bagi semua traveler cantik dan ganteng. Tetap jaga sopan santun, dan #JanganLupabahagia.

Note: Artikel ini merupakan kiriman kontributor Emilia Dwi R (IG: @emiliadwir)

Baca Juga:
Info Pendakian Gunung Manglayang via Batu Kuda
Persiapan Mendaki Gunung untuk Pemula - Perlengkapan dan Peralatan yang harus dibawa
Advertisement

Penulis : Hafid Maulana
Judul : Info Pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung (Transportasi dan Biaya)
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments